290 Situs Bersejarah Rusak Akibat Perang Suriah

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 24 Desember 2014 07:02
290 Situs Bersejarah Rusak Akibat Perang Suriah
Salah satu peninggalan yang dilaporkan mengalami kerusakan adalah Masjid Ummayah di Aleppo. PBB mendesak adanya upaya perlindungan situs-situs bersejarah itu.

Dream - Kehancuran. Itulah salah satu dampak peperangan. Dan itu pula yang tengah dialami oleh ratusan situs bersejarah di Suriah, negara yang tengah dilanda perang saudara.

Menurut United Nations Institute for Training and Research (UNITAR), setidaknya terdapat sekitar 290 situs bersejarah di negara pimpinan Bashar Al Asaad itu hancur akibat perang. Peninggalan sejarah yang hancur itu terpantai melalui satelit.

Suriah memang menjadi gudang peninggalan bersejarah di Timur Tengah. Salah satunya yang terkenal adalah Masjid Ummayah di Aleppo. Namun masjid itu kini hancur akibat konflik yang sudah berlangsung tiga tahun ini.

Dengan citra menggunakan satelit, UNITAR menemukan bahwa 24 situs bersejarah di Suriah hancur total, 189 rusak berat, dan 77 lainnya kemungkinan besar juga telah rusak.

“ [Ini] Merupakan testimoni mengkhawatirkan terhadap kerusakan yang sedang berlangsung pada warisan budaya yang Suriah yang luas,” demikian laporan UNITAR sebagaimana dikutip Dream dari Al Arabiya, Rabu 24 Desember 2014.

“ Upaya-upaya nasional dan internasional untuk melindungi daerah-daerah itu perlu ditingkatkan untuk menyelamatkan sebanyak mungkin warisan penting ini (untuk) manusia,” lanjut laporan itu.

Beri Komentar