Fenomena 'Bukit Pasir Hidup', Memakan Apa Saja di Dekatnya

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 29 Oktober 2015 08:01
Fenomena 'Bukit Pasir Hidup', Memakan Apa Saja di Dekatnya
Dalam waktu 57 tahun gunungan pasir ini telah bergerak sejauh 280 meter. Meninggalkan 'korban' berupa rumah dan properti lain yang 'termakan' olehnya.

Dream - Mungkin Anda pernah mendengar fenomena lumpur hidup yang bisa menyedot manusia hingga terjebak di dalamnya. Jika ini sudah cukup menakutkan, tunggu sampai Anda mendengar  cerita dari masyarakat Prancis.

Negara yang pernah dipimpin Napoleon ini mengenal adanya 'bukit pasir hidup' yang mampu 'memakan' apa saja yang ada di dekatnya.

Di kota Bordeaux, Prancis, terdapat sebuah gunungan pasir bernama The Great Dune of Pyla yang menjulang setinggi 107 meter dan bervolume 60 juta meter kubik pasir. Bukit pasir raksasa ini benar-benar hidup dan bergerak setidaknya sejauh 4,9 meter per tahun.

The Great Dune of Pyla sering pula disebut sebagai Gurun Sahara-nya Prancis. Dengan panjang 3 kilometer dan lebar 500 meter, bukit pasir ini telah menenggelamkan beberapa properti rumah dan villa di sekitarnya.

Meski menyeramkan, gunung pasir ini justru menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Dalam 57 tahun, gunungan pasir ini telah bergerak sejauh 280 meter. Meninggalkan 'korban' berupa rumah dan properti lain yang 'termakan' olehnya.

Meski rutin bergerak setiap tahun, arah pergerakan dari bukit pasir ini tak dapat dipastikan. Semuanya bergantung pada arah angin dan kondisi iklim di sana. Meski The Great Dune of Pyla terlihat gersang, namun pemandangan di sekitarnya sangat asri dikelilingi pepohonan hijau.

Dari atas bukit pasir ini bahkan dapat disaksikan pemandangan Laut Mediterania dan Pegunungan Pyreness yang eksotis. Pasirnya yang berlimpah membuatnya jadi arena sand boarding favorit bagi para wisatawan.

(Sumber: www.theworldroamer.com)

Beri Komentar