Usia Lanjut, Jaga Kesehatan Mulut

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 6 Agustus 2017 09:30
Usia Lanjut, Jaga Kesehatan Mulut
Air ludah melindungi lingkungan mulut karena dapat menetralisir asam yang dihasilkan bakteri atau makanan.

Dream – Berkurangnya aliran air ludah jadi masalah umum di antara orang lanjut usia. Mulut kering dapat disebabkan karena konsumsi obat-obatan seperti anti histamin, decongestant, analgesik dan diuretik.

Dry mouth (mulut kering) menyerang satu di antara empat sampai lima orang dewasa, terutama perempuan dan prevalensinya meningkat seiring bertambahnya usia.

Di dalam air ludah terdapat sistem yang mencegah perkembangan bakteri yang berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Air ludah melindungi lingkungan mulut karena dapat menetralisir asam yang dihasilkan bakteri atau makanan.

Tanpa air ludah, manusia akan kesulitan dalam mengunyah, menelan dan merasakan makanan. Alhasil menimbulkan peningkatan terjadinya gigi berlubang  dan infeksi di dalam rongga mulut.

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa menurunnya sekresi air ludah dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Akibatnya prevalensi penyakit di dalam mulut akan meningkat, seperti karies gigi, radang gusi, radang periodontal (jaringan penyangga gigi), gigi mudah tanggal, mukosa mulut terasa kering dan infeksi lain, bahkan memicu timbulnya bau mulut.

 Shutterstock

Air ludah memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah sebagai pertahanan yang pertama melawan serangan infeksi dengan cara melindungi terhadap perkembangan bakteri mulut dan jamur yang tidak terkontrol.

Fungsi tersebut dijalankan oleh aktivitas enzim-enzim di dalam air ludah seperti immunoglobulin A, lysozyme, lactoferrin dan histatins.

Enzimatic system yang terdapat di dalam pasta gigi Enzim 40 Plus merupakan solusi terhadap berbagai masalah rongga mulut yang menyerang orang lanjut usia, Sahabat Dream.

Ketidakmampuan air ludah melindungi rongga mulut secara alamiah akibat kuantitas dan kualitasnya yang berkurang dapat dibantu oleh enzim-enzim yang ada di dalam pasta gigi ini.

Enzim 40 Plus mengandung colostrum untuk meningkatkan kemampuan air ludah dalam mengontrol ekologi flora mulut dan memberikan kelembaban di rongga mulut. Vitamin Ebertugas meremajakan kondisi gusi dan jaringan lunak mulut.

 Enzim

Potassium Nitrate berfungsi membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi sensitif. Zinc gluconate mempunyai manfaat sebagai anti-bad breath atau mengurangi bau mulut. Allantoin mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut.

Pasta gigi Enzim 40 Plus juga diformulasi menggunakan kandungan bahan abrasive yang rendah tetapi mempunyai daya bersih yang tinggi. Inilah yang menyebabkan pasta gigi ini lembut dan tidak memberikan efek iritasi, terutama pada gigi sensitive.

Ayo lindungi gigimu dengan Enzim 40 Plus. Kebersihan gigi dan mulut terjaga, mulut tetap lembab tidak kering dan yang terpenting tetap terjaga kesehatannya.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone