Cara Pilih Sport Bra Sesuai dengan Payudara

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 19 Oktober 2021 08:12
Cara Pilih Sport Bra Sesuai dengan Payudara
Sport bra menjadi sangat penting untuk kaum wanita yang ingin memulai rutinitas ini.

Dream – Perubahan pola hidup sehat dikalangan masyarakat menjadi tren semenjak pandemi COVID-19.

Mulai dari berolahraga, mengatur pola makan, hingga gaya hidup sehat menjadi senjata baru untuk bertahan di tengah perkembangan virus yang cepat bermutasi.

Ada banyak rintangan untuk memulai pola hidup sehat seperti bangun pagi jika ingin mendapatkan waktu terbaik berolahraga. Untuk itu, dibutuhkan motivasi yang tinggi dalam melakukannya.

Salah satu caranya adalah dengan pakaian olahraga yang sesuai. Terlepas dari legging atau baju olahraga pada umumnya, sport bra menjadi sangat penting untuk kaum wanita yang ingin memulai rutinitas ini.

Dilansir dari Fustany, tanpa bra olahraga yang tepat, maka usahamu dalam menjalankan pola hidup sehat akan sia-sia. Oleh sebab itu, kami akan membahas cara memilih sport bra yang sesuai dengan payudara dan kebutuhan.

1 dari 5 halaman

Ukuran payudara

Ketika memilih bra olahraga yang tepat, Sahabat Dream harus mengetahui dan memahami ukuran payudara dengan baik. Bentuk payudara tidak menjadi penting karena fokus pada pemberian dukungan dan ketahanan agar payudara tidak meregang, terkulai atau elastis dengan sendirinya.

Seseorang harus mengenakan bra olahraga yang dapat menopang volume dan ukuran payudara sepenuhnya.

Untuk payudara yang lebih kecil, ini berarti bra harus memiliki bahan dan ketebalan yang baik. Untuk wanita berdada besar, butuh banyak pertimbangan seperti tali yang tebal.

Ada dua jenis bra yang perlu dipertimbangkan: bra kompresi yang membungkus dada dengan erat, serta bra enkapsulasi dengan penyangga cup individual. Jumlah dukungan yang diperlukan tergantung pada olahraga atau aktivitas yang dilakukan.

Tetapi secara umum, tidak perlu membeli bra untuk setiap olahraga berbeda.

© Dream
2 dari 5 halaman

Bra yang ideal

Hal ini tergantung pada bahan bra hingga tebal dan tipisnya. Dengan kata lain, bra bisa menahan bra sehingga tidak banyak memantul. Tujuan sport bra adalah untuk keselarasan dan posisi yang benar.

Meski tidak bisa dihindari, gerakan payudara mungkin dibatasi dengan bantuan bra olahraga.

Ada beberapa indikatorl lain tentang seberapa baik bra akan menopang payudara. Tali pengikat sangat penting, jika membutuhkan lebih banyak dukungan, cari tali yang tebal. Tali ini akan membantu menopang berat payudara.

Selain mempertimbangkan bahan dan tali bra, bagian belakang bra juga dapat membantu menahan payudara dan memberikan dukungan ekstra. Perlu diingat bahwa olahraga dengan intensitas rendah seperti yoga, pilates, berjalan, atau peregangan, tidak memerlukan banyak kriteria.

Sementara olahraga dengan intensitas menengah seperti jalan cepat, bersepeda, angkat beban hingga olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari, aerobic, dan menari, membutuhkan lebih banyak kriteria.

3 dari 5 halaman

Jenis bra apa yang sesuai?

Perhatian: jenis bra tidak terbatas pada apa yang direkomendasikan, tetapi jika memikirkan gaya bra tertentu pastikan itu sesuai dengan olahraga yang dilakukan.

Ilustrasi© shutterstock

1. Compression sports bra

Bra olahraga ini paling standar dan cocok untuk yoga, pilates, hiking, atau olahraga di gym. Ini sangat direkomendasikan untuk wanita dengan payudara besar, sebab membatasi gerakan payudara sebanyak mungkin.

Paling direkomendasikan untuk cup D-DD dan seterusnya. Mereka memberikan kontrol gerakan yang hebat untuk payudara dan tidak memerlukan usaha.

2. Crisscross sports bra

Jenis bra ini memberikan dukungan yang lebih kuat dan memiliki desain yang unik. Ini sangat baik digunakan saat berlari, menari, atau aerobic. Paling direkomendasikan untuk cup C-D. Ukuran yang lebih kecil mungkin terasa tidak sepenuhnya ditopang.

© Dream
4 dari 5 halaman

3. Encapsulation sport bra

Tipe bra ini memiliki cup yang sudah dirancang khusus dan sangat bagus untuk olahraga intensitas tinggi karena memberikan banyak dukungan. Namun, wanita dengan payudara yang lebih besar sering kali merasa tidak nyaman dengan bra ini.

Paling direkomendasikan untuk cup A-C.

Ilustrasi© shutterstock

4. Racerback sport bra

Bra ini memberikan dukungan yang sangat baik untuk olahraga intensitas tinggi. Paling direkomendasikan untuk cup A-D. Artinya, hampir bisa dikenakan oleh semua orang dengan memeriksa kecocokan ukuran.

5 dari 5 halaman

5. Pullover

Ini adalah tanktop dengan built-in cup dan lapisan elastis di bagian bawah. Ideal untuk yoga dan hiking karena tidak memberikan banyak dukungan. Oleh sebab itu, harus dihindari oleh wanita berdada besar.

Mereka tidak memberikan banyak dukungan tetapi menyediakan cakupan yang besar. Paling direkomendasikan untuk cup A-C. Lebih ideal untuk mereka yang berdada kecil karena memiliki bantalan untuk mengontrol payudara.

Wah, ternyata kita tidak bisa asal pilih sport bra ya, Sahabat Dream. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan gambaran jenis bra apa yang harus dibeli agar semakin semangat saat berolahraga.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

© Dream
Beri Komentar