CONNECT WITH US!

Ilmuwan (3): Arkani, Ilmuwan Muslim Penyempurna Teori Einstein

Reporter : Sandy Mahaputra | Senin, 22 September 2014 16:51
Nima Arkani-Hamed

Dream - Nafasnya terengah-engah. Tangannya terus menggenggam erat tali kekang kuda. Sesekali cambuk dilecutkan ke tubuh kuda yang tampak tersiksa karena mengangkut tiga orang sekaligus di punggungnya. Perjalanan itu terasa begitu pelan.

Pria itu sesekali menengok ke belakang. Khawatir mereka dikuntit. Setelah merasa aman, lari kuda dihentikan.

Pria itu turun dari punggung kuda. Bukan berniat istirahat, namun dia mulai tak tega dengan siksaan pada si kuda. Mengurangi beban pada kuda, dia memilih berjalan kaki sementara tangannya tetap menenteng tali kekang. Anak dan istrinya tetap di atas kuda.

Perjalanan dilanjutkan ke arah perbatasan Iran dan Turki. Wajah cemas pria itu berganti ceria, sesaat setelah masuk ke wilayah Turki. Jafar Arkani-Hamed bersyukur. Ia dan keluarga lolos dari cengkeraman rezim.

Spontan, Jafar merobek paspor miliknya, istri, dan anaknya. Ia memutuskan minggat selamanya dari negerinya, Iran.

Pelarian itu terjadi 1981 silam. Dia bukanlah penjahat atau kriminal. Jafar meningggalkan posisinya sebagai Kepala Departemen Fisika di Universitas Teknologi Sharif, Teheran. Alasannya, oposisi yang dulu dia sokong, bersama kelompok relijius telah berubah haluan. Mereka kini mengangkangi hasil Revolusi Iran, dua tahun sebelumnya.

Padahal revolusi itu yang membuat Jafar pulang kampong. Memboyong keluarganya dari Amerika Serikat, negeri tempat anak lelaki satu-satunya, Nima Arkani-Hamed dilahirkan di Houston, 5 April 1972. Dalam perjalanan waktu, arah revolusi tak sesuai harapannya.

Frustasi. Jafar mengambil keputusan memboyong keluarganya keluar dari Iran. Jafar dianggap terlibat gerakan menentang pemerintahan yang baru, sehingga keselamatan keluarga Arkani berada dalam ancaman. Tahun 1982, mereka menetap di Kanada, membuka lembaran baru.

Nima Arkani-Hamed mengingat peristiwa pelarian keluarganya itu saat dia..... (bersambung...)



Tak usah diet, 5 lifestyle ini bikin berat badan terkontrol