Bahaya dan Pencegahan Infeksi Virus Zika

Reporter : Eko Huda S
Senin, 1 Februari 2016 14:31
Bahaya dan Pencegahan Infeksi Virus Zika
Infeksi virus Zika disebut-sebut menjadi penyebab mikrosefalus, kelainan otak dengan ukuran kepala lebih kecil dari ukuran kepala rata-rata.

Dream - Ancaman virus Zika bukan hanya isapan jempol. Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menyatakan virus yang tengah merebak di kawasan Amerika Selatan ini menjadi ancaman bagi dunia.

Sebagaimana dikutip Dream dari laman depkes.go.id, Senin 1 Februari 2016, virus Zika merupakan jenis Flavivirus yang tergolong familia Flaviviridae. Genus ini meliputi virus Nil Barat, virus demam berdarah, dan virus demam kuning.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dalam keterangan tertulisnya menegaskan pihaknya hingga saat ini belum pernah memperoleh laporan hasil konfirmasi virus Zika telah beredar di Indonesia.

Saat ini konfirmasi pemeriksaan virus Zika hanya bisa dilakukan di laboratiorium tertentu, yaitu Balitbangkes Kemenkes dan Lembaga Biomolekuler Eijkman. 

Penularan virus Zika melalui gigitan nyamuk Aedes, dapat dalam jenis Aedes aegypti untuk daerah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain. Nyamuk Aedes merupakan jenis nyamuk yang aktif di siang hari, dan dapat hidup di dalam maupun luar ruangan. Virus ini juga bisa ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya selama masa kehamilan.

Siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang terdapat virus Zika memiliki risiko untuk terinfeksi, termasuk ibu hamil. Virus ini sekarang merebak di Amerika Selatan. Namun, bukan berarti daerah lain aman dari penyebaran virus ini.

Beberapa negara yang pernah melaporkan keberadaan kasus penyait virus Zika adalah Barbados, Bolivia, Brasil, Cap Verde, Colombia, Dominican Republic, Ecuador, El Salvador, French Guiana, Guadeloupe, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, Mexico, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname, dan Venezuela.

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
DEBAT CAPRES: Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme Sesi 4