Tips Sederhana Bersihkan Perhiasan Mahal

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 6 Desember 2015 12:02
Tips Sederhana Bersihkan Perhiasan Mahal
Perhiasan hendaknya dirawat dengan baik agar warnanya tidak berubah menjadi kusam dan pudar. Cara membersihkannya pun harus dengan cara yang tepat, sehingga tidak merusak kemilau dari perhiasan itu.

Dream - Perhiasan selalu lekat dengan dunia perempuan karena dapat menunjang penampilan mereka. Selain lebih menarik, perhiasan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri pada kaum wanita.

Tapi hendaknya, perhiasan dirawat dengan baik agar warnanya tidak berubah menjadi kusam dan pudar. Cara membersihkannya pun harus dengan cara yang tepat, sehingga tidak merusak kemilau dari perhiasan itu sendiri.

Seperti yang disarankan oleh Anuj Sharma yang dikutip dari Times of India, salah satu pakar perhiasan dari India ini memberi tips sederhana merawat perhiasan agar tetap berkilau.

Pertama, gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air. Kemudian tuangkan sabun dengan kandungan ringan untuk membersihkan perhiasaan. Saat perhiasan tidak dikenakan, pastikan simpan di tempat yang kering dan tidak lembab.

Usahakan menyimpan perhiasan berharga dalam sebuah kotak. Hal itu bertujuan agar perhiasan aman dari bahan kimia, alkohol parfum dan lotion yang berbentuk krim.

Dan yang paling penting adalah memisahkan perhiasan perak, emas, berlian dan batu permata di kotak terpisah. Pastikan juga melepas semua perhiasan saat berenang. Air kolam renang dapat mengakibatkan perhiasan berubah warna.

Gunakan vodka untuk membersihkan berlian yang mahal. Sedangkan untuk perak dapat dibersihkan dengan menggunakan campuran arang dan deterjen.

Selain cara-cara di atas, perhiasan dapat dibersihkan dengan cara direbus dalam air panas dengan campuran baking soda dan selembar kertas foil. Terakhir yang paling murah dan praktis adalah dengan menggunakan sikat gigi lembut. Cara ini sangat efektif membersihkan ukiran-ukiran perhiasan yang sangat kecil. (Ism) 

Beri Komentar