Hindari Masalah Pencernaan Selama Puasa dengan Cara Ini

Reporter :
Kamis, 23 Mei 2019 17:13
Hindari Masalah Pencernaan Selama Puasa dengan Cara Ini
Beberapa makanan dan kebiasaan makan bisa dengan mudah memicu mual, lambung perih hingga lemas.

Dream - Bagi beberapa orang yang memiliki riwayat masalah pencernaan, penting untuk mewaspadai asupan makanan saat berpuasa.

Beberapa makanan dan kebiasaan makan bisa dengan mudah memicu mual, lambung perih hingga lemas.

Demi menjaga kondisi kesehatan pencernaan, coba terapkan trik berikut selama berpuasa. Dijamin, masalah pencernaan bisa dihindari.

1. Perbanyak konsumsi serat
Peran serat sangat penting untuk percernaan. Sifatnya yang membantu menyerap air membuat feses menjadi lunak. Selain itu, serat dapat meningkatkan kemampuan gerak peristaltik usus.

Makanan pun menjadi mudah dicerna di dalam saluran pencernaan dan terhindar dari gangguan sembelit. Untuk memenuhi kebutuhan serat ini, kamu bisa mendapatkannya dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Asupan cairan harus tetap terpenuhi selama bulan puasa. Pastikan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Pembagiannya adalah 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas pada malam hari sampai menjelang tidur malam.

 

1 dari 1 halaman

Makanan yang Direkomendasikan

3. Kurangi makanan tinggi lemak
Makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Jika makanan terus menempuk dalam jumlah banyak, maka mudah muncul keluhan sakit perut atau perut kembung. Sebaiknya perbanyak konsumsi lemak sehat seperti makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon, tuna, atau avokad.

 3 Cara Seru Mengolah Avokad Jadi Sajian Nikmat

4. Konsumsi probiotik secara rutin
Probiotik adalah bakteri baik yang dapat mendukung sistem pencernaan karena mampu menekan bakteri buruk di dalamnya. Konsumsilah probiotik lewat yoghurt atau tempe.

5. Hindari makanan olahan
Saat beduk azan magrib, sebaiknya hindari konsumsi makanan olahan yang banyak mengandung pengawet dan lemak jenuh yang bisa timbulkan gangguan pada pencernaan, seperti peradangan pada usus.

(Sah, Sumber: Liputan6)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida