Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Alami

Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Alami Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Penyakit ambeien dapat dialami oleh semua orang. Ambeian atau wasir muncul ketika pembuluh darah yang berada di bagian bawah rektum dan anus mengalami pembengkakan akibat adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut.

Hal ini menimbulkan rasa sakit di bagian anus ketika kamu duduk. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena ambeien. Mulai dari perut buncit, sampai kebanyakan duduk bisa menjadi faktor seseorang terkena ambeien.

Sahabat Dream tidak perlu khawatir, cara mengobati ambeien bisa juga dengan metode secara alami.

Banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk mengobati ambeien. Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien luar secara alami.

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati ambeien. Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien secara alami.

Lidah buaya

Cara mengobati ambeien secara alami pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman ini mampu mengurangi peradangan pada ambeien dan meringankan rasa perih atau gatal pada anus akibat ambeien. Lidah buaya juga dapat membantu pemulihan pada ambeien yang mengalami luka.

Penderita bisa menggunakan krim atau gel yang mengandung ekstrak lidah buaya atau langsung mengoleskan lidah buaya yang dihaluskan pada bagian anus yang mengalami pembengkakan akibat ambeien. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari, sampai gejala ambeien dirasa membaik.

Bawang putih

Bumbu dapur satu ini juga bisa menjadi cara mengobati ambeien secara alami. Bawang putih banyak mengandung gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Kandungan terbesar dalam bawang putih adalah allicin. Kandungan ini memiliki manfaat penting sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri.

Cara mengobati ambeien dengan bawang putih yaitu, pertama-tama tumbuk sampai halus 2 siung bawang putih. Lalu oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus. Lakukan hal ini secara rutin agar benjolan wasir segera kempes.

Kulit manggis

Kulit manggis juga bisa menjadi cara mengobati ambeien secara alami. Kulit manggis juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh karena kulit manggis kaya akan xanthone yang tidak hanya berfungsi sebagai anti-oksidan juga sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, anti-plasmodial.

Turunan dari xanthone yang paling banyak terkandung pada kulit manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Kedua turunan senyawa xanthone itu diyakini bisa menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Caranya cukup mudah. Pertama keringkan kulit manggis terlebih dahulu. Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut. Kemudian minum air rebusan tersebut setiap hari.

Cocor bebek

Tanaman cocor bebek memiliki zat-zat seperti glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin yang bermanfaat sebagai anti-peradangan. Maka dari itu tanaman cocor bebek cocok digunakan sebagai cara mengobati ambeien secara alami.

Caranya yaitu, pertama-tama jemur dulu daun cocor bebek hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari. Tumbuk hingga halus kemudian seduh seperti ketika menyeduh teh. Minum air seduhan tersebut.

Daun ungu

Cara mengobati ambeien secara alami terakhir yaitu dengan menggunakan daun ungu. Daun ungu atau daun handeuleum berguna sebagai anti-peradangan yang efektif. Kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai anti-inflamasi.

Cara mengobati ambeien dengan daun ungu cukup mudah. Rebus daun ungu secukupnya sampai matang terlebih dahulu. Kemudian minum rebusan daun ungu tersebut setiap hari untuk mengempeskan benjolan atau ambeien yang terjadi.

Cara Mengobati Ambeien Luar

Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien luar.

Berendam air hangat

Cara mengobati ambeien luar pertama yaitu dengan berendam air hangat. Merendam area anus dengan air hangat bisa membantu meredakan berbagai keluhan akibat ambeien, seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus. Kamu ckup berendam selama 20 menit di air hangat. Setelahnya, keringkan daerah anus dengan lembut menggunakan handuk bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Kompres es batu

Cara mengobati ambeien luar berikutnya yaitu dengan mengompres dengan es batu. Caranya sangat mudah, bungkus es terlebih dahulu dengan kain bersih, lalu kompreslah bagian anus yang terasa sakit selama 15 menit.

Tanaman witch hazel

Tanaman witch hazel bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien luar selanjutnya. Tanaman ini dapat mengurangi rasa gatal, perih, dan nyeri akibat ambeien.

Witch hazel diketahui mengandung tanin dan minyak alami yang bisa membantu mengurangi peradangan, iritasi, dan pembengkakan pada anus akibat ambeien. Obat alami ambeien ini biasanya tersedia dalam bentuk salep atau krim yang mengandung ekstrak witch hazel.

Cara Mengobati Ambeien Tanpa Operasi

Biasanya, hal yang ditakuti jika seseorang terkena ambeien adalah operasi. Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien tanpa operasi.

Perbanyak asupan cairan tubuh

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara lain untuk mengobati ambeien atau hemorrhoid. Memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu menjaga tinja tetap lunak, serta mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit.

Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu kuat saat buang air besar.

Jangan menunda buang air besar

Menunda buang air besar dapat membuat tinja menjadi keras dan kering, sehingga memungkinkan kamu harus mengeluarkan kotoran terlalu kuat. Oleh karenanya, segeralah ke kamar mandi apabila kamu telah merasakan dorongan untuk buang air besar.

Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, dan mencegah terjadinya sembelit. Maka dari itu, dianjurkan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips dan Doa untuk Menyembuhkan Penyakit Ambeien, Jaga Pola Hidup Sehat!

Tips dan Doa untuk Menyembuhkan Penyakit Ambeien, Jaga Pola Hidup Sehat!

Selain perawatan medis, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta kesembuhan dari penyakit ambeien.

Baca Selengkapnya
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
Trik  Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Trik Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Rambut yang dicat dengan warna lebih terang daripada aslinya membutuhkan perawatan khusus. Cari tahu perawatan rambut berwarna agar warnanya tidak memudar.

Baca Selengkapnya
5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

Sambil menunggu jadwal dokter gigi, coba manfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Baca Selengkapnya
Bener Gak Sih Stres Bikin Rambut Cepat Beruban? Cari Tahu Faktanya

Bener Gak Sih Stres Bikin Rambut Cepat Beruban? Cari Tahu Faktanya

Perubahan menjadi warna abu-abu pada serat rambut merupakan hasil penurunan aktivitas melanosit.

Baca Selengkapnya