Fungsi Kolagen untuk Kesehatan

Reporter : Irma Suryani
Sabtu, 9 April 2016 15:01
Fungsi Kolagen untuk Kesehatan
Buah yang mengandung kolagen tinggi adalah jambu biji dan kiwi

Dream - Kolagen merupakan salah satu protein penyusun tubuh manusia yang kadarnya 30% dari seluruh protein yang ada di dalam tubuh. Kolagen membantu pembentukan tulang, sendi, gigi dan otot serta kulit.

Seseorang yang kekurangan kolagen akan mengalami masalah kesehatan. Penyakit parah yang mengancam seseorang kekurangan kolagen adalah gangguan sirkulasi darah yang berefek ke jantung hingga bisa mengalami stroke.

Berikut ini fungsi kolagen untuk kesehatan tubuh:

Otak

Kolagen mendukung nutrisi pada otak, jika jaringan kolagen menipis, masa saraf kranial pada otak tidak mendapatkan nutrisi. Sehingga sering pusing, pelupa dan kehilangan memori, sampai insomnia.

Gigi

Fungsi lain dari Kolagen yaitu memberikan kekuatan pada gigi. Seseorang yang kekurangan kolagen akan kekurangan kalsium pada gigi, menyebabkan gigi gampang lepas dan rentan terkena sakit gigi.

Tulang

Kolagen juga memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan kalsium pada tulang. Kolagen menjadi lem perekat agar tulang bisa menyatu dengan sendi. Jagalah kesehatan tulang dengan mengonsumsi kolagen.

Otot

Otot polos di saluran kemih, organ reproduksi serta otot jantung dan otot rangka merupakan tempat ditemukannya serat kolagen. Serat kolagen ini mempunyai fungsi untuk memperkuat otot dan strukturnya agar kelangsungan otot dapat terjaga setiap harinya.

Tapi jika seseorang kekurangan kolagen, maka yang terjadi adalah bisa mengalami nyeri punggung, bahu kesemutan, menghambat daerah refleks, kontraksi otot sangat minim, hingga kehilangan energi. (Ism) 

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair