Kebiasaan 'Sepele' Ternyata Merusak Gigi Anak

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 23 September 2016 18:08
Kebiasaan 'Sepele' Ternyata Merusak Gigi Anak
Akibatnya banyak yang mengalami karies gigi, atau lebih sering disebut dengan gigi berlubang.

Dream - Permasalahan kesehatan gigi dan mulut pada anak seringkali terabaikan. Kebanyakan anak-anak suka mengonsumsi makanan yang manis dan tidak menyikat gigi secara rutin. Akibatnya banyak yang mengalami karies gigi, atau lebih sering disebut dengan gigi berlubang.

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pasamaan Barat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 1.600 siswa sekolah dasar di Kab. Pasaman Barat, Selasa 20 September 2016..Hasil pemeriksaan cukup mengejutkan! sekitar 63,8% anak menderita karies gigi.

" Mengingatkan anak-anak akan pentingnya kesehatan gigi mereka memang sulit, namun sosialisasi akan hal itu harus terus dilakukan," kata Budi Susilawati, HMD. Kep Seksi Prom.Kes Kab. Pasaman Barat. " Anak-anak itu suka malas menggosok gigi," tambahnya.

Menyadari anak-anak perlu didampingi dalam masa pertumbuhan, JAPFA mengadakan kegiatan Kampanye Gizi JAPFA4Kids. Rangkaian kegiatan ini ditujukan untuk mengingatkan anak-anak akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

" Sebagai generasi penerus, anak harus dibekali dengan pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan demi mendukung tumbuh kembang mereka. Kami ingin mendampingi penerus Indonesia melalui kegiatan yang terintegrasi,"  ujar R. Artsanti Alif, VP Head of Public Relations PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dalam keterangan tertulis, Jumat 23 September 2016.

Sehari sebelumnya, anak-anak mendapatkan pembekalan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gizi Seimbang, dan P3K dalam pelatihan Dokter Kecil. Pada materi PHBS anak-anak juga diingatkan akan pentingnya menyikat gigi secara teratur dan bagaimana cara menggosok gigi yang benar.

Setelah pemeriksaan kesehatan, setiap anak juga mendapatkan Buku Rapor Kesehatanku yang berisikan informasi kesehatan untuk anak di sekolah dasar. Buku yang dikemas dengan gambar dan bahasa yang sederhana memberikan pengetahuan kesehatan dengan menarik untuk anak-anak.

 

Beri Komentar