Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Asam Urat dengan Cepat

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 29 Oktober 2019 14:47
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dan Asam Urat dengan Cepat
Kolesterol adalah penyakit yang tidak bisa bisa diremehkan namun bisa diatasi

Dream - Menjaga kesehatan sangat penting di zaman sekarang agar aktifitas yang kita lakukan tidak terganggu. Dengan aktivitas yang begitu padat, terkadang kita lupa untuk menjaga pola hidup sehat. Salah satu akibat tidak menjaga pola hidup sehat adalah kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL). Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, asam urat, dan stroke.

Berbagai macam cara bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Berikut adalah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi dan asam urat secara alami dengan cepat.

1 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol, salah satunya dengan suplemen. Jika kamu memakai metode supplemen, kamu tidak perlu repot-repot mengubah pola hidup. Berikut adalah beberapa kandungan bahan-bahan suplemen yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Ekstrak Daun Lotus

Daun Lotus© Pixabay

Ekstrak daun lotus sering dipakai untuk mengobati radang lambung, diare, sakit kepala, dan perdarahan setelah melahirkan.

Berdasarkan penelitian, ekstrak daun lotus juga dapat menurunkan kolesterol total dan mengurangi kadar gula darah puasa. Tanaman berkhasiat ini juga memiliki sifat anti-obesitas dan memperlambat laju metabolisme lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

L-carnitine

L-carnitine adalah asam amino yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Di dalam tubuh, L-carnitine berperan dalam pengolahan lemak dan produksi energi. Dalam dosis tertentu, L-carnitine dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan berpotensi memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Conjugated Linoleic Acid (CLA)

Conjugated linoleic acid (CLA) yang disebut juga asam linoleat, secara alami terdapat dalam daging hewan. Asam linoleat dipercaya memiliki efek menurunkan berat badan dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan suplemen sebagai cara menurunkan kolesterol, pastikan mengonsumsinya sesuai dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, serta penderita penyakit kronis harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen. Disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan manfaat dan efek samping suplemen yang akan kamu gunakan.

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol bisa juga dengan menerapkan pola hidup sehat. Tidak hanya menurunkan kolesterol, pola hidup sehat juga bisa membuat badan lebih kebal terhadap berbagai jenis penyakit.

Berikut adalah beberapa cara menurunkan kolesterol dengan pola hidup sehat.

Olahraga

Galang Dana, Pria Inggris Ikut Lari Maraton Sambil Berpuasa© MEN

Olahraga adalah cara menurunkan kolesterol yang paling efektif. Selain dapat menurunkan kolesterol, olahraga juga bisa membuat badan tetap bugar. Disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit selama lima kali seminggu, untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengurangi kadar kolesterol.

Hindari Rokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, hindarilah kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh.

Kontrol Berat Badan

3 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet© MEN

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya yaitu menjaga berat badan ideal. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Cara menurunkan kolesterol berikutnya yaitu memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL).

Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Pengganti Nasi, Telur Mampu Menurunkan Berat Badan© MEN

Memilih makanan rendah lemak bisa menjadi cara menurunkan kolesterol. Jika kamu memiliki masalah kolesterol, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. kamu bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu.

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, terasa panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah.

Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko, berkembangnya penyakit asam urat.

Asam urat bisa dihilangkan dengan pola hidup yang sehat. Selain itu, kamu bisa menghindari beberapa makanan penyebab asam urat. Selain asam urat, makanan berikut juga bisa membuat kolesterol tinggi.

Jeroan

Ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

Makanan Laut (seafood)

Seafood dan daging© MEN

ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Apalagi lobster sangat tidak baik penderita kolesterol dan asam urat, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Dalam 85 gram lobster terkandung 125 mg kolesterol.

Daging

Jeroan dan Daging Hewan© MEN

Penderita asam urat dan kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi asupan daging. Berbagai jenis daging, terutama daging merah, memiliki kandungan purin dan kolesterol yang tinggi.

Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol© Pixabay

Asam urat dan kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berat jika ditambah minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang. Selain itu, bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi sumber penyakit. Berikut adalah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi dengan obat.

Statins

Statins adalah salah satu obat yang paling banyak digunakan oleh penderita kolesterol tinggi agar selalu sehat dan tidak mengalami komplikasi. Statins adalah jenis blocker yang akan membuat hati tidak memproduksi kolesterol dalam junlah banyak.

Bile-Acid-Binding Resins

Obat ini juga berguna untuk membantu tubuh menyerap kolesterol yang jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh. Obat juga membuat tubuh memproduksi cairan empedu dari kelebihan kolesterol yang diproduksi oleh hati.

Cholesterol Absorption Inhibitors

Obat ini bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tinggi yang efektif karena akan membatasi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh dari usus. Dengan obat ini, penyerapan akan rendah, sehingga gangguan di pembuluh darah tidak terjadi.

Obat Injeksi

Beberapa dokter juga menggunakan obat injeksi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan cepat. Obat ini dipakai untuk orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan tidak mempan menggunakan obat jenis Statins.

(Andrawira Diwiyoga/ Sumber: Liputan6 dan Merdeka)

Beri Komentar