Lihat Bercak atau Garis Putih Pada Kuku, Waspadalah!

Reporter : Puri Yuanita
Minggu, 17 April 2016 09:03
Lihat Bercak atau Garis Putih Pada Kuku, Waspadalah!
Jika tanda-tanda tersebut tidak hilang dalam jangka waktu yang lama, maka sudah saatnya kita harus hati-hati.

Dream - Salah satu bagian tubuh yang sering mendapat perhatian adalah kuku. Selain sebagai 'hiasan' tubuh, kuku ternyata bisa berfungsi sebagai alat pendeteksi penyakit sejak dini.

Ada beberapa tanda pada kuku yang menjadi sinyal jika telah terjadi sesuatu yang akan mengakibatkan kesehatan akan terganggu.

Saat memperhatikan kuku, kita kadang melihat adanya bercak putih atau garis-garis yang jelas. Tanda-tanda ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun jika tanda-tanda tersebut tidak hilang dalam jangka waktu yang lama, sudah saatnya kita harus hati-hati. Itulah waktunya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Leukonikia adalah istilah untuk menyebut kondisi kuku yang penuh dengan bercak putih atau garis-garis yang tidak hilang dalam jangka waktu lama. Munculnya leukonikia ini menjadi pertanda bahwa kuku dan tubuh Anda ada masalah.

Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuh ketika Anda melihat bercak putih atau garis-garis pada kuku.

1. Kekurangan protein atau seng

Jika muncul garis putih tunggal yang meluas sampai ke ujung kuku, mungkin merupakan pertanda kuku kekurangan protein. Atau jika ada garis-garis pada kuku, tubuh Anda mungkin kekurangan seng, senyawa logam yang biasanya ditemukan dalam tubuh manusia.

2. Infeksi kuku karena jamur

Bercak-bercak putih pada kuku dapat menunjukkan adanya kutil, jamur, dan eksim, yang bisa memengaruhi kuku juga. Jika bercak-bercak putih atau garis-garis muncul di kuku kaki, itu artinya ada jamur di kuku.

3. Penyakit liver, ginjal atau anemia

Dalam kasus yang jarang, perubahan kuku juga menjadi pertanda munculnya penyakit berat seperti sirosis dan hepatitis.

4. Sarkoidosis

Bercak putih kecil di kuku bisa juga menjadi salah satu dari tujuh tanda Anda terkena sarkoidosis - penyakit yang memengaruhi kulit, paru-paru, dan organ lainnya.

5. Masalah kelenjar tiroid

Ketika kuku tiba-tiba lembek dan memiliki bintik putih, itu adalah kondisi yang dikenal sebagai Kuku Plummer. Nah, Anda harus tahu bahwa ini mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah dengan kelenjar tiroid - hipotiroidisme. Jika garis lebih rendah pada kuku itu berarti penyakit ini ditemukan pada tahap awal.

6. Alergi

Anda mungkin alergi terhadap beberapa jenis cat kuku, pembersih cat kuku atau bahan kimia lainnya.

(Sumber: elitereaders.com)

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis