Seram, Ini yang Terjadi Jika Tak Pernah Lepas Lensa Kontak

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 24 Maret 2015 18:08
Seram, Ini yang Terjadi Jika Tak Pernah Lepas Lensa Kontak
Memakainya selama sebulan tanpa pernah membersihkan atau menggantinya. Begitu diperiksa dokter...

Dream - Dokter di Zhejiang, Tiongkok menemukan 10 biji 'batu' protein kecil menempel di kornea seorang perempuan, yang memakai lensa kontak selama satu bulan penuh.

Menurut Tomo News dikutip Shanghaiist.com, Selasa 24 Maret 2015, perempuan itu membeli sepasang lensa kontak murahan untuk mempercantik matanya agar terlihat lebih besar. Dia memakainya selama sebulan tanpa pernah membersihkan atau menggantinya.

Perempuan ini kemudian merasa matanya gatal-gatal dan perih. Dia pergi ke rumah sakit dan setelah diperiksa, dokter menemukan kerikil protein kecil menempel di kedua kornea matanya. Batu-batu kecil itu terpaksa dilepas dengan menggunakan jarum khusus.

Kasus serupa pernah terjadi tahun lalu yang menimpa seorang gadis di Taiwan. Akibat memakai lensa kontak sekali pakai selama enam bulan penuh, kornea mata gadis menjadi sarang amuba.

Dokter menyarankan mengganti lensa kontak sekali pakai setiap hari. Selain itu, orang yang memakai lensa kontak disarankan agar berhati-hati dan sebaiknya melepasnya saat mandi, berenang atau bermain di pantai berpasir. Hal itu dilakukan untuk menghindari kornea mata menjadi sarang amuba.

Amuba yang tak terlihat mata telanjang itu bisa menyebabkan kerusakan mata permanen bahkan kebutaan. (Ism) 

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian