Tidur di Ruangan Dingin Bisa Bakar Kalori

Reporter : Kusmiyati
Selasa, 2 Februari 2016 17:02
Tidur di Ruangan Dingin Bisa Bakar Kalori
Para peneliti mengatakan tidur dengan suhu dingin membakar kalori lebih dari tujuh persen dari ruangan yang hangat.

Dream - Untuk mewujudkan keinginan memiliki tubuh ideal, ternyata tidak perlu sampai mengeluarkan dana besar. Cukup dengan tidur.

Studi baru yang dilakukan oleh National Institute of Health Clinical Center yang dikutip Womenshealthmag, Selasa 2 Febuari 2016 suhu saat tidur dapat membakar kalori.

Penelitian ini melibatkan 31 orang dengan kondisi sehat. Suhu ruangan dijaga pada 24 derajat Celcius. Suhu ini disebut suhu netral. Yang berarti tubuh tidak perlu bekerja untuk menghasilkan atau menghilangkan panas.

Suhu tersebut kemudian dikurangi menjadi 19 derajat Celcius pada bulan kedua dan dinaikkan kembali menjadi 24 derajat Celcius pada bulan ketiga. Pada bulan keempat, suhu dinaikkan lagi menjadi 27 derajat Celcius.

Para peneliti pun menemukan tidur dengan suhu dingin membakar kalori lebih dari tujuh persen dari ruangan yang hangat.

" Hal ini terjadi karena tubuh bekerja meningkatkan suhu tubuh inti agar stabil," kata penulis studi dari National Institute of Diabetes dan Pencernaan dan Penyakit Ginjal, Francesco Saverio Celi. 

Ketika suhu ruangan nyaman dijaga maka kalori yang terbakal sebanyak 100 kalori selama 24 jam.

" Jika ingin mencoba menurunkan beberapa kilogram, tidak ada salahnya untuk mengecilkan suhu sebelum tidur. Pastikan tidak menggunakan selimut tebal atau piyama hangat," tambah Francesco.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam