7 Manfaat Mandi Air Hangat Buat Kesehatan Selain Bikin Relaks

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 5 Mei 2021 12:33
7 Manfaat Mandi Air Hangat Buat Kesehatan Selain Bikin Relaks
Mandi air hangat bisa membuat tubuhmu lebih sehat jika dilakukan secara rutin.

Dream – Manfaat mandi air hangat bisa dirasakan oleh anak-anak hingga orang tua. Mungkin selama ini sebagian orang beranggapan bahwa yang paling cocok untuk mandi air hangat hanyalah anak-anak saja. Namun, orang dewasa pun bisa melakukannya dan mendapatkan beragam manfaatnya untuk kesehatan. Apalagi jika cuacanya sedang dingin. Mandi dengan air hangat adalah solusi yang tepat untuk menghangatkan tubuh.

Membiasakan diri untuk mandi hangat bisa memberikan dampak positif bagi tubuhmu. Saat kamu menyiramkan air hangat ke tubuh, hal ini diyakini bisa melancarkan peredaran darah di tubuh dan membuat tubuhmu lebih rileks. Dengan begitu, rasa stres yang kamu alami bisa terkurangi.

Tidak hanya itu saja, masih ada banyak lagi manfaat mandi air hangat yang mungkin saja belum kamu ketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Mengatasi Flu dan Sakit Kepala

Ilustrasi Mengalami Stres© Freepik.com

Manfaat mandi air hangat yang pertama adalah bisa mengatasi flu dan sakit kepala. Biasanya saat kamu mengalami flu, tubuhmu mudah sekali merasa dingin. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mandi dengan air hangat. Air hangat ampuh untuk meredakan gejala flu dan sakit kepala. Hal ini karena uap air hangatnya yang bekerja sebagai dekongestan alami.

Akan semakin maksimal lagi manfaatnya jika kamu turut memberikan minyak esensial ke air hangat tersebut. Misalnya saja minyak kayu putij atau peppermint. Campuran tersebut mampu membuat pikiranmu lebih tenang dan melancarkan sirkulasi darah ke otak.

 

Menghilangkan Stres

Manfaat air hangat bagi kesehatan juga bisa untuk menghilangkan stres. Rasa hangat saat air disiramkan ke tubuh akan memberikan efek ketenangan. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi hingga menghilangkan pikiran yang sedang stres.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan cara berendam di air hangat setelah menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan dengan cara ini juga mampu untuk membuat otot-otot tubuh yang kaku menjadi lebih lentur.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah© Freepik.com

Manfaat mandi air hangat lainnya bagi kesehatan bisa untuk menurunkan tekanan darah. Kebiasaan ini akan sangat baik dilakukan oleh orang yang mempunyai kondisi jantung tidak sehat. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara berendam di air hangat untuk beberapa waktu.

Tetapi akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan cara ini. Karena dengan berendam di air hangat juga bisa membuat denyut jantungmu meningkat.

 

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat mandi air hangat yang tak kalah istimewa adalah ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan mandi atau berendam di air hangat, hal ini bisa membuat sistem saraf menjadi tenang dan bisa meredakan peradangan serta rasa sakit di tubuhmu. Bahkan mandi air hangat akan membuat suasana hatimu lebih baik karena bisa menurunkan tingkat stres dan rasa cemas.

Tidak hanya itu saja, rasa hangatnya saat kamu mandi air hangat mampu meringankan rasa sakit dan masalah di bagian tulang belakang. Lebih dari itu, rutinitas ini juga bisa meringankan penyakit Parkinson.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Sulit Tidur

Ilustrasi Mengalami Insomnia© Freepik.com

 

Apakah kamu mengalami gangguan kesulitan tidur? Untuk mengatasi kondisi ini, maka mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi yang tepat. Ketika kamu mandi dengan air hangat, hal ini bisa meningkatkan suhu tubuh secara otomatis dan sedikit demi sedikit akan menurun setelah kamu selesai mandi.

Melalui perubahan suhu inilah yang nantinya bisa merangsang efek kantuk pada tubuh. Sehingga kamu pun merasa ingin cepat tidur. Oleh karena itu, mandi dengan air hangat ini bisa kamu jadikan sebagai rutinitas. Karena kondisi sulit tidur bisa saja kamu alami lagi.

 

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Manfaat mandi air hangat berikutnya bagi kesehatan adalah bisa membantu dalam mendetoksifikasi tubuh. Di mana air hangat bisa meningkatkan sistem getah bening di dalam tubuh. Getah bening inilah yang akan membuat keringat keluar dan membawa serta racun dan bakteri dari tubuh. Sehingga bisa kamu rasakan setelah mandi air hangat, tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Freepik.com

Manfaat mandi air hangat juga bisa membantumu untuk menurunkan berat badan. Hal ini pun telah melalui penelitian dan menunjukkan bahwa berendam di air hangat secara teratur mampu menurunkan kadar gula darah serta glukosa pada orang yang menderita penyakit diabetes.

Dengan begitu, ini telah membuktikan bahwa mandi air hangat bisa mendukungmu untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan berendam selama 20 sampai 30 menit di air hangat setiap 6 kali dalam seminggu. Namun pastikan agar kamu juga mengimbanginya dengan melakukan pola hidup sehat demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesemua manfaat mandi air hangat tersebut bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin. Jadi, mulai sekarang sahabat Dream bisa menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari yang menyehatkan tubuh.

Beri Komentar