CONNECT WITH US!

Kisah Haru Orang Tua Perokok dengan Tenggorokan Berlubang

Reporter : Amrikh Palupi | Rabu, 30 September 2015 07:00
Mendiang Robby, Pejuang Anti Rokok
Orang tua Robby, perokok yang tenggorokannya berlubang karena kanker laring, sempat marah dan malu.

Dream - Masih ingat dengan Robby Indra Wahyuda (27), perokok yang tenggorokannya berlubang karena terserang kanker laring? Siapa sangka ajakannya yang tersebar luas di dunia maya sempat ditentang kedua orang tuanya.

Elansyah Jamhari, ayah Robby menceritakan dirinya sempat marah ketika mengetahui anaknya yang berusia 27 tahun itu terserang kanker. Alasannya, penyakit itu menjadi aib yang seharusnya hanya diketahui keluarga.

" Kami sempat marah ketika ia mengunggah fotonya saat operasi ke Facebook dan ia menjadi sensasi media sosial," kata Elansyah ditemui di peluncuran layanan Masyarakat Tembakau, di gedung Anex Building, Thamrin Jakarta Pusat, Selasa 29 September 2015.

Baca: Perokok dengan Leher Berlubang Wafat

Seiring berjalan waktu dan penjelasan Robby, hati kedua orang tua itu pun luluh.

Mendiang Robby, kata Elansyah, mengatakan ingin mengajak orang lain untuk tidak mengikuti jejaknya yang merokok usia muda. Dia juga bertekad takkan ada lagi Robby-Robby lain yang menderita sepertinya.

" Ini adalah syiar yang baik untuk kawan-kawan di Indonesia," tambah Elansyah.

Tersadar dengan perjuangan anaknya, kini kedua orang tua Robby juga ikut membantu mengkampanyekan bahaya merokok.

" Ini adalah bagian tugas kami untuk perjuangannya," tuturnya.

Lewat kampanye ini, Elansyah berharap bisa mematahkan niat anak muda yang ingin memulai merokok. Sekaligus mengajak para perokok untuk menghentikan kebiasannya.

Baca: Derita Selama 4 Tahun Tenggorokan Berlubang

" Kami ingin menyelamatkan nyawa mereka dan mencegah orang lain merasakan duka akibat kehilangan anak tersayang mereka karena penyakit yang ditimbulkan oleh rokok," tambahnya.

 

Terry Prihatin Dengan Keadaan Pekerja Seni di Indonesia