Pentingnya Terus Memantau Berat Badan Bayi Baru Lahir

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 5 Desember 2016 12:30
Pentingnya Terus Memantau Berat Badan Bayi Baru Lahir
Normalnya, bayi kehilangan 5 sampai 9 persen berat badannya setelah seminggu dilahirkan.

Dream - Berat badan yang terus naik pada bayi baru lahir jadi hal yang sangat krusial. Hal ini karena berat badan merupakan panduan untuk mengetahui apakah nutrisi yang didapatkan bisa terserap dengan baik atau tidak.

Pemberian gizi dan nutrisi ini akan jadi 'modal' bagi pertumbuhan fisik dan otak bayi. Setelah dilahirkan ada kecenderungan berat badan bayi akan menurun.

Normalnya, bayi kehilangan 5 sampai 9 persen berat badannya setelah seminggu dilahirkan. Tapi setelah itu, berat badan bayi harus terus naik dan jangan sampai terjadi penurunan lagi.

" Setelah seminggu, berat badan bayi akan bertambah seiring asupan ASI yang diberikan. Namun, jika berat badan bayi tak kunjung bertambah atau malah turun, orangtua perlu waspada," kata Flaherman, dari National Institutes of Health, Amerika Serikat.

Kondisi itu dapat menunjukkan bahwa bayi mungkin mempunyai masalah pencernaan, kesulitan menyusu dari payudara ibu, atau bahkan masalah kesehatan lainnya. Itulah mengapa saat pemeriksaan di puskesmas atau rumah sakit, selalu dilakukan penimbangan berat badan bayi. Terutama setelah 10 atau 14 hari dilahirkan.

Hasil berat badan bayi yang baru ditimbang akan dibandingkan dengan berat badan saat dilahirkan. Dari hasil setiap pemeriksaan berat badan bisa terlihat grafik pertumbuhan, apakah naik, stagnan atau menurun. Jika berat badan bayi turun drastis biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Untuk mengetahui apakah bayi memiliki berat badan yang normal, harus diperhatikan seberapa sering bayi buang air. Hari-hari pertama setelah dilahirkan, bayi biasanya buang air minimal sekali sehari. Lalu saat usia 5 hari, bayi buang air minimal 4 kali sehari.

Setelah itu, bayi akan buang air setidaknya 10 kali sehari selama bulan pertama. Terlepas dari itu, konsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk memantau tumbuh kembang bayi. Dokter akan memberi banyak saran seputar gizi dan nutrisi apa yang harus bayi dapatkan.

(Sumber: Baby Center)

Laporan Nanda Febriani

Baca Juga: Cara Dokter Non-Muslim Sambut Bayi yang Baru Lahir Mengagumkan Masya Allah, Foto Bayi Baru Lahir Ini Menggetarkan Dunia... Doa Ini Pelindung Bayi Baru Lahir Heboh Bayi Baru Lahir Punya Rambut Sempurna Bayi Baru Lahir Sudah Berusia 12 Tahun Ritual Unik Suku Bajo, Celupkan Bayi Baru Lahir ke Lautan Heboh Lafal `Allah` di Telinga Bayi Baru Lahir

Beri Komentar