Alami Masalah Kulit Saat Hamil, Ini Cara Atasinya

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 24 November 2016 07:16
Alami Masalah Kulit Saat Hamil, Ini Cara Atasinya
Memang masalah ini akan hilang setelah melahirkan, Tapi ada cara untuk mencegah dan meminimalisirnya efeknya.

Dream - Perubahan fisik dan hormon selama kehamilan efeknya akan sangat terlihat pada kulit. Pada awal kehamilan di trimester pertama, Bunda mungkin belum terlalu terlihat. Biasanya perubahan kulit akan sangat tampak di trimester tiga hingga melahirkan.

Beberapa masalah yang sering muncul saat hamil adalah stretch marks, spider nevi dan varises. Biasanya beberapa hari setelah melahirkan, masalah kulit ini akan hilang dengan sendirinya.

Meski lazim dialami para ibu hamil, bukan berarti Bunda berpangku tangan. Berikut cara mencegah dan meminimalisirnya:

1. Stretch marks
Biasanya diawali dengan tanda merah atau putih pada kulit dan paling sering ditemukan pada payudara, perut, dan paha atas. Pemicunya adalah serat kulit yang patah karena perubahan tubuh terjadi sangat cepat saat kehamilan.

Untuk mencegahnya, perbanyak minum air putih dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Gunakan juga minyak atau krim di seluruh tubuh setiap malam. Dengan kondisi kulit yang lembap dan tubuh terhidrasi, risiko serat kulit patah bisa dihindari.

2. Varises
Varises merupakan pembesaran pembuluh darah dan membuat pembuluh menonjol dan terlihat bisa berupa warna merah atau biru kehijauan. Keluhan ini sering terjadi saat kehamilan karena dipengaruhi hormon.

Hormon menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga mereka dapat membawa lebih banyak darah. Untuk mencegahnya, hindari duduk dengan menyilangkan kaki atau berdiri untuk waktu yang lama. Berolahraga juga sangat dianjurkan agar sirkulasi darah tetap sehat.

3. Spider nevi
Spider nevi ini mirip dengan varises, yaitu dipicu pelebaran pembuluh darah. Namun spider nevi terjadi pada pembuluh darah kecil yang terletak tepat di bawah permukaan kulit. Efeknya pembuluh darah akan terlihat di kulit seperti laba-laba, berwarna merah muda. Setelah melahirkan spider nevi ini akan hilang dengan sendirinya.

(Sah/Sumber: Health Line)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya