10 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah, Asam Urat, Rambut, dan Kesehatan Lainnya

Reporter : Sugiono
Rabu, 11 September 2019 09:48
10 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah, Asam Urat, Rambut, dan Kesehatan Lainnya
Banyak sekali manfaat cuka apel dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah 10 manfaat cuka apel untuk wajah, asam urat, rambut, dan kesehatan lainnya.

Dream - Manfaat cuka apel telah dirasakan sejak zaman dahulu. Cuka apel adalah jus apel yang sudah mengalami fermentasi.

Banyak sekali manfaat cuka apel dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat cuka apel di antaranya untuk wajah, mengatasi jerawat, dan menghaluskan rambut.

Manfaat cuka apel lainnya yaitu untuk diet, kulit, dan meredam asam urat. Orang-orang juga mendapatkan manfaat cuka apel untuk kesehatan.

Sebagian manfaat cuka apel untuk kesehatan di antaranya adalah menurunkan kadar gula darah dan mengatasi diabetes.

Masih banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian orang.

Cuka apel merupakan bahan alami yang memiliki kandungan berbagai mineral dan senyawa lainnya.

Beberapa bahan penting dalam cuka apel adalah fosfor, kalium, magnesium, natrium, tembaga, zat besi, vitamin B, C dan asam sitrat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat cuka apel untuk wajah, asam urat, rambut, dan kesehatan lainnya.

10 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah, Asam Urat, Rambut, dan Kesehatan Lainnya

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

 3 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Wajahmu

Manfaat cuka apel untuk wajah cukup banyak. Karenanya, cuka apel bisa dijadikan sebagai pengganti untuk mencuci wajah.

Tidak seperti sabun yang mengandung bahan kimia, cuka apel adalah pembersih wajah alami tanpa efek samping.

Meski begitu, sebelum menggunakan cuka apel ke wajah untuk pertama kalinya, pastikan melakukan uji coba.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi reaksi alergi jika kulit terkena cuka apel. Caranya dengan menepuk-nepukkan cuka apel pada kulit di belakang telinga, dan biarkan selama 15 menit.

Jika terjadi reaksi alergi pada kulit, maka hentikan penggunaan cuka apel. Namun jika tidak terjadi apa-apa, maka manfaat cuka apel untuk wajah aman bagi kulit.

Berikut ini manfaat cuka apel untuk wajah yang jarang diketahui.

  1. Cuka Apel untuk Melawan Jerawat

    Manfaat cuka apel untuk wajah adalah untuk melawan jerawat. Bila mengalami masalah wajah berjerawat, cuka apel bisa menjadi salah satu bahan untuk membuat kulit jadi mulus kembali. Ini karena cuka apel bisa menjaga keseimbangan pH kulit. Manfaat cuka apel untuk jerawat adalah dengan cara mengolesi kulit menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan cuka apel yang diencerkan. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

  2. Cuka Apel untuk Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak

    Manfaat cuka apel lainnya adalah untuk mengatasi kulit kering dan berminyak. Kandungan cuka apel bisa mengembalikan pH kulit sehingga menjadi tidak terlalu kering maupun terlalu berminyak. Selain itu, kandungan antioksidan, kalium, kalsium serta serat dalam cuka apel bagus untuk kulit. Caranya dengan membua toner dari cuka apel. Caranya, cairkan cuka apel dengan air menggunakan perbandingan 1:2. Kemudian semprotkan ke wajah agar kulit lebih normal.

  3. Cuka Apel untuk Mengurangi Flek Hitam

    Manfaat cuka apel selanjutnya adalah untuk mengurangi flek hitam di wajah akibat penuaan. Caranya, cukup dengan mencuci muka tiap hari dengan cuka apel. Asam hidroksi yang terkandung di dalam cuka apel dapat menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru.

  4. Cuka Apel untuk Mengatasi Keriput

    Keriput dan garis-garis halus di wajah bisa diminimalkan atau bahkan dihilangkan dengan cuka apel. Sahabat Dream tak perlu cuci muka. Manfaat cuka apel untuk mengatasi keriput ini bisa didapat dengan hanya mengoleskannya sedikit ke bagian keriput dan kerut halus di wajah.

Demikian tadi manfaat cuka apel untuk wajah, mulai dari melawan jerawat, mengurangi flek hitam hingga mengatasi keriput. Selanjutnya, adalah manfaat cuka apel untuk asam urat.

1 dari 3 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat

 Manfaat cuka apel untuk meredam asam urat

Tidak disangka, salah satu manfaat cuka apel yang jarang diketahui adalah untuk meredakan asam urat.

Asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh.

Salah satu manfaat cuka apel adalah dipercaya bisa meredakan asam urat ini. Seperti diketahui, cuka apel bersifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit yang dialami para penderita asam urat.

Jika ingin mendapatkan manfaat cuka apel untuk meredakan asam urat, kamu hanya perlu meminum satu sendok makan cuka apel bersama air hangat tiap hari.

2 dari 3 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

 Manfaat cuka apel untuk rambut

Salah satu manfaat cuka apel untuk rambut adalah menghaluskan rambut. Selain itu, manfaat cuka apel lainnya adalah membunuh ragi yang menyebabkan ketombe di rambut.

Cuka apel kaya dengan vitamin yang mampu mengatur minyak berlebih yang merupakan penyebab rambut lepek serta berketombe. Jika rambut berminyak, cuka apel bisa jadi jawabannya.

Manfaat cuka apel untuk rambut ini bisa diperoleh dengan membuat larutan cuka apel untuk rambut. Caranya, larutkan cuka apel ke air hangat dengan perbandingan 1:4. Setelah rambut dicuci bersih dengan shampoo, gunakan larutan ini sebagai pembilas terakhir.

3 dari 3 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Lainnya

 Manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya

Seperti dijelaskan sebelumnya, cuka apel juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan.

Namun kali ini Dream hanya akan menampilkan 6 manfaat cuka apel untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

  1. Cuka Apel untuk Memutihkan Gigi

    Tren memutihkan gigi secara instan tengah digandrungi banyak orang. Namun cara tersebut mengandung banyak risiko karena menggunakan zat kimia. Salah satu manfaat cuka apel adalah untuk memutihkan gigi. Karena itu, jika kamu ingin gigi putih alami, cobalah pakai cuka apel. Caranya dengan berkumur setiap pagi, dijamin gigi kamu putih dan terhindar dari bakteri mulut.

  2. Cuka Apel untuk Menurunkan Kadar Gula Darah dan Mengatasi Diabetes

    Manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi diabetes tipe 2. Diabetes tipe ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah, baik itu karena resistensi insulin maupun ketidakmampuan untuk memproduksi insulin. Cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menjaga kadar gula darah.

  3. Cuka Apel untuk Diet dan Mengurangi Lemak Perut

    Manfaat cuka apel untuk diet bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut. Mengonsumsi cuka apel akan membuat kita merasa kenyang, sehingga kita akan makan sedikit kalori dan membuat timbangan badan turun.

    Dalam sebuah studi yang dilansir dari Health Line, 175 penderita diabetes mampu menurunkan berat badan dan lemak perut mereka dengan mengonsumsi cuka apel. Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal tentu saja harus diikuti dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

  4. Cuka untuk Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Manfaat cuka apel untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian pada tikus laboratorium menemukan bahwa cuka apel dapat menurunkan kolesterol dan kadar trigliserin. Hal ini secara otomatis akan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, cuka apel mampu mengurangi tekanan darah pada tikus, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan ginjal. Meski masih dalam tahap penelitian pada hewan, tidak menutup manusia bisa mendapatkan manfaat cuka apel untuk kesehatan ini.

Demikian tadi 10 manfaat cuka apel untuk wajah, asam urat, rambut, dan kesehatan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya