6 Masalah yang Sering Terjadi di Area Ketiak dan Cara Mengatasinya

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 23 September 2020 08:13
6 Masalah yang Sering Terjadi di Area Ketiak dan Cara Mengatasinya
Apakah kamu sedang mengalami hal ini?

Dream- Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang paling mudah terkena masalah kulit. Hal tersebut karena ketiak dapat terasa lembap dan berbentuk lipatan yang paling mudah berkeringat dibandingkan bagian tubuh yang lainnya.

Daerah ketiak memiliki struktur kulit yang sangat berbeda dengan area tubuh lain dan sangat sensitif,  sehingga membutuhkan perawatan serta perhatian khusus. 

Hal ini terjadi karena ketiak terletak pada daerah lipatan, sehingga aktifitas gerakan normal dapat menimbulkan iritasi dan aroma yang menyengat.

Ketiak pun merupakan area yang tertutup sehingga lebih lembap. Selain itu, area ini juga  ditumbuhi  rambut atau bulu kasar serta memiliki banyak  kelenjar keringat, jadi sangat rentan memiliki masalah kulit ketiak antara lain iritasi, bau badan serta alergi.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena semua bisa diatasi dengan cara tertentu. Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah pada ketiak, berikut dilansir dari Boldsky.com, 6 masalah kulit yang sering terjadi di area ketiak dan cara mengatasinya.

1 dari 6 halaman

Ketiak Berkeringat

Walaupun ketiak yang berkeringat adalah hal yang normal, hal itu bisa memalukan dan merepotkan.

Berkeringat melalui ketiak adalah cara tubuh mengatur suhu dan juga membuang racun yang tidak diinginkan. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan, baik secara fisik maupun emosional.

Kondisi ini sering membuat penderitanya tidak percaya diri menggunakan pakaian berwarna terang, karena noda keringat dapat tampak jelas dan dapat membuat pakaian cepat rusak, terutama yang berbahan sutera.

Cara mengatasi ketiak© Foto : Shutterstock

Solusi : untuk mengatasi dan mencegah ketiak basah akibat keringat yang berlebih, berikut cara yang perlu kamu lakukan. Oleskan tomat yang telah dihaluskan ke seluruh ketiakmu.

Biarkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih dan keringkan. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Tomat merupakan bahan pemutih alami yang ampuh untuk kulit. Tomat juga memiliki khasiat astringen yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol keringat berlebih.

2 dari 6 halaman

Ketiak Hitam

Warna kulit ketiak seharusnya sama seperti warna kulit di bagian tubuh lain. Namun pada beberapa orang, kulit di bagian ketiak bisa tampak menghitam.

Nah, kulit ketiak hitam ini bisa membuat sebagian orang, terutama wanita, menjadi tidak percaya diri. Hal ini karena ketiak hitam dianggap tidak enak dipandang dan mengganggu penampilan, apalagi saat mengenakan pakaian yang tidak menutupi lengan (tank top).

Solusi : kamu butuh 2 sendok makan jus lemon segar dan bubuk kunyit secukupnya.  Lalu campurkan jus lemon dan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ke seluruh ketiak. Biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat ini 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Lemon kaya akan kandungan asam sitrat yang menjadikannya salah satu bahan pemutih alami terbaik. Dengan demikian, ini membantu mencerahkan ketiak yang gelap. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga membantu menghambat produksi melanin yang mencegah hiperpigmentasi.

Sementara itu, kunyit mengandung kurkumin, antioksidan kuat, yang membantu menyembuhkan kulit dan mencerahkan warna kulit untuk mengurangi warna ketiak yang semakin gelap.

3 dari 6 halaman

Bau Badan Menyengat

Bau badan yang tidak sedap kerap menjadi ujian tersendiri dalam penampilan. Dalam beberapa kasus, bau badan ini bisa saja begitu menyengat dan mengganggu, terutama di saat kondisi cuaca sedang panas.

Saat tubuh berkeringat banyak, maka aroma bau badan yang kurang sedap ini tentu akan tercium ke mana-mana. Jangan heran, jika orang-orang bisa saja terganggu. Hal ini tentunya membuat percaya diri jadi hilang.

Pada dasarnya bau badan yang tidak sedap seperti ini ditimbulkan oleh bakteri yang terdapat pada keringat. Namun selain itu, berbagai hal lainnya bisa saja memicu bau badan yang semakin memburuk, seperti: berbagai jenis makanan yang memicu bau badan, keringat yang berlebih, jarang berganti pakaian, malas mandi, dan yang lainnya.

Namun apapun alasannya, memiliki bau badan yang tidak sedap tentu bukanlah sesuatu yang menyenangkan dan tentunya harus diatasi dengan langkah yang tepat.

Cara mengatasi ketiak© Foto : Shutterstock

Solusi : gosokkan lemon ke area ketiak selama beberapa detik. Biarkan sampai mengering. Lalu cuci sampai bersih. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan setengah buah lemon dengan setengah cangkir air. Gunakan jus kapas untuk mengoleskannya ke ketiak.Tunggu 10-15 menit hingga mengering. Bilas  hingga bersih. Gunakan campuran ini sekali sehari sampai kamu melihat peningkatan.

Lemon yang sangat asam merupakan antiseptik yang bagus untuk kulit. Selain itu lemon juga membantu mengecilkan pori-pori kulit, menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi bau badan. Sebagai agen antibakteri, zat ini mencegah bakteri penyebab bau tak sedap sehingga membantumu tetap segar dan indah sepanjang hari.

4 dari 6 halaman

Ketiak Berbulu

Memiliki bulu ketiak untuk sebagian orang tidaklah jadi masalah. Tapi ada pula orang-orang yang menganggap bahwa adanya bulu pada ketiak adalah suatu hal yang akan mengurangi rasa percaya diri. Kebanyakan wanita beranggapan bahwa memiliki bulu ketiak merupakan masalah yang mengganggu.

Ada yang beralasan bahwa dengan memiliki bulu ketiak akan menimbulkan rasa tidak percaya diri, juga ada yang beralasan bahwa bulu ketiak membuat rasa tidak nyaman. Selain itu, dengan adanya bulu ketiak, akan menjadikan ketiak menjadi berbau tidak sedap.

Sebab itulah, mereka yang merasa tidak nyaman karena memiliki bulu ketiak lalu berusaha untuk menghilangkannya dengan berbagai cara. Nah berikut ini cara sederhana di rumah untuk menghilangkan bulu ketiak.

Solusi : Kamu membutuhkan ¼ cangkir bubuk kunyit, 3 sdm susu 1 cangkir air hangat, dan 1 handuk lembut. Cara penggunaan, campurkan kedua bahan tersebut sampai menjadi pasta yang halus. Terlebih dulu cuci ketiakmu dengan air dan keringkan. Oleskan campuran tersebut pada ketiak searah dengan pertumbuhan rambut. Biarkan selama 30 menit. Rendam handuk dalam air hangat. Seka pasta dari ketiak menggunakan handuk. Gunakan obat ini setiap hari sampai kamu mendapatkan hasilnya.

Kunyit adalah bahan alami yang mengandung sifat antibakteri, antiseptik, dan antioksidan. Dicampur dengan sifat pengelupasan dari susu, berkat kehadiran asam laktat, kunyit tidak hanya membantu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan, tetapi juga mencegah rambut tumbuh ke dalam. Namun, kamu harus bersabar untuk memperoleh hasil yang kamu inginkan.

5 dari 6 halaman

Rambut Tumbuh ke Dalam

Mencukur mungkin merupakan solusi cepat untuk masalah bulu ketiak, tetapi hal itu pasti menimbulkan masalah ketiak lainnya. Rambut tumbuh ke dalam adalah salah satunya. Saat kita sering bercukur, seringkali menyebabkan rambut terjebak di dalam kulit alias rambut yang tumbuh ke dalam.

Hal ini dapat menyebabkan benjolan pada kulit yang terkadang menyakitkan. Jika kamu juga menghadapi masalah rambut yang tumbuh ke dalam, kami memiliki solusi yang tepat.

Cara mengatasi ketiak© Foto : Shutterstock

Solusi : Kamu butuh 1 sdm gula pasir 1 sdm madu mentah. Gabungkan kedua bahan tersebut untuk mendapatkan pasta yang kasar. Ambil campuran ini dalam jumlah banyak dan gosokkan pada ketiak dengan gerakan melingkar. Bilas sampai bersih dengan air hangat. Gunakan obat ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Gula dengan teksturnya yang kasar adalah bahan pengelupas yang bagus untuk kulit dan membantu mencabut rambut yang tumbuh ke dalam. Madu memiliki sifat emolien dan penyembuhan yang membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh pengelupasan dan mengunci kelembapan di kulit sehingga membuat kulit ketiak lembut dan kenyal.

6 dari 6 halaman

Iritasi Karena Mencukur

Salah satu bencana mencukur yang paling umum adalah iritasi pada kulit. Iritasi pada ketiak dapat disebabkan oleh cara bercukur yang salah, kulit ketiak kering, serta faktor lain yang mungkin tidak disadari selama bercukur.

Alih-alih memiliki ketiak yang bersih dan mulus, kamu justru berisiko mengalami iritasi. Jika mengalami hal ini, kamu dapat melakukan cara berikut.

Solusi : kamu pelu gel lidah buaya secukupnya. Pertama,  Cuci ketiakmu lalu keringkan. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak. Pijat ketiak dengan lembut selama beberapa detik. Biarkan atau bersihkan setelah 20-25 menit, jika kamu merasa lengket. Ulangi pengobatan ini dua kali sehari atau lebih sampai mendapatkan hasilnya.

Gel lidah buaya adalah salah satu bahan alami untuk mengurangi iritasi dan membantu menyembuhkan kulit lebih cepat. Ia juga memiliki efek perlindungan dan melembabkan pada kulit, sehingga membuat kulit ketiak menjadi ternutrisi dan cantik.

(Sumber : Boldsky.com)

 

Beri Komentar