Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hindari Langsung Menyikat Gigi Selepas Makan, Tunggu 30 Menit!

Hindari Langsung Menyikat Gigi Selepas Makan, Tunggu 30 Menit! Hindari Langsung Menyikat Gigi Selepas Makan, Tunggu 30 Menit! (Foto: Shutterstock.com)

Dream - Perawatan gigi harus dilakukan teratur, minimal dua kali sehari. Mereka yang sangat rajin, bahkan menyikat gigi lebih sering. Mungkin, setelah makan atau minum minuman manis.

Tetapi dilansir dari Dental Studio, penelitian menunjukkan bahwa langsung menyikat gigi setelah makan dan minum, terutama yang bersifat asam, justru tidak dianjurkan.

Meskipun menyikat gigi setelah makan dan minum tampak lebih menyehatkan, namun jika dilakukan selepas menyantap kandungan makanan tadi malah dapat merusak gigi.

Mempercepat Proses Kerusakan Gigi

Fakta Mengejutkan tentang Gigi Rusak Orang Dewasa

Makanan dan minuman bersifat asam bisa menyerang gigi, mengikis enamel dan lapisan di bawahnya, yaitu dentin. "Menyikat gigi setelah makan dan minum dapat mempercepat proses kerusakan gigi,” kata Dr. Howard R. Gamble, presiden dari Academy of General Dentistry. Dengan menyikat gigi, kita sebenarnya mendorong zat asam lebih masuk ke dalam enamel dan dentin.

Beri Jeda 30 Menit Setelah Makan

Dalam sebuah penelitian, sekelompok relawan dipantau selama tiga minggu. Para peneliti memeriksa dampak menyikat gigi setelah mereka minum soda. Hasilnya sungguh mencengangkan.

Para peneliti menemukan fenomena kehilangan dentin yang meningkat ketika relawan menyikat gigi 20 menit setelah minum soda. Namun jika relawan menyikat gigi 30 atau 60 menit setelah minum soda, tingkat kehilangan dentin berkurang sangat drastis.

"Disimpulkan bahwa untuk melindungi permukaan dentin, setidaknya menunggu 30 menit sebelum menyikat gigi," tulis peneliti. Selain itu, untuk menghilangkan asam pada gigi, Dr. Gamble menyarankan untuk mencuci mulut dengan air biasa.

"Atau bisa menggunakan campuran penetral asam yang dibuat dari satu bagian baking soda dan delapan bagian air," jelasnya.

Cara Menyikat Gigi Behel yang Baik dan Benar

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Wajib Tahu!

Dream - Perawatan terhadap gigi sangat perlu untuk dilakukan. Gigi memiliki peran utama untuk mengunyah makanan yang masuk ke tubuh kita untuk dijadikan sumber energi.

Maka dari itu jika gigi sakit atau rusak, kamu akan mengalami kesulitan dalam mengonsumsi makanan. Salah satu cara merawat gigi yaitu dengan menyikat gigi.

Ternyata, menyikat gigi tidak asal menggosok-gosokkan sikat ke gigi. Ada cara menyikat gigi yang benar agar perawatan gigimu menjadi maksimal.

Cara menyikat gigi yang benar bukanlah hal yang sulit dilakukan. Berikut ini yaitu cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara menyikat gigi yang benar bukanlah hal yang susah untuk dilakukan. Cukup sikat gigi kamu dengan benar secara rutin makan kesehatan gigi kamu akan terjaga. Berikut ini langkah-langkah cara menyikat gigi yang benar.

- Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.

- Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

- Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.

- Ubah pola menyikat gigi jika diperlukan. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang sama membuat ada bagian gigi lain terabaikan.

- Jika menyikat gigi dimulai dari bagian geraham atas, maka sikatan akhir pada gigi geraham bawah. Durasi waktu untuk menyikat gigi seluruh bagian sekitar 2-3 menit dan baru setelah itu kumur-kumur hingga gigi bersih.

- Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi. Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik juga. Justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif. Maka dari itu, menyikat gigi secara lembut merupakan cara menyikat gigi yang benar.

- Menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif dalam membersihkan gigi. Menyikat gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi.

Cara Menyikat Gigi Behel yang Benar

 Hasil gambar untuk behel

Untuk orang-orang yang menggunakan behel, ada cara khusus untuk menyikat gigi. Berikut ini adalah cara menyikat gigi yang benar saat menggunakan behel.

- Pegang sikat setara dengan sisi gigi. Tekan perlahan dan bimbing kepala sikat menyikat gigi demi gigi, mengikuti alur gigi dan gusi.

- Tahan sikat gigi agar menyikat di tiap gigi selama kurang lebih beberapa detik sebelum beralih ke gigi lain. Dengan menggunakan sikat gigi elektrik akan mempermudah pekerjaan menyikat gigi karena tak perlu lagi menekan sikat terlalu keras atau mengusapnya.

- Jangan melewatkan gigi bagian dalam, bagian atas, dan di belakang mulut.

- Bersihkan bracket behel dengan cara menyudutkan kepala sikat ke arah bracket. Pastikan membersihkan bagian bawah dari kawat dan tak ada lagi kotoran yang menempel.

Cara Menyikat Gigi yang Benar Pada Anak

Cara menyikat gigi yang benar pada anak sama saja tekniknya dengan orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa si anak lakukan agar rutin menyikat gigi.

Contohkan cara menyikat gigi yang benar

Contohkan si anak menyikat gigi di depan cermin atau wastafel. Perlihatkan cara menyikat gigi yang benar, dan minta ia untuk meniru langkah-langkah yang kamu lakukan. Kemampuan motorik anak di usia ini memang belum optimal, jadi tak perlu memaksanya untuk menyikat gigi dengan benar.

Biarkan anak memilih sikat gigi yang ia suka

Saat berada di supermarket, tawari kepada anak beberapa pilihan sikat gigi. Sikat gigi untuk anak biasanya berwarna cerah dan dilengkapi gambar tokoh-tokoh karakter kartun. Sampaikan juga bahwa sikat gigi itu akan ia gunakan untuk menyikat giginya setiap hari agar selalu bersih dan tidak sakit

Coba Juga Cara Ini

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat halus

Sikat gigi untuk anak pun jenisnya juga macam-macam. Pilih yang bulu sikatnya paling halus dan panjangnya berbeda-beda sehingga nyaman digunakan oleh anak. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau saat bulu sikat tampak sudah tidak beraturan.

Ciptakan suasana ceria saat menyikat gigi

Bagi sebagian anak, aktivitas menyikat gigi terasa membosankan. Atasi masalah ini dengan beberapa cara, misalnya membuat cerita menggunakan sikat gigi si kecil yang bergambar kartun. Atau, nyanyikan lagu yang riang sambil menungguinya menyikat gigi agar ia makin semangat.

Pilih pasta gigi khusus untuk anak

Pasta gigi khusus untuk anak umumnya memiliki kandungan fluoride yang rendah sehingga aman bila tertelan. Gunakan pasta gigi tipis saja pada permukaan sikat gigi. Biasanya, pasta gigi untuk anak tersedia dalam aneka rasa. Bisa meminta anak untuk memilih sendiri rasa yang ia suka. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Ternyata menyikat gigi setelah bangun tidur dapat membuat gigi menjadi kurang sehat

Baca Selengkapnya
Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Ampuh dan Alami, Cukup Pakai 2 Bahan Ini

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Ampuh dan Alami, Cukup Pakai 2 Bahan Ini

Masalah perubahan warna gigi menjadi kuning seringkali membuat orang tidak percaya diri. Yuk, simak cara alami memutihkan gigi ini!

Baca Selengkapnya
Ngidam Makanan Manis Setiap Habis Makan? Ada Alasannya

Ngidam Makanan Manis Setiap Habis Makan? Ada Alasannya

Akan jadi masalah, jika kamu terus-terusan mencari makanan manis secara berlebihan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sering Langsung Tidur Setelah Sahur? Ternyata Bisa Bikin Gula Darah Naik

Sering Langsung Tidur Setelah Sahur? Ternyata Bisa Bikin Gula Darah Naik

Tidur setelah sahur sering kali menjadi kebiasaan bagi sebagian orang yang merasa kantuk setelah makan.

Baca Selengkapnya
Sakit Maag Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Karena Gigi Berlubang

Sakit Maag Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Karena Gigi Berlubang

Banyak yang tak sadar kalau masalah gigi bisa merembet ke pencernaan.

Baca Selengkapnya
5 Cara Biar Gorengan Selalu Garing, Dijamin Tahan Seharian

5 Cara Biar Gorengan Selalu Garing, Dijamin Tahan Seharian

Jangan biarkan tekstur makanan yang renyah berubah setelah dibiarkan seharian. Lakukan 5 cara sederhana.

Baca Selengkapnya
Hindari 5 Hal Biar Daging Barbeque Saat Pesta Tahun Baru Empuk dan Lezat

Hindari 5 Hal Biar Daging Barbeque Saat Pesta Tahun Baru Empuk dan Lezat

Beberapa hal sederhana bisa merusak rasa makanan yang dipanggang. Hindari kebiasaan tersebut agar rasa daging atau bahan makanan lainnya semakin lezat.

Baca Selengkapnya
5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

Sambil menunggu jadwal dokter gigi, coba manfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Baca Selengkapnya
5 Hal yang Nggak Disangka Bisa Bikin Nyeri Haid Semakin Parah, Yuk Hindari Dulu!

5 Hal yang Nggak Disangka Bisa Bikin Nyeri Haid Semakin Parah, Yuk Hindari Dulu!

Cek beberapa kebiasaan ini yang bisa bikin nyeri haid semakin parah!

Baca Selengkapnya