4 Langkah Kecil Memulai Gaya Hidup Berkelanjutan yang Ramah Lingkungan, Yuk Coba

Reporter :
Kamis, 19 Agustus 2021 06:12
4 Langkah Kecil Memulai Gaya Hidup Berkelanjutan yang Ramah Lingkungan, Yuk Coba
Meski sulit, tapi jika dilakukan perlahan kamu akan bisa terapkan secara keseluruhan.

Dream - Pandemi Covid-19 membuka pandangan banyak orang tentang pola hidup yang lebih sehat. Meski kasus positif masih cukup mencemaskan, wabah dari virus Sar-CoV-2 ini juga membuat kita menyadari pentingnya menjalani hidup yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Kehadiran virus yang kabarnya berawal dari kelelawan dan bermutasi ke manusia ini membuta banyak orang semakin menyadari pentingnya memperhatian kelestarian bumi dan lingkungan di sekitar.

Sementara dalam hal kebiasaan hidup, kehadiran virus ini juga membuat kita berusaha membawa peralatan makan sendiri demi meminimalisasi penyebaran Covid-19. Paling tidak untuk diri sendiri. 

Langkah-langkah kecil ini merupakan salah satu langkah awal untuk menjalani hidup yang berkelanjutan. 

Menjalani gaya hidup berkelanjutan sama saja dengan hidup ramah lingkungan dan membuat lingkungan di sekitar terjaga, dimulai dari diri sendiri.

Saat bekerja dari rumah tanpa sadar kita sudah mulai melakukan beberapa gaya hidup berkelanjutan, salah satunya mengurangi polusi udara karena jarang menggunakan kendaraan untuk berpergian.

1 dari 4 halaman

Sulit tapi perubahan kecil di depan mata

Walau bagi sebagian orang memulai gaya hidup berkelanjutan terbilang sulit, kenyataannya dengan melakukan perubahan kecil dalam hidup, kita sudah bisa mulai melakukan gaya hidup berkelanjutan.

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan juga tidak memerlukan biaya besar, bahkan kita bisa menghemat pengeluaran. Mulai dari menghemat listrik, hingga biaya kemasan saat sedang berbelanja.

Untuk Sahabat Dream yang masih awam tentang gaya hidup berkelanjutan, berikut beberapa langkah awal untuk memulainya.

 

2 dari 4 halaman

1. Hemat energi listrik

Ilustrasi© shutterstock

Menghemat energi listrik merupakan langkah awal yang bisa banget kamu lakukan. Kamu bisa mematikan lampu atau beberapa benda lain yang membutuhkan listrik, saat tidak digunakan.

Saat bekerja di rumah di tengah teriknya matahari kamu bisa untuk menunda menyalan AC dan bekerja sambil menikmati angin dari luar.

Mulailah dengan membuka jendela, matikan lampu, serta biarkan udara masuk melalui jendela bersamaan dengan cahaya matahari yang dapat memberikan penerangan alami.

3 dari 4 halaman

2. Menggunakan Lagi Koleksi Lama

Kamu bisa menggunakan kembali barang-barang yang kamu dapatkan belanja atau jajan online. Contohnya menggunakan kembali jar plastik bekas makanan yang kamu dapatkan, bisa dicuci lalu digunakan kembali untuk hal lain.

Selain itu, biasakan selalu membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik.

Ilustrasi© shutterstock

3. Belanja yang dibutuhkan

Jika kamu memang ingin menjalani gaya hidup berkelanjutan, kamu harus bisa membeli sesuatu hanya yang dibutuhkan saja.

Misalnya ketika sedang berbelanja pakaian, jangan mudah tergoda dengan diskon dan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

4 dari 4 halaman

4. Membawa botol minum dan peralatan makan sendiri

Ilustrasi© shutterstock

Kebiasaan orangtua yang suka membawakan bekal untuk kita di sekolah dengan tempat makan yang lucu jadi acuan untuk hidup berkelanjutan.

Hal ini bisa banget kamu lakukan setiap hari, kamu bisa membawa bekal dengan tempat makan dan botol air minum yang kamu miliki.

Kedua hal tersebut idak hanya bisa membantu kamu memulai gaya hidup berkelanjutan. Namun, bisa juga meminimalisir kamu terkena virus COVID-19.

Sumber: Times of India

Beri Komentar