Studi: Tukang Mendengkur Lebih Cepat Pikun

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 17 April 2015 06:46
Studi: Tukang Mendengkur Lebih Cepat Pikun
Orang yang mendengkur keras saat tidur bakal mengalami penurunan daya ingat lebih cepat 10 tahun.

Dream - Peringatan bagi siapapun yang tidur sambil mendengkur. Kalangan peneliti menemukan kebiasaan mendengkur bisa jadi awal pertanda penyakit demensia.

Para peneliti telah menemukan jika orang yang mengalami masalah pernapasan ketika tertidur biasa bisa terpapar penurunan daya ingat dan fungsi otak lainnya.

Dalam studi yang cukup mengkhawatirkan ini, seseorang yang tidur dengan mendengkur keras rata-rata bisa terkena penurunan mental satu dekade lebih cepat.

Lebih parah lagi, penelitian ini melaporkan serangan Alzheimer bahkan bisa terjadi lebih cepat.

" Pola bernapas yang tak normal saat tidur seperti mendengkur keras hal umum bagi kalangan tua," kata salah satu peneliti dari New York University, Dr Richard Osorio seperti dikutip laman Dailymail, Jumat, 17 Jumat 2015.

Penelitian sendiri dilakukan terhadap rekaman kesehatan dari 2.470 orang berusia antara 55 sampai 90 tahun.

Hasil investigasi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologi ini menemukan penderita masalah pernapasan kala tidur terpapar gangguan kognitif pada usia 77 tahun.

Sementara mereka yang tak mengalami masalah pernapasan biasa tidak mengalami gangguan serupa sampai usia 90 tahun, atau satu dekade lebih lama.

Diantara sampel yang diteliti, mereka yang memiliki masalah penapasan kala tidur juga menghadapi perkembangan penyakit Alzheimer lima tahun lebih cepat, atau pada usia 83 tahun. (Ism)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie