Jangan Anggap Sepele, Yuk Kenali & Deteksi Penyakit Jantung Koroner

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 28 September 2021 18:12
Jangan Anggap Sepele, Yuk Kenali & Deteksi Penyakit Jantung Koroner
Penyakit ini bisa menyerang tanpa melihat batasan usia.

Dream - Sudah bukan rahasia lagi jika jantung koroner adalah penyakit yang cukup mematikan buat manusia. Bahkan, penyakit ini diklaim berbagai lembaga kesehatan sebagai penyebab kematian tertinggi di berbagai negara.

Untuk di Indonesia sendiri, berdasarkan Riskesdas tahun 2018, 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit ini.

Penyakit jantung koroner ini juga nggak melulu diderita orang-orang kelompok usia tua, kelompok usia muda di bawah 40 tahun juga rentan akan penyakit ini. Sangat disayangkan bukan jika ketika berada di usia produktif harus bergelut dengan penyakit ini?

Oleh sebab itu, bagaimana pun, penyakit jantung koroner ini tidak boleh dianggap sebagai hal sepele. Sedini mungkin, agaknya kita harus tahu tentang penyakit ini. Terutama dalam hal mengenai mendeteksi penyakit ini.

Tapi sebelum membahas tentang penyakit ini lebih jauh, mari kita ketahui apa itu jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) adalah kondisi ketika pembuluh darah jantung tersumbat timbunan lemak.

Semakin banyak lemak menumpuk, arteri koroner semakin menyempit dan membuat aliran arah ke jantung berkurang.

Nah, agar lebih waspada, ada baiknya kita untuk mengetahui gejala PJK ini lebih dini. Jadi, yuk kita simak beberapa gejala umum dari penyakit jantung koroner di bawah ini yang dilansir dari laman Halodoc.com.

1 dari 3 halaman

Nyeri Dada

Ilustrasi© shutterstock

Gejala umum yang ditimbulkan dari penyakit jantung koroner adalah nyeri dada atau biasa disebut angina. Rasa nyeri ini dikarenakan jantung dalam kondisi kekurangan oksigen. Bahkan rasa nyeri ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain seperti area bahu, leher, atau punggung.

Nyeri dada ini biasanya timbul karena dipicu aktivitas fisik yang tertalu berat. Bisa juga karena stres atau pun dalam kondisi pikiran yang sedang tidak stabil.

Sesak Napas

Dampak selanjutnya ketika jantung dalam kondisi kekurangan oksigen adalah munculnya rasa sesak napas. Hal ini dikarenakan jantung tidak dalam kondisi yang normal. Sesak napas ini biasanya kerap terjadi bebarengan dengan gejala nyeri di awal.

Keringat Dingin

Pada dasarnya hal yang diakibatkan jantung koroner ini adalah pembuluh darah yang semakin sempit yang pastinya akan menghambat aliran darah kaya oksigen ke jantung.

Hal ini seringkali membuat tubuh mengeluarkan keringat dingin dan juga rasa mual.

Gagal Jantung

Penderita jantung koroner bisa mengalami gagal jantung secara tiba-tiba dan kapan saja. Hal ini dikarenakan jantung sudah sangat lemah sehingga tidak mampu memompa darah keseluruh badan.

Semakin lemahnya jantung bekerja ini bisa menyebabkan penumpukan cairan pada paru-paru dan menyebabkan kita semakin susah bernapas. Gagal jantung bisa terjadi secara tiba-tiba atau bertahap, yaitu berkembang seiring berjalannya waktu.

2 dari 3 halaman

Ikut webinar kami, yuk!

Beberapa gejala di atas tersebut sangat tidak bisa dianggap sebagai hal sepele dan dipandang sebelah mata. Segera lakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter jika kamu merasakan beberapa gejala tersebut. Dan, lebih cepat lebih baik.

Nah, Halodoc sebagai layanan konsultasi kesehatan yang terpercaya akan mengadakan webinar seputar penyakit jantung koroner ini. Webinar yang bertema " Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner" akan dilakukan pada Kamis, 30 September 2021 pada pukul 11.00-12.00 WIB.

Webinar tersebut akan diisi dr. Victor Giovannie Xaverison Rooroh, SpJP yang mana adalah dokter spesialis jantung dan penyakit dalam dan ada Novita yang merupakan sport enthusiast. Jadi, kamu akan langsung bertemu dengan ahlinya dalam webinar ini.

 

3 dari 3 halaman

Begini caranya!

Buat kamu yang ikut dalam webinar ini, maka kamu akan tergabung dalam WAG (WhatsApp Grup) khusus. Nah, di sana kamu bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter ahli di bidangnya.

Ini adalah kesempatan emas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Lagian cara ikut webinar ini juga mudah banget, kamu bisa langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti webinar di tautan berikut ini.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Halodoc di Playstore atau Appstore sekarang juga. Pokoknya jangan sampai terlewat, ya!

Beri Komentar