Daftar Khasiat Bayam, Sayuran yang Bikin Popeye Jadi Kuat

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 19 Agustus 2019 17:48
Daftar Khasiat Bayam, Sayuran yang Bikin Popeye Jadi Kuat
Salah satu sayuran yang paling banyak digemari oleh masyarakat adalah sayur bayam. Yuk kenali manfaat dari sayur bayam berikut ini.

Dream – Penggemar serial kartun Popeye pasti tahu menu rahasia yang membuat karakter pelaut kartun itu menjadi kuat? Sebelum beraksi melawan para musuh, Popeye akan menyantap sayur bayam yang biasanya disimpan dalam kaleng.

Di dunia nyata, sayur bayam memang sangat populer sebagai salah satu bahan hidangan makanan. Sayuran ini juga bisa ditemukan di supermarket ataupun pasar tradisional.

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat familiar bagi hampir semua elemen masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Memiliki bama latin Amaranthus spp, sayur bayam ternyata berasal dari Amerika Serikat loh Sahabat Dream.

Sayur bayam tergolong ke dalam jenis sayuran yang aman untuk dikonsumsi sekaligus kaya nutrisi. Kementerian Kesehatan RI menyatakan sayur bayam yang mentah memiliki berbagai vitamin serta mineral didalamnya.

Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur bayam diantaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niacin hingga beta-karoten. Dengan fakta tersebut, tidak heran jika sayur bayam memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran akan manfaatnya? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Sayur Bayam: Menjaga Kesehatan Mata

 Manfaat Sayur Bayam, Bisa Menjadi Popeye?

Manfaat sayur bayam yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan mata kalian. Hal ini dikarenakan sayur bayam mengandung Lutein, antioksidan serta Zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi mata terhadap munculnya katarak dan degenerasi makula (ARMD) pada usia lanjut.

Kandungan Zeaxanthin sendiri merupkan salah satu karotenoid penting yang mampu diserap ke dalam makula lutena retina pada mata. Dengan fakta tersebut membuat kandungan ini berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam mata.

Sayur bayam juga mengandung beta-karoten serta vitamin A yang sangat tinggi. Kedua kandungan tersebut telah dikenal sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan pada mata.

2 dari 5 halaman

Manfaat Sayur Bayam: Mencegah Kanker

 Manfaat Sayur Bayam, Bisa Menjadi Popeye?

Bayam juga dianggap memiliki khasiat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kemampuannya ini berasal dari kandungan Fitonutrien serta Flavonoid yang sangat tinggi. Dua zat ini memiliki sifat berupa antikanker.

Tahukah kalian? Sayur bayam terbukti secara efektif mampu untuk mencegah timbulnya kanker prostat yang semakin agresif pada seseorang.

Kandungan nutrisi penting lain dari bayam adalah zat klorofil yang sangat tinggi. Zat ini sangat efektif untuk menahan efek karsinogenik yang berasal amina heterosilik.

Sebuah penelitian menunjukkan jika adanya perlambatan pertumbuhan sel tumor pada wanita uang telah memiliki tumor di serviksnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sayur Bayam: Mengatasi Tekanan Darah

 Manfaat Sayur Bayam, Bisa Menjadi Popeye?

Bagi kalian yang tengah menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi sayur bayam. Dengan mengonsumsi sayur bayam, kalian akan terbantu dalam menjaga keseimbangan kadar Na-K melalui turunnya kadar kalium di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, sayur bayam juga mengandung vitamin C yang berpenting menurunkan tekanan darah tinggi. Sayur bayam juga bisa mengurangi risiko terkena stress pada sistem kardiovaskular.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sayur Bayam: Memperkuat Otot

 Manfaat Sayur Bayam, Bisa Menjadi Popeye?

Nah, ada yang pernah melihat serial kartun Popeye? Jika iya, tentu saja kalian tahu ketika Popeye mengonsumsi sayur bayam maka otot di lengannya akan terbentuk. Ternyata, hal tersebut tidak hanya berlaku di serial kartun saja loh Sahabat Dream.

Salah satu manfaat sayur bayam adalah memperkuat otot yang ada di tubuh kalian. Tidak hanya di lengan ataupun perut, bayam juga mampu mengencangkan otot jantung loh.

Mengapa demikian? Sayur bayam memiliki kandungan senyawa yang sangat dibuhtkan untuk membantu kinerja otot di dalam tubuh. Senyawa tersebut yaitu koenzim Q-10 (C0-Q10) yang berfungsi sebagai antioksidan serta mampu untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan fungsinya tersebut otot di tubuh terutama, otot jantung, menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tidak hanya itu saja, senyawa koenzim ini juga mampu untuk mencegah terkena penyakit gagal jantung, jantung koroner serta hipertensi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sayur Bayam: Menjaga Kesehatan Kulit

 Manfaat Sayur Bayam, Bisa Menjadi Popeye?

Manfaat sayur bayam yang selanjutnya adalah mampu untuk membantu menjaga kesehatan kulit terutama pada wajah. Bayam ternyata memiliki sejumlah nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit pada tubuh serta kulit pada wajah.

Salah satu permasalahan kulit yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sayur bayam adalah jerawat. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E serta vitamin K inilah yang memiliki peranan penting dalam mengatasi permasalah di kulit wajah.

Tidak hanya itu saja, sayur bayam juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Pasalnya, selain memiliki kandungan vitamin yang telah disebutkan sebelumnya, sayur bayam juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi.

Vitamin B inilah yang mampu untuk melindungi kulit dari bahaya efek paparan sinar ultraviolet tersebut. Dengan terlindunginya kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet, kulit kalian juga akan terlindungi dari gejala penuaan dini serta munculnya noda hitam hingga bekas jerawat yang membandel.
 
 
(Sah, Sumber: honestdocs dan hellosehat)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie