Waspadai Penyebab Penyakit Pikun atau Alzheimer

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 22 September 2015 06:01
Waspadai Penyebab Penyakit Pikun atau Alzheimer
Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer.

Dream - Tanggal 21 September ditetapkan sebagai hari peringatan Alzheimer sedunia, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang Alzheimer dan Demensia atau penyakit yang membuat ingatan seseorang menurun drastis. Lewat momentum ini, masyarakat diajak untuk mengenal risiko penyakit yang menyerang daya ingat seseorang ini.

Dilansir dari laman Boldsky, banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer. Hal ini sangat penting untuk diketahui semua orang, agar mereka menyadari dan mampu mendeteksi sejak dini seberapa besar kemungkinan untuk mendapatkan penyakit ini.

1. Umur
Bertambahnya usia merupakan faktor pemicu Alzheimer yang paling umum. Seseorang berisiko tinggi terkena Alzheimer di saat usia 65 tahun. Pada beberapa kasus langka, Alzheimer ditemukan pada usia 40-50 tahun.

2. Faktor Genetik
Orang tua yang menderita Alzheimer bisa menjadi penyebab utama risiko Alzheimer pada sang anak. Meskipun baru akan terjadi pada usia yang lebih tua lagi.

3. Gender
Perempuan lebih berisiko untuk mengalami Alzheimer ketimbang laki-laki. Umur dan hormon menjadi penyebab utama terjadinya hal tersebut.

4. Trauma Kepala
Jika mengalami trauma kepala berat atau trauma kepala berulang sepanjang hidup Anda, itu bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit Alzheimer. 

5. Gaya Hidup
Rokok, hubungan sosial yang buruk dan kurangnya olahraga meningkatkan risiko terserang penyakit Alzheimer.

6. Kerusakan Kognitif Ringan
Jika Anda memiliki masalah dengan memori, bahasa, pemikiran dan cara mengambil keputusan itu merupakan tanda-tanda dari kerusakan kognitif ringan.

7. Paparan Logam dan Aluminium
Bekerja dengan banyak terkena paparan zat kimia dan logam pada tubuh, membuat Anda harus segera mewaspadai terkena Alzheimer.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen