Daftar Asupan yang Mudah Memicu Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 31 Mei 2019 07:43
Daftar Asupan yang Mudah Memicu Jerawat
Coba dulu hindari makanan ini agar jerawat mereda.

Dream - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat dihindari dan umum dialami oleh banyak orang. Apalagi di momen hari raya, kamu pasti ingin tampil lebih segar ketika bersilaturahmi.

Biasanya, jerawat disebabkan oleh bakteri, hormon, pori-pori yang tersumbat, peradangan, dan produksi sebum maupun keratin. Meskipun jerawat mudah diatasi, masih banyak yang sangat sulit menemukan cara yang tepat untuk menghilangkannya.

Mungkin kamu salah satu yang lebih rentan berjerawat dan belum menemukan perawatan yang tepat. Salah satu cara yang perlu dicoba adalah menghindari makanan yang menyebabkan jerawat. Apa saja makanan tersebut?

1. Cokelat manis

Cokelat mengandung kadar gula dan lemak tinggi yang dapat menyebabkan produksi sebum berlebih. Makanan manis ini juga menyebabkan peradangan yang memicu beruntusan. Jadi, hindari mengonsumsi terlalu banyak cokelat.

2. Kopi

Biji kopi mengandung zat asam yang dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol juga dikenal sebagai hormon stres dan dapat menyebabkan peradangan serta meningkatkan produksi sebum di kulit. Jadi, kulitmu akan berjerawat jika mengonsumsinya terlalu banyak.

1 dari 3 halaman

Produk Susu

3. Manisan Buah

Tidak seperti buah-buahan segar, manisan buah terbukti cukup berbahaya bagi kesehatan karena mengandung karbohidrat olahan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Ini berarti bahwa mengonsumsi manisan buah dapat menyebabkan kadar gula meningkat drastis dan menimbulkan jerawat pada kulit.

 Lemak Susu Bikin Gemuk?

4. Produk susu

Mengonsumsi produk olahan susu secara berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi susu atau es krim secara rutin, empat kali lebih berpotensi memiliki jerawat.

Hal tersebut dikarenakan susu dapat meningkatkan kadar insulin. Susu sapi dapat menyebabkan jerawat karena mengandung asam amino untuk merangsang hati agar menghasilkan lebih banyak IGF-1, yang tidak baik untuk kulit.

2 dari 3 halaman

Makanan kaya karbohidrat

5. Gula halus dan biji-bijian

Roti dan pasta dari tepung putih atau minuman manis adalah makanan yang harus dihindari. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin serta menyebabkan beruntusan.

 Teknik Agar Olahan Pasta Menjadi Lebih Nikmat

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan banyak gula, 30 persen lebih berpotensi untuk berjerawat. Karbohidrat olahan yang cepat diserap ke dalam aliran darah dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat drastis dan membuat wajahmu berjerawat.

3 dari 3 halaman

Makanan Gurih

6. Makanan yang mengandung Omega-6

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-6 dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan potensi timbulnya jerawat. Minyak jagung dan minyak kedelai adalah beberapa makanan yang mengandung banyak lemak omega-6.

Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 dalam tubuh dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan beruntusan.

 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Junk Food

7. Makanan cepat zaji

Makanan berminyak dan gurih seperti kentang goreng dan burger terasa sangat lezat. Tapi, makanan cepat saji menyebabkan kerusakan kulit. Penelitian membuktikan bahwa diet tinggi lemak meningkatkan risiko munculnya jerawat sebesar 43 persen.

Penelitian lain menyatakan bahwa makan burger atau sosis meningkatkan risiko berjerawat sebesar 24 persen.

Meskipun mengonsumsi makanan ini dalam jumlah sedang masih aman untuk kesehatan, lebih baik menghindarinya agar wajahmu tidak berjerawat.

Sumber: Misskyra

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa