5 Langkah Menjaga Level Hormon dalam Kondisi Normal

Reporter :
Senin, 21 Oktober 2019 19:12
5 Langkah Menjaga Level Hormon dalam Kondisi Normal
Banyak orang tak menyadari pentingnya menjaga level hormon dalam batas normal.

Dream - Produksi hormon sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Sahabat Dream mengalami perubahan level hormon, tubuh dapat merasakan berbagai gejala seperti kulit kering atau gatal, lelah, mood swings yang berlanjut ke menstruasi, berat badan bertambah, brain fog, dan migrain.

Banyak orang tak menyadari pentingnya menjaga level hormon dalam batas normal, artinya tidak kekurangan dan kelebihan. Level hormon yang tak seimbang bisa memunculkan penyakit tertentu hingga masalah kesuburan.

Untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, bisa menerapkan beberapa cara berikut.

Makan Telur
Untuk menjaga hormon stabil, sebaiknya konsumsi 20-30 gram protein setiap kali makan. Dari semua makanan tinggi protein, telur adalah yang paling bernutrisi. Makan telur secara rutin dapat menurunkan level insulin dan ghrelin dalam tubuh. Dua hormon ini adalah yang membuat kita lapar. Telur juga dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan lebih cepat.

 

1 dari 5 halaman

Latihan Pernapasan Diafragma

 Teknik pernapasan

Berdasarkan pengobatan tradisional cina, emosi dan hormon terhubung satu sama lain. Rasa takut mempengaruhi kadar kortisol dan dapat menyebabkan permasalahan dalam organ reproduktif, ginjal, dan kelenjar adrenal.

Frustrasi, tidak sabaran, dan dendam, terhubung pada keseimbangan estrogen dan dapat menyebabkan penyakit hati. Kecemasan berhubungan dengan kadar insulin dan dapat menyebabkan diabetes.

Jika sedang stres, marah, atau kewalahan, cobalah untuk melakukan pernapasan perut selama 15-20 menit, dua kali sehari. Melakukan ini, dapat membantu mengurangi hormon stres dan membuat batin merasa lebih damai.



2 dari 5 halaman

Organik

 5 Sayuran Sekaligus Obat Herbal Alami

Hampir semua pestisida, pupuk, dan hormon pertumbuhan yang digunakan dalam makanan, dapat merusak sistem endokrin. Misalnya, pestisida memilki kandungan xenoestrogens yang merupakan hormon sintetis. Kandungan ini dapat membuat organ di dalam tubuh kebingungan karena mengimitasi hormon estrogen yang terdapat di perempuan.

Jadi, hal yang paling mudah untuk menyeimbangkan kadar hormon adalah dengan mengganti pola makan. Selalu cek komposisi makanan agar menghindari kesalahan saat membeli makanan. Cari makanan-makanan organik.



3 dari 5 halaman

Telanjang Kaki

Berjalan tanpa alas kaki dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon yang berkaitan dengan stres, peradangan, dan permasalahan tidur. Pada telapak kaki terdapat sekitar 1300 per inchi persegi ujung saraf.

 Biarkan Si Kecil Main dengan Telanjang Kaki

Jadi, berjalan telanjang kaki di rumput, pasir pantai, atau bahkan di jalan beton dapat menyerap energi alami dari tempat berpijak, yang berguna bagi kesehatan tubuh.

 

4 dari 5 halaman

Berendam epsom salt

Berendam menggunakan epsom salt (Garam Inggris), dapat membantu menaikkan kadar magnesium di tubuh dan mengurangi hormon stres. Cukup campurkan air hangat dan satu hingga tiga cangkir epsom salt ke dalam bathtub.

 Mandi Pagi Pakai Air Dingin Bikin Sehat

Selain itu, tambahkan 1/2 cangkir baking soda dan beberapa tetes essential oils. Berendam di dalam bathtub selama 12 menit, lalu bilas tubuh dengan air bersih.


Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

5 dari 5 halaman

Benarkah Wanita Lebih Stres dari Pria?

Dream - Pria, waspada dan berpikir dahulu sebelum menyampaikan komentar pada wanita. Apalagi jika kalian mengomentari dengan kata-kata nyinyir.

Menurut sebuah studi Physiological Society di Inggris, sulit menjadi seorang wanita di dunia saat ini.

Sederhananya, wanita begitu sibuk berganti peran antara pekerjaan dan keluarga, hingga mereka sering merasa sulit untuk menemukan waktu bagi diri mereka sendiri.

Temuan dari laporan ini menunjukkan fakta wanita cenderung memiliki tingkat stres 13 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Diketahui, beban mengurus keperluan rumah sampai mengasuh anak jadi dua faktor dari banyaknya faktor timbulnya stres pada wanita.

 shutterstock

Ditambah dengan adanya sistem limbik di otak yang mampu mengendalikan emosi dan memori sangat aktif membuat mereka sulit melupakan kejadian buruk atau melepaskan emosi negatif.

Berbeda dengan wanita, kaum pria justru lebih cepat melupakan kejadian-kejadian buruk yang terjadi padanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini, Sahabat Dream perlu lakukan hal-hal berikut seperti dilansir Times of India:

1. Jangan pendam rasa itu sendiri saja, mulai meminta bantuan sebagai sandaran berkeluh kesah atau sekadar cerita baik orang rumah maupun tempat kerja

2. Ingatlah untuk menjaga diri kamu terlebih dahulu. Nggak ada salahnya untuk cuti kerja sehari untuk pijat dan santai.

3. Jangan ragu infokan ke keluarga inti seperti orang tua, suami, kakak, adik, atau anak agar 'me time' kamu tidak terganggu.

4. Luangkan waktu untuk lebih mencintai diri sendiri.

(ism, Laporan: Alfi Salima Puteri)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi