Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Viral Ibu Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan, Ketahui Faktanya

Viral Ibu Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan, Ketahui Faktanya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Kasus hamil misterius yang menimpa seorang wanita di Cianjur sukses gegerkan publik. Pasalnya, janda anak satu itu mengaku tidak sedang hamil namun melahirkan dalam waktu satu jam.

Siti Zainah (25), warga Desa Sukapura, Cianjur, Jawa Barat tengah bersantai di rumahnya ketika merasakan hal ganjil pada alat kelaminnya.

Perutnya mendadak sakit setelah merasakan adanya angin masuk hingga ke dalam rahim. Siti juga mengalami perut yang kembang-kempis selama 15 menit sebelum pada akhirnya melahirkan bayi perempuan.

Namun faktanya, kehamilan tak bisa terjadi hanya dalam satu jam. Kasus serupa bisa terjadi apabila sang ibu tak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung atau disebut cryptic pregnancy.

Dikutip dari Alodokter, cryptic pregnancy bukan merupakan fenomena langka. Terdapat 1 dari 400 wanita tidak mengetahui dirinya hamil hingga usia kandungan 5 bulan atau lebih.

Bahkan 1 dari 2.500 wanita bahkan tidak tahu ia hamil hingga akan melahirkan. Sekitar 10-15% kasus cryptic pregnancy yang dipengaruhi oleh gangguan kepribadian atau gangguan jiwa.

Selain cryptic pregnancy, ada juga yang disebut denial pregnancy. Hal ini terjadi ketika calon ibu menyangkal bahwa dirinya sedang mengandung.

Tanda-tanda Kehamilan yang Samar

Gangguan siklus menstruasi dapat menyebabkan wanita tidak curiga ketika dirinya terlambat datang bulan. Sebagian wanita juga tidak mengalami morning sickness atau mual-mual ketika hamil.

Tanda-tanda kehamilan samar dapat terjadi karena rendahnya kadar hormon kehamilan atau hormon hCG. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena keunikan genetik hingga kelainan kromosom pada janin.

Selain itu, wanita bisa tidak menyadari bahwa perutnya membesar karena sedang hamil. Penderita obesitas, hingga orang yang kerap mengalami naik-turun berat badan mungkin saja tidak menyadari tanda kehamilan.

Selain itu, letak plasenta juga dapat memengaruhi tanda kehamilan. Plasenta yang terletak di sisi depan rahim dapat menyebabkan ibu tak mengalami gerakan janin di usia kehamilan 18-20 minggu.

Bukan Hal Baru

Kasus serupa juga pernah terjadi di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada 2020 lalu. Seorang wanita bernama Heni Nuraeni mengaku mengandung dan melahirkan anaknya hanya dalam waktu 1 jam.

Dokter kebidanan dan penyakit kandungan di Rumah Sakit Singaparna, Asep Taslim, menilai bukan sebagai hal aneh. Menurut dia, kasus serupa bisa terjadi dalam skala 400 banding 1.

"Bisa saja karena ketidaksiapan secara psikologis, si ibu tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Di sini juga banyak kasus yang seperti itu, saat kontrol tahunya sudah usia kandungan 9 bulan dan siap melahirkan," ujar Asep, dikutip dari Ayobandung.

Kronologi Wanita di Cianjur Mengaku Tak Hamil Satu Jam Langsung Melahirkan

Dream - Sebuah fenomena aneh di Desa Sukapura, Cianjur, Jawa Barat menggemparkan warganet. Seorang wanita mengaku hamil tanpa melakukan hubungan intim.

Wanita berstatus janda bernama Siti Zainah (25) itu menceritakan kejadian yang menimpanya pekan lalu. Ia mengaku tiba-tiba hamil dalam waktu 1 jam.

Hal ini tentu menjadi misteri lantaran wanita hamil biasanya membutuhkan waktu 9 bulan hingga melahirkan.

Pada saat itu Siti Zainah tengah bersantai di rumahnya. Ia kemudian merasakan ada angin masuk melalui kemaluannya dalam posisi tengkurap.

Siti Zainah

Perutnya seketika terasa sakit selama 15 menit dan membesar layaknya sedang hamil. Tak berselang lama, perutnya kembang-kempis tanpa diketahui penyebabnya.

"Kayak ada yang masuk ke dalam rahim, sakit. Setelah itu mulai buncit tapi sempat rata lagi, buncit lagi, selama 15 menit," ujar Siti dalam tayangan YouTube Wa Kucir Official.

Melahirkan Bayi Perempuan

Janda satu anak itu kemudian mendatangi Puskesmas Cidaun untuk memeriksa perutnya. Hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa dirinya tengah mengandung.

Siti merasakan perutnya sakit seperti hendak melahirkan. Ia kemudian melewati proses bersalin dan melahirkan bayi mungil berjenis kelamin perempuan.

Meski tidak tahu apa yang terjadi, Siti Zainah menerima bayi itu dan berjanji akan merawatnya. Hingga saat ini para Siti dan warga sekitar masih tidak mengetahui penyebab kejadian aneh tersebut.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya
Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Semakin banyak anak yang sakit di musim hujan. Ketahui penyebab dan cara cegahnya agar anak tetap sehat.

Baca Selengkapnya
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Bila ibu hamil merasa frekuensi buang air kecil sangat menganggu dan disertai demam dan nyeri, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon

Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon

Jangan ragu untuk minta bantuan profesional ketika mengalami masalah emosi yang sangat menganggu saat hamil.

Baca Selengkapnya
Tanda Keputihan yang Tak Normal,  Jangan Disepelekan

Tanda Keputihan yang Tak Normal, Jangan Disepelekan

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada perempuan, namun perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis keputihan, yaitu normal dan abnormal.

Baca Selengkapnya
Viral Pernikahan Mewah di Jepara, Seserahan Lemari Jati Hingga Mobil Dipajang di Tempat Hajatan

Viral Pernikahan Mewah di Jepara, Seserahan Lemari Jati Hingga Mobil Dipajang di Tempat Hajatan

Viral Nikahan Mewah di Jepara, Seserahan Lemari Jati Hingga Mobil Dipajang di Tempat Hajatan

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya