Alasan Penari Balet Tak Pusing Walau Berputar Berkali-kali

Reporter : Kusmiyati
Selasa, 20 Oktober 2015 08:29
Alasan Penari Balet Tak Pusing Walau Berputar Berkali-kali
Studi baru ini menyimpulkan penari balet mampu menekan sinyal dari organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalamnya sehingga tidak pusing atau mual.

Dream - Penari balet dengan sepatu flat dengan gerakan-gerakan cantiknya mampu membuat mata penontonnya terkesima. Saat melihatnya pernahkah berpikir mengapa penari balet bisa berputar tanpa merasa pusing?

Ternyata hal ini membuat para peneliti tertarik mengangkatnya sebagai sebuah studi. Studi baru ini menyimpulkan penari balet mampu menekan sinyal dari organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalamnya sehingga tidak pusing atau mual.

Para peneliti berharap hasil penemuan itu, dapat membantu proses pengobatan bagi orang-orang dengan pusing kronis dikutip Newser, Senin 19 Oktober 2015.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 29 penari balet wanita dan 20 pendayung wanita. Seluruh responden ini memiliki umur dan tingkat kebugaran yang sama. Mereka kemudian duduk di sebuah kursi di dalam ruangan gelap dan kursi tersebut diputar berulang-ulang kemudian melakukan scan MRI pada otak mereka.

Hasil scan muncul perbedaan dalam otak kecil dan korteks serebral antara kedua kelompok. Dan para penari mengalami tingkat perpusingan yang lebih rendah dibandingkan dengan para pendayung.

" Hasil scan menunjukkan cerebellum penari balet ukurannya lebih kecil. Ini mungkin karena penari biasanya tidak menggunakan sistem vestibular dan hanya mengandalkan gerakan-gerakan yang terkoordinasi," ujar penulis studi, Dr Barry Seemungal, dari Imperial College London, Inggris.

Latihan konsisten dalam jangka panjang membuat otak mereka beradaptasi sehingga efek pusing saat berputar-putar tidak terjadi. (Ism) 

 

Beri Komentar