Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Cepat dan Total

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 14 November 2019 13:12
Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Cepat dan Total
Kebiasaan merokok memang buruk untuk kesehatan dan susah untuk dihilangkan. Selain karena sifatnya yang membuat ketagihan, di Indonesia merokok sudah menjadi budaya sejak dahulu.

Dream - Merokok sebagai kebiasaan buruk karena merusaka kesehatan sudah banyak diketahui masyarakat Indonesia. Namun kebiasaan untuk berhenti merokok susah dihilangkan para perokok. 

Banyak manfaat buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok untuk tubuh kita. Salah satunya adalah rokok bisa menjadi sumber penyakit seperti kanker. Manfaat buruk tersebut tidak hanya dirasakan oleh perokok, orang-orang disekitar mereka juga terkena imbas dari asap rokok tersebut.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Berikut adalah beberapa cara berhenti merokok secara alami dengan cepat dan total.

1 dari 5 halaman

Cara Cepat Berhenti Merokok

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merokok dengan cepat.

Mengelola Stres

Mengelola stres bisa menjadi salah satu cara berhenti merokok. Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok. Setelah merokok, seseorang merasa rileks. Cobalah beberapa cara untuk meredakan ketegangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres.

Terapi Penggantian Nikotin (Nicotine-Replacement Therapy/NRT)

Berhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut. Maka dari itu, terapi penggantian nikotin bisa menjadi cara berhenti merokok.

NRT bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah. Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok. Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin. Media NRT beragam, seperti permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit, atau tablet, atau bisa dengan cara disemprotkan ke mulut atau hidung.

Hindari Pemicu

Sedapat mungkin hindari faktor atau kebiasaan yang dapat membuat kamu kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minum minuman keras. Jika terbiasa merokok setelah makan, kamu bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

Terapi Perilaku

Cara berhenti merokok melalui terapi perilaku adalah bentuk konseling yang membantu kamu untuk fokus pada strategi berhenti merokok. Terapi ini dilakukan dengan bicara pada konselor dalam sesi psikoterapi, namun bisa juga dalam sesi per kelompok. Terapi perilaku ini tidak hanya dapat dilakukan sebagai cara berhenti merokok, namun juga untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan perilaku seperti stres atau depresi.

Membersihkan Rumah

Membersihakan rumah ternyata bisa menjadi cara berhenti merokok. Bersihkan rumah dari aroma rokok dan segala hal yang dapat mendukung kamu merokok dalam jumlah banyak. Cuci pakaian, sprai, karpet, atau tirai yang mengandung aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan untuk membantu menghilangkan bau asap rokok.

2 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan sebagai cara berhenti merokok secara alami.

1. Cari hobi baru yang sesuai dengan passion. Hal ini akan membantu mengalihkan pikiran agar tak tergoda rokok.

2. Cari kata-kata yang bisa jadi " sugesti otomatis" ketika akan tergoda rokok. Misalnya " Kalau aku tergoda, kapan aku berhenti merokok?" atau sesederhana, " Aku tidak merokok" .

3. Kurangi asupan kafein, seperti dari kopi. Pasalnya kafein akan dua kali lebih efektif ketika nikotin berkurang. Nah, efek kafein membuat kamu terjaga sehingga tergoda untuk merokok.

4. Hindari orang-orang yang merokok dan dengarkan nasihat orang-orang yang tidak suka merokok.

5. Mencari bantuan profesional seperti psikiater, karena kecanduan rokok biasanya adalah kecanduan psikologis. Ini adalah kecanduan di mana kamu telah terbiasa dengan perilaku merokoknya, lebih dari sekedar kecanduan nikotin namun kebiasaan sehari-hari yang ada rokok di dalamnya. Hal ini harus ditangani secara profesional untuk mengetahui pemicu dan dorongan untuk merokok.

3 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok Secara Bertahap

Untuk berhenti merokok, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni cara berhenti merokok tiba-tiba atau disebut " Cold Turkey" . Ada juga cara berhenti merokok secara bertahap.

Berikut ini tips dan cara berhenti merokok secara bertahap yang bisa dilakukan di rumah.

- Tentukan berapa lama kamu menggunakan cara berhenti merokok secara bertahap ini, dan berkomitmenlah dengan keputusan tersebut. Misalnya kamu ingin berhenti merokok secara bertahap dalam 3 minggu, maka tkamui kalender dan jangan merokok di tanggal di mana kamu seharusnya telah berhenti.

- Mulailah di hari yang tidak terlalu sibuk, tidak berpotensi stres, atau ketika libur. Jika kamu mulai berhenti merokok secara bertahap di hari Senin yang penuh tumpukan deadline, kamu akan tergoda lagi untuk merokok.

- Tentukan secara spesifik berapa banyak rokok yang kamu kurangi. Penentuan ini cukup sederhana. Misalnya satu batang rokok dalam satu hari, atau satu batang dua hari. Jumlah rokok tentu harus berkurang dari waktu ke waktu, di mana di akhir deadline berhenti merokok, kamu harus benar-benar berhenti. Contoh, minggu pertama 7 batang seminggu, minggu kedua 3 batang, minggu ketiga 1 batang, minggu berikutnya berhenti total.

- Kombinasikan cara berhenti merokok bertahap ini dengan konseling ke pskiater profesional, atau ke teman dekat kamu yang kontra dengan kebiasaan merokok kamu. Hal ini akan memberi dorongan lebih untuk makin semangat berhenti merokok total.

4 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok dengan Vape

Vape atau Vaporizer adalah rokok elektrik yang diciptakan sebagai salah satu alternatif untuk berhenti merokok secara total. Rokok elektrik ini menggunakan cairan beraroma yang nantinya akan menjadi uap yang menyerupai asap yang dihasilkan rokok konvensional.

Pada awalnya, Vape merupakan alternatif menarik untuk berhenti merokok. Namun lama kelamaan, terungkap kalau nge-vape ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Para pengguna vapor ternyata berisiko mengidap penyakit paru-paru, jantung, dan juga kanker. Terlebih lagi nge-vape juga membuat kecanduan seperti rokok.

Jadi, cara berhenti merokok dengan vape sebenarnya tak terlalu efektif. Apabila kamu tetap ingin menempuh cara berhenti merokok dengan vape, sepertinya kamu harus menggunakannya saat terpaksa.

Cara berhenti merokok dengan vape harus dianggap hanya untuk menggantikan sensasi asap rokok. Selebihnya, tetap jalani cara berhenti rokok secara alami yakni berhenti total atau mengurangi secara bertahap.

5 dari 5 halaman

Cara Berhenti Merokok dalam Islam

Dalam islam juga diajarkan bagaimana cara berhenti merokok. Berikut adalah beberapa cara berhenti merokok dalam islam.

Niat

Hal peryama yang harus dilakukan adalah niat yang sungguh-sungguh. Sebab tanpa niat maka semuanya hanyalah sebuah bualan belaka. Terkadang mereka yang berniat berhenti merokok saja masih bisa tergoda dan gagal apalagi yang hanya ingin berhenti tapi tanpa ada niatan.

Memberitahukan Kepada Orang Sekitar Mengenai Keinginan Berhenti Merokok

Cara selanjutnya adalah mempublikasikan kepada orang orang sekitar bahwa kamu memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Maka pasti mereka akan memberi dukungan yang besar kepada kamu. Sehingga dapat dijadikan motivasi dan semangat tambahan untuk menambah keinginan semakin cepat bisa berhenti merokok.

Hindari Lingkungan yang Menyebabkan Kebiasaan Merokok Kambuh

Hindari kebiasaan yang bisa membuat kebiasan merokok kamu kambuh. Misalnya saja kumpul-kumpul dengan kawan atau juga begadang hingga tengah malam. Sebab apa yang ada disekitar kamu itulah yang kemudian mempengaruhi kamu. Jika kamu memang sudah dapat berhenti total maka tidak masalah jika kamu hendak melakukan aktivitas tersebut kembali.

Cari Kegiatan Lain yang Bermanfaat

Jangan bengong atau melamun, lakukan kesibukan lain yang membuat tangan kamu aktif. Sehingga akan merangsang otak untuk menekan keinginan merokok. Gunakan waktu luang kamu untuk hal betmanfaat seperti berolah raga, bercocok tanam atau hal lain yang bisa mendatangkan kebaikan.

Berpikir Positif

Berfikir secara positif dengan memberikan sugesti kepada otak bahwa kamu bisa melakukannya. Terlebih lagi jika orang lain bisa maka mengapa kamu tidak. kamu hanya perlu berusaha lebih keras agar dapat berhenti dari kecanduan merokok.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie