6 Olahraga Ringan yang Bikin Payudara Lebih Kencang, Patut Dicoba!

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 22 September 2021 12:35
6 Olahraga Ringan yang Bikin Payudara Lebih Kencang, Patut Dicoba!
Sebab, jika jaringan payudara sudah mengendur tidak dapat diubah.

Dream - Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan mengalami perubahan termasuk payudara yang turut mengendur. Kondisi ini biasanya lebih cepat terjadi ketika para perempuan memberikan ASI kepada buah hatinya.  

Tak hanya usia dan menyusui, Sahabat Dream perlu tahu bahwa perubahan payudara juga bisa dipicu beberapa faktor seperti penurunan berat badan, BMI (Body Mass Index) yang lebih tinggi, merokok, dan kurangnya olahraga tubuh bagian atas.

Menggunakan push-up bra adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bentuk payudara 'fit' tanpa harus naik ke meja operasi plastik. Sebab, jika jaringan payudara sudah mengendur tidak dapat diubah.

Tapi tenang, kamu dapat melakukan enam latihan yang dapat meningkatkan massa otot payudara dan membuatnya lebih berisi seperti yang dikutip dari Times of India berikut ini:

1 dari 4 halaman

1. Dumbbell chest-press

Ilustrasi© shutterstock

Chest press adalah latihan yang menggunakan sejumlah alat untuk merangsang dan membentuk otot dada, bisep, deltoid dan juga trisep.

Chest press dapat dilakukan dengan bantuan alat seperti dumbel. Langkah pertama, berbaring telentang dan memegang dumbel di masing-masing tangan.

Kaki harus bertumpu rata di lantai dan posisi telapak tangan dekat dengan dada serta menghadap kaki. Lalu tarik nafas dan dorong dumbel ke atas menjauh dari tubuh sambil merentangkan tangan.

Setelah itu kembali ke posisi awal dan ulangi beberapa kali.

2 dari 4 halaman

2. Dumbbell fly

Ilustrasi© shutterstock

Gerakan ini hampir mirip dengan dumbel chest-press, namun yang membedakan gerakannya adalah rentangan lengan.

Setelah berbaring dan memegang dumbbell pada kedua tangan, rentangkan lengan ke atas dada lalu tarik nafas sembari turunkan lengan sejajar dengan bahu.

Kemudian ambil jeda, hembuskan napas dan kembali ke posisi awal. Lakukan berulang kali.

3 dari 4 halaman

3. Wall push-ups

Olahraga satu ini tidak membutuhkan bantuan alat seperti dumbel. Caranya pun sama dengan push-up pada umumnya, namun tumpuannya ke dinding. Letakkan tangan di dinding sedikit lebih lebar dari lebar bahu.

Buang napas, lalu tekuk siku untuk mendekatkan dada ke dinding. Tarik nafas dan dorong untuk meluruskan lengan dan ulang beberapa kali.

Ilustrasi© shutterstock

4. Dumbbell pull-over

Dumbbell pullover adalah latihan binaraga klasik yang melatih dada terutama punggung. Gerakan ini menggunakan dumbbell.

Setelah berbaring dengan kaki yang kokoh di lantai, pegang dumbbell dengan kedua tangan sehingga tegak lurus tepat di atas dada.

Rentangkan tangan, angkat dan letakkan dumbbell di belakang kepala sampai merasakan tarikan di dada lalu ulangi.

4 dari 4 halaman

5. Cable crossover

Cable cross-over termasuk gerakan yang sangat disukai binaragawan karena akan langsung menargetkan otot dada.

Langkah pertama dengan mengatur pegangan katrol di kedua sisi dekat kepala dan berpegangan pada ring. Ambil langkah ke depan lalu tarik pegangan ke bawah bersamaan dengan tangan yang tetap lurus dan pinggang sedikit ditekuk.

Lalu tekuk siku dan biarkan lengan terangkat sampai merasakan tarikan di dada dan ulangi beberapa set.

6. Superman with medicine ball

Gerakan ini dilakukan dengan berbaring di lantai sambil memegang bola. Setelah tengkurap dengan lengan dan kaki lurus, pegang bola di tangan. Jangan lupa, dahi juga harus menempel pada lantai.

Sembari buang napas, perlahan angkat lengan, kaki dan kepala dari lantai dan tahan berat badan sambil memegang bola selama 5 detik.

Lengan dan kaki harus tetap lurus. Lalu buang napas setelah menurunkan lengan, kaki dan kepala ke bawah.

Bila rutin melakukan enam gerakan ini otot dada akan terbentuk dan payudara terlihat lebih kencang dan berisi. Selamat mencoba.

Laporan: Syifa Putri Naomi

Beri Komentar