Mengulas Semua Hal Penting Seputar Kesuburan dan Program Bayi Tabung

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 25 Juni 2021 19:49
Mengulas Semua Hal Penting Seputar Kesuburan dan Program Bayi Tabung
Acara ini digelar Malaysia Healthcare & Sunfert International Fertility Centre.

Dream – Program hamil (promil) jadi agenda pasangan suami istri (pasutri) kebanyakan pasca menikah. Terlebih, buat mereka yang telah menanti keturunan bertahun-tahun. Kesuburan kedua calon orangtua ini pun jadi concern utama ketika memutuskan untuk promil.

Mulai dari cek kesuburan hingga bayi tabung jadi hal yang akan dipapari para medis dalam promil.

Pihak medis pun tak sungkan memberi edukasi soal bayi tabung atau IVF (In Vitro Fertilization) buat para pasutri yang ingin coba melakukan bayi tabung. Sebab, untuk menjalani hal tersebut tidak sembarang proses yang dilakukan. Semua butuh tahapan yang wajib dijalankan baik calon ibu maupun ayah.

Agar pesan edukasi yang disampaikan pihak medis, Malaysia Healthcare mengemas informasi-informasi terkait IVF (In Vitro Fertilization) atau bayi tabung ini lewat webinar series yang diberi judul Fertility Talk bersama Malaysia Healthcare, yang mana tiap seriesnya akan mengangkat tema berbeda-beda.

Tema itu meliputi kesuburan, sistem reproduksi hingga IVF (In Vitro Fertilization) atau Bayi Tabung.

Berkolaborasi antara Malaysia Healthcare dengan Sunfert International Fertility Centre, Kuala Lumpur yang merupakan rumah sakit spesialis bayi tabung dan salah satu dari 74 rumah sakit anggota MHTC, webinar series juga menggandeng komunitas PCOS Fighter Indonesiayang merupakan komunitas PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) terbesar di Indonesia dan cukup aktif dalam meningkatkan kesadaran mengenai PCOS untuk hidup yang lebih baik lagi.

Dalam seminar ini Dr. Eeson Sinthamoney selaku dokter spesialis Bayi Tabung dari Sunfert International Fertility Centre, Kuala Lumpurmenjelaskan bagi pasangan yang mengalami PCOS dan belum diberi keturunan jangan berkecil hati karena masih ada harapan dengan teknologi IVF (In Vitro Fertilization)atau bayi tabung.

“ Kehamilan bisa dilakukan dengan adanya pembuahan sel telur sperma dan dilakukan di luar tubuh di dalam sebuah tabung, jika sel sudah siap maka akan dimasukan kembali ke rahim,” kata dokter Eeson.

1 dari 3 halaman

Buat para pejuang PCOS

Webinar series;Fertility Talk bersama Malaysia Healthcare© Malaysian Health Care

Selain proses Bayi tabung Eeson juga menjelaskan kiat-kiat sukses dalam proses bayi tabung.

“ Tentunya proses pembuahan bayi tabung amat ditentukan kondisi fisik kedua pasangan, maka proses awal yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi kesehatan masing-masing pasangan, apakah ada riwayat penyakit, ataupun kendala, sehingga semuanya dilakukan dalam kondisi prima dan steril, kondisi fisik juga menentukan keberhasilan bayi tabung,” jelasnya.

Untuk yang didiagnosis PCOS, Eeson menjabarkan bahwa dengan perawatan medis yang tepat masih bisa memiliki peluang hamil, tentunya pasangan suami istri harus bersama-sama menjaga kesehatan, makan teratur dan bergizi.

2 dari 3 halaman

Usia calon ibu perlu diperhatikan

Webinar series;Fertility Talk bersama Malaysia Healthcare© Malaysian Health Care

Selain itu, umur pasangan juga dapat menentukan keberhasilan bayi tabung, idealnya usia wanita yang ingin melakukan bayi tabung adalah umur 23-39 tahun.

Sehingga dapat dikatakan presentasi keberhasilannya cukup tinggi dengan kisaran umur tersebut.

Farah Delah Suhaimi selaku Director Market Development Indonesia juga menjelaskan, kerjasama yang dilaksanakan Malaysia Healthcare dan Sunfert International Fertility Centreini merupakan pertama kalinya menggandeng komunitas PCOS dan memiliki rangkaian kerjasama berkelanjutan untuk memberikan edukasi melalui webinar series.

3 dari 3 halaman

Mau ikut webinar seriesnya?

Kerjasama ini juga merupakan komitmen Malaysia Healthcare untuk dapat memberikan edukasi serta informasi mengenai bayi tabung, apalagi Malaysia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki keunggulan perawatan bayi tabung.

“ Program bayi tabungmerupakan salah satu layanan kesehatan unggulan di Malaysia dengan tingkat keberhasilan rata-rata satu dari dua pasien bisa tercapai karena dukungan  pusat perawatan kesuburan dan IVF dengan teknologi terbaru serta dokter dan ahli embriologi yang sangat berpengalaman,” kata Farah.

Webinar series;Fertility Talk bersama Malaysia Healthcare© Malaysian Health Care

Memaksimalkan program itu, Farah juga mengungkapkan bahwa Malaysia juga menerima peningkatan yang cukup signifikan untuk perawatan kesuburan terutama dari negara Indonesia, China, Vietnam dan Myanmar.

“ Ini meyakinkan langkah Malaysia untuk menjadi Pusat Kesuburan Reproduksi di Asia,” tutup Farah.

Buat Sahabat Dream yang ingin mengikuti Webinar series ini kamu bisa ikuti jadwal webinar di Instagram @medtourismmy.id atau WhatsApp ke 0819 0898 9386 atau 0812 8971 0029.

Tenang, para peserta dapat mengikutinya secara gratis.

Beri Komentar