Inilah Benda Paling Kotor di Rumah

Reporter : Ramdania
Minggu, 23 Agustus 2015 11:03
Inilah Benda Paling Kotor di Rumah
Tak disangka, sarang kuman berada di dekat kita dan selalu kita pegang.

Dream - Rumah Anda mungkin saja selalu terlihat bersih, tetapi benarkah demikian? Tidak peduli berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk membersihkan setiap sudut dan celah, kuman masih dapat berkembang biak di tempat yang mungkin paling tidak diharapkan.

" Sesederhana kedengarannya, kebersihan adalah pangkal kesehatan yang mencegah kita mendapat serangan penyakit," kata Manar Alkassar, managing director Helpling, perusahaan penyedia layanan kebersihan di Timur Tengah, seperti dikutip dari Gulf News, Minggu, 23 Agustus 2015.

Alkassar kemudian menunjukkan beberapa tempat yang paling kotor di sekitar kita dan bagaimana membersihkannya.

Wastafel dapur

Wastafel dapur mungkin bisa lebih kotor dari toilet. Kebanyakan orang membersihkan toilet dengan cairan khusus tapi untuk wastafel dapur, mereka hanya membilas dengan air dan sabun saja.

Partikel makanan yang tertinggal di piring yang terendam dalam air menjadi tempat berkembang biak berbagai macam bakteri penyebab penyakit, termasuk bakteri E. coli dan salmonella. Mereka dapat menyebar melalui tangan atau makanan.

Apa yang harus dilakukan?

Bersihkan wastafel secara teratur untuk mencegah penyebaran bakteri dengan menggunakan larutan pembersih dan air. Jika perlu gunakan isopropil alkohol (alkohol) untuk membersihkan permukaan wastafel dapur.

Sikat gigi

Anda menggunakan sikat gigi dua kali sehari dan membilasnya setiap setelah menggunakannya untuk menjaganya agar tetap lembab. Bakteri berkembang pada permukaan yang basah. Kuman dapat dengan mudah mencapai sikat gigi, apakah dari mulut Anda atau udara di sekitar.

Selain itu, setiap kali Anda menyiram toilet, tetesan air yang terkontaminasi bakteri dan virus menciprat ke udara. Cipratan halus ini melayang di kamar mandi untuk setidaknya dua jam sebelum mendarat di permukaan, termasuk sikat gigi Anda.

Apa yang harus dilakukan?

Tutup penutup toilet sebelum pembilasan dan letakkan sikat gigi di tempat yang kering dan ada udara, tidak terlalu dekat dengan toilet. Anda juga harus mengganti sikat gigi secara teratur, terutama setelah Anda sakit.

Remote TV

Remote TV mungkin barang yang paling sering disentuh secara bersama-sama di rumah. Remote jatuh ke lantai, tergeletak di antara bantal sofa dan boneka, terkena cipratan air saat batuk dan bersin, dan sebagainya. Semua orang di rumah menyentuhnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa permukaan remote TV adalah salah satu tempat paling berkuman di rumah.

Apa yang harus dilakukan?

Lap remote TV dengan pemutih atau alkohol. Juga, mencuci tangan secara teratur untuk melindungi diri terhadap kuman yang menempel di remote TV.

Keyboard komputer

Anda mungkin makan, bersin, dan batuk di depan komputer atau Anda mengizinkan orang lain untuk menggunakannya. Papan ketik atau keyboard komputer bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan. Para peneliti menemukan bahwa keyboard dapat terkontaminasi dengan sejumlah bakteri berbahaya seperti bakteri E. coli.

Apa yang harus dilakukan?

Selalu mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan komputer Anda. Jika makan atau minum di depan komputer, pastikan Anda mengelap permukaan keyboard dengan pemutih atau alkohol menggunakan tisu. Jangan lupa untuk mengelap mouse juga.

" Anda juga dapat mengambil langkah-langkah dasar untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari penyakit yang bisa menyebar di rumah Anda, seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, pastikan menggosok tangan untuk tidak kurang dari 20 detik dan merawat daerah antara jari-jari dan di bawah kuku," kata Alkassar.

Hindari menyentuh wajah, mata dan mulut setelah Anda telah menyentuh benda di tempat-tempat umum, katanya.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie