5 Gejala Kanker Mulut yang Perlu Kamu Tahu

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 1 September 2017 06:30
5 Gejala Kanker Mulut yang Perlu Kamu Tahu
Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut.

Dream -  Tahukah Anda, setiap jam sebanyak satu orang meninggal dunia akibat kanker mulut. Di Amerika tercatat sekitar 50 ribu orang terdiagnosa kanker mulut atau tenggorokan setiap tahunnya.

Mengutip laman wikipedia, kanker mulut atau Oral Cancer adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut.

Hampir semua kanker mulut dimulai dalam sel datar (sel skuamosa) yang menutupi permukaan mulut, lidah, dan bibir. Kanker ini disebut karsinoma sel skuamosa. Ketika kanker menyebar oral, biasanya perjalanan melalui sistem limfatik lewat perantara cairan getah bening.

Sel-sel kanker sering muncul pertama kali pada kelenjar getah bening terdekat di leher. Yang mengkhawatirkan, sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain seperti leher, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh.

Banyak faktor risiko yang dapat memicu munculnya kanker mulut. Dari beberapa penelitian, faktor-faktor risiko itu antara lain rokok, minuman beralkohol, paparan sinar matahari, dan riwayat kanker kepala dan leher.

Sebelum penyakit mengerikan itu mulai menyerang, yuk kita kenali gejala awalnya. Kunci dari penanganan kanker mulut yang efektif adalah dengan mengenalinya sedini mungkin.

Gejala #1: muncul luka di dalam mulut

Menurut Pusat Perawatan Kanker di Amerika,rasa nyeri di dalam mulut yang disebabkan oleh kanker biasanya disertai tanda berupa lingkaran putih yang tidak terasa sakit di dalam mulut. Warnanya bisa merah atau putih.

Berbeda dengan sariawan, lingkaran putih yang menjadi awal kanker biasanya tidak terasa sakit, tapi bisa mengeluarkan darah secara tiba-tiba. Segera periksakan sariawan mulut yang menetap lebih dari tiga minggu.

Gejala #2: muncul benjolan di dalam mulut

Anda bisa merasakan benjolan tersebut dengan lidah Anda. Menurut Ken Beadling Dentistry, rasanya seperti gumpalan-gumpalan kecil yang kenyal. Biasanya benjolan muncul di bagian dalam pipi.

Gejala #3: gigi copot tiba-tiba

Gigi yang mendadak copot pada orang dewasa menjadi pertanda ada masalah dengan kesehatan tubuhnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Namun, untuk memastikannya segera konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Gejala #4: mulut dan lidah terasa kebas

Mulut atau lidah yang terasa kebas bisa menandakan Anda kehilangan sensasi di salah satu bagian mulut, seperti pipi atau ujung lidah. Bisa juga menandakan Anda kehilangan indera perasa.

Kebas terjadi saat sinyal syaraf terganggu, biasanya oleh massa atau kumpulan sel abnormal.

Mungkin pada awalnya Anda tidak menyadarinya, tapi jika berlanjut dengan gelaja berikutnya, seperti mengeluarkan liur berlebih atau kesulitan dalam mengunyah, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Gejala #5: kesulitan berbicara

Berbeda dengan sulit bicara karena sakit tenggorokan, kesulitan bicara yang disebabkan kanker terjadi karena tidak bisa mengendalikan lidah dan bibir. Jika Anda mendapati gejala ini, terutama jika disertai dengan empat gejala lainnya, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Seperti diutarakan di atas, salah satu penyebab kanker mulut adalah alkohol dalam obat kumur. Kehadirannya bisa membunuh semua bakteri sehingga mengganggu keseimbangan pH di rongga mulut.

Shutterstock© dream.co.id

Oleh karena itu, Sahabat Dream sebaiknya memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Seperti Enzim Mouthwash, obat kumur yang mengandung enzim aktif, tanpa alkohol atau antiseptic. Mouthwash ini juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Jadi, terjamin kehalalannya.

Selain tanpa alkohol, enzim-enzim aktif yang ada pada Enzim Mouthwash seperti AmyloglucosidaseGlucose oxidaseLactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Potassium Nitrate juga bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif.

enzim© dream.co.id

Kandungan lain dalam mouthwash Enzim adalah Allantoin yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah.Zinc Gluconate dipakai untuk menetralisir bau mulut.

Jadi, tak perlu takut lagi dengan bahaya antiseptik setelah menggunakan Enzim Mouthwash. Cukup berkumur 30 detik dengan mouthwash ini, mulut Anda pun terjaga kesegaran dan kesehatannya. Tak lupa gosok gigi dengan pasta gigi Enzim juga tentunya.

Beri Komentar