7 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Bisa Bantu Jaga Imunitas Tubuh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 16 Mei 2021 16:22
7 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Bisa Bantu Jaga Imunitas Tubuh
Ginseng telah digunakan sebagai obat tradisional selama berabad-abad di negara-negara Asia Timur.

Dream – Manfaat ginseng bagi kesehatan tentunya tidak perlu kamu ragukan lagi. Bagi kamu yang suka nonton film maupun drama Korea Selatan, pastinya sudah sering melihat berbagai hidangan berbahan ginseng yang disajikan, misalnya seperti sup ayam.

Hal tersebut membuktikan mereka sangat mempercayai khasiat dari tanaman ini. Sehingga tidak mengherankan jika Korea Selatan dijuluki sebagai Negeri Ginseng.

Ginseng sendiri adalah obat tradisional yang berasal dari Cina dan telah digunakan selama berabad-abad. Meskipun ada banyak jenis ginseng, namun ginseng Amerikal yang paling terkenal atau yang memiliki nama latin Panax quinquefolius. Selain itu juga ada ginseng Asia atau Korea dengan nama latin Panax ginseng.

Perlu kamu ketahui bahwa ginseng Korea adalah tanaman abadi karena bisa hidup lebih dari dua tahun di pegunungan Asia Timur. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di lereng gunung Cina, Korea, dan Rusia dengan kondisi yang teduh dan lembap.

Lalu untuk tingginya sekitar 2 kaki atau lebih tinggi lagi dan mempunyai warna daun yang hijau gelap. Sedangkan akarnya berkerut dan setelah dimakan muncul rasa sedikit manis dan pahit.

Untuk jenis ginseng Amerika dan Asia cukup beragam dengan konsentrasi senyawa aktif dan efeknya pada tubuh. Ginseng Amerika berguna untuk relaksasi, sedangkan ginseng Asia berguna untuk menyegarkan.

Berikut adalah beberapa manfaat ginseng untuk kesehatan sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Meningkatkan Energi dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Energi yang Baik© Freepik.com

Meningkatkan Energi

Manfaat ginseng bagi kesehatan yang pertama adalah bisa meningkatkan energi. Ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki kegiatan padat dan sering mengalami kelelahan. Maka ginseng adalah solusi yang tepat untuk merangsang aktivitas fisik dan mental.

Hal ini pun telah dibuktikan dalam suatu penelitain dan menunjukkan bahwa ginseng memberikan hasil yang baik untuk membantu pasien kanker yang mengalami kelelahan. Jadi, saat kamu merasa lelah, jangan melewatkan khasiat dari tanaman yang satu ini ya.

 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Memiliki imunitas tubuh yang baik sangatlah penting. Hal ini untuk menjaga agar tubuhmu tidak mudah terserang penyakit. Untuk mendapatkan imunitas yang baik, maka ginseng adalah solusi yang tepat. Sebagaimana dilansir melalui Healtline, telah dilakukan penelitian yang melibatkan 39 orang yang baru saja sembuh dari operasi kanker lambung.

Untuk perawatannya diberikan ginseng untuk dikonsumsi sebanyak 5.400 mg setiap hari selama dua tahun. Hasilnya mengejutkan, mereka mengalami peningkatan fungsi kekebalan tubuh yang signifikan dan kambuhnya gejala pun menjadi lebih rendah.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Gula Darah dan Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ilustrasi Tanaman Ginseng© Pixabay.com

Menurunkan Gula Darah

Manfaat ginseng yang tak kalah istimewa adalah bisa membantu untuk menurunkan gula darah dan juga bisa mengatasi diabetes. Di dalam ginseng terdapat senyawa yang bernama ginsenosides yang bisa memengaruhi produksi insulin pada pankreas serta meningkatkan resistensi insulin dengan mekanisme yang lain.

Ada banyak sekali studi klinis dan standardisasi dari akar ginseng yang dibutuhkan untuk menguatkan manfaat dari ginseng sebagai terapi pelengkap dalam mengobati penyakit diabetes.

 

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat ginseng bagi kesehatan berikutnya adalah bisa meningkatkan fungsi kognitif. Sebagaimana dihimpun melalui Medical News Today, ginseng mampu meningkatkan proses berpikir serta kognitif. Dalam studi tersebut menyatakan bahwa ginseng memberikan manfaat pada kognitif, kualitas hidup, dan perilaku. Dari penelitian itu, meskipun ada penemuan yang positif, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ginseng bisa meningkatkan kepintaran.

Bahkan dari penelitian lainnya, di mana peneliti mengembangkan susu yang diperkaya dengan ginseng dengan kadar yang cukup, ini bisa meningkatkan fungsi kognitif. Penelitian pun masih terus dikembangkan dengan ketat dan luas.

3 dari 4 halaman

Memiliki Efek Anti-Inflamasi dan Mengobati Disfungsi Ereksi

Ilustrasi GInseng Mengobati Disfungsi Ereksi pada Pria© Freepik.com

Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Manfaat ginseng tidak terlepas dari adanya efek antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan. Senyawa ginsenosides pada ginsenglah yang memiliki efek antiinflamasi tersebut dan telah ada hasilnya di dalam Journal of Translational Medicine.

Senyawa pada ginseng tersebut juga memiliki pengaruh untuk sistem kekebalan tubuh dan mampu meredakan peradangan. Sehingga, ginseng bisa menjadi salah satu tanaman berkhasiat yang bisa kamu andalkan untuk mengurangi terjadinya peradangan.

 

Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat ginseng yang baik untuk kesehatan pria adalah bisa mengobati disfungsi ereksi. Hal ini pun telah dilakukan penelitian di Korea pada 2002 dan membuktikan bahwa terdapat 60 persen pria yang mengonsumsi ginseng menunjukkan terjadinya peningkatan ereksi.

Penelitian tersebut dipublikasikan di dalam British Journal of Clinical Pharmacology yang memberikan klaim bahwa “ bukti untuk efektivitas ginseng merah dalam pengobatan disfungsi ereksi”.

4 dari 4 halaman

Mencegah Flu

Ilustrasi Flu© Freepik.com

Manfaat ginseng bagi kesehatan juga bisa untuk mencegah flu. Hal ini pun telah dilakukan penelitian pada tikus dan menunjukkan adanya hubungan antara ginseng dan pengobatan serta pencegahan influenza dan virus pernapasan syncytial (RSV).

Dari penemuan tersebut membuktikan bahwa ekstrak ginseng merah ampuh dalam meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel epitel pada paru-paru manusia yang terkena infeksi virus influenza. Tetapi kemudian adalah sejumlah penelitian mengenai pencegahan ginseng pada virus yang didiskreditkan dan kurang bisa dipercaya.

Itulah 7 manfaat ginseng bagi kesehatan. Bagi sahabat Dream yang ingin menerapkan hidup sehat secara aman, maka mengonsumsi ginseng bisa menjadi pilihan yang tepat.

Beri Komentar