Berapa Lama Waktu Ideal Memakai Behel?

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 3 September 2017 15:45
Berapa Lama Waktu Ideal Memakai Behel?
Sebagai perkiraan saja, berdasarkan survey, dibutuhkan waktu sekitar 23 bulan untuk menyelesaikan perawatan gigi dengan behel.

Dream – Ketika harus menggunakan behel, pertanyaan yang biasanya muncul adalah “ Berapa lama harus menggunakannya?” Jika kamu mencari jawabannya, mungkin akan berbeda-beda karena gigi setiap orang juga berbeda.

Sebagai perkiraan saja, berdasarkan survey, dibutuhkan waktu sekitar 23 bulan untuk menyelesaikan perawatan gigi dengan behel. Meski begitu ada orang yang hanya mengenakannya selama enam bulan. Yang lain memilih sampai tiga tahun.

Lalu apa yang membedakannya? Jawabannya adalah faktor-faktor berikut ini.

Jenis Behel

Ada banyak jenis kawat gigi berdasarkan bahannya, beberapa diantaranya adalah behel besi dan keramik.

Behel besi sangat kuat dan cepat sementara behel keramik meskipun tampak lebih estetis namun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan yang besi.

Usia

Usia juga menjadi faktor yang mempengaruhi lamanya pemakaian behel untuk mencapai hasil yang diinginkan. Idealnya, pemakaian kawat gigi dilakukan mulai usia tujuh tahun, karena pada usia tersebut rahang masih tumbuh sehingga perbaikan akan gigi lebih mudah dan cepat.

Orang dewasa karena sudah selesai masa pertumbuhannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

 Shutterstock

Kondisi Gigi

Kondisi gigi bisa sangat berpengaruh pada lamanya perawatan. Semakin parah kondisinya, tentu semakin panjang waktu pemakaian behel. Jika kondisi gigi disebabkan kelainan rahang, dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi atau bahkan dengan tambahan operasi.

Kerjasama Pasien

Faktor pasien ternyata juga berpengaruh pada lamanya perawatan dan hasil. Jika pasien rutin memeriksakan gigi sesuai jadwal tentu akan lebih cepat menyelesaikan perawatan dibandingkan dengan mereka yang sering mundur dari jadwal.

Selain itu pasien yang menjaga kebersihan mulutnya dengan baik akan memudahkan dokter dalam melakukan perawatan. Alhasil waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan gigi menggunakan behel akan menjadi lebih singkat.

Menjaga kebersihan gigi yang sedang menggunakan behel memang bukan pekerjaan yang mudah. Jika tidak teliti, sisa makanan akan menempel pada behel. Ini bisa memicu karang yang dapat merusak gigi. Selain itu, proses penyesuaian behel seringkali membuat mulut menjadi kering dan mudah terluka.

Untuk mengatasi semua masalah ini, sebaiknya Sahabat Dream menggunakan pasta gigi yang khusus didesain bagi pemakai behel. Seperti Pasta Gigi Enzim Orthodontic.                       

Formula Enzim Orthodontic yang lembut namun memiliki daya bersih yang tinggi sehingga dapat masuk ke sela kawat dan membantu membersihkan daerah yang sulit terjangkau singkat ini. Tentunya sangat cocok untuk pemakai kawat gigi.

 enzim

Kandungan colostrum yang tinggi membuat rongga dalam mulut menjadi lebih lembab. Sedangkan kandungan allantoin berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka yang kerap dialami oleh pemakai kawat gigi.

Janga lupa sikat gigi dengan pasta gigi Enzim Orthodontic untuk menjaga kenyamanan mulut Anda selama pemakaian behel.

Beri Komentar
Penantian 4 Tahun Rini Yulianti Berbuah Manis