As Roda Belakang Skutik Macet, Lakukan Cara Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 Mei 2020 06:13
As Roda Belakang Skutik Macet, Lakukan Cara Ini
Pertemuan teromol dan as roda belakang yang macet bisa mempersulit orang untuk membuka roda belakang skutik.

Dream – Kamu pernah menemui kendala saat membuka roda belakang skutik? Kalau ya, bisa jadi pertemuan antara teromol dan as roda belakang menjadi macet.

Dikutip dari Federal Oil, Kamis 28 Mei 2020, kamu bisa membuka as roda belakang dengan bantuan treker. Supaya prosesnya tidak berat, terlebih dahulu berikan cairan penghancur karat.

Lalu, gunakan martil plastik agar karat yang menumpuk hancur. Karat yang terdapat pada bagian alur teromol sangat rentan berkarat karena sering terkena panas dan hujan.

Ketiga, kaitkan tiga kaki treker ke lingkar luar teromol. Sementara, besi poros tengah berulir diarahkan ke as roda. Kemudian, putar besi poros tengah berulir pakai kunci 15 mm. Lakukan perlahan hingga teromol bergeser dan ulangi hingga teromol terpisah.

Langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah membersihkan as roda. Tentu biar nantinya tidak susah lagi dibongkar. Misalnya, hilangkan sisa karat yang nyempil di gir as roda pakai sikat kawat.

Sebelum roda dipasang kembali, jangan lupa juga bersihkan bekas sikatan kawat besi pakai kain lap. Barulah kemudian dioles gemuk. Selamat mencoba!

1 dari 4 halaman

Motor Matic Bunyi Bising, Begini Solusinya

Dream – Meskipun tak semua, ada banyak pastinya para pengguna motor matic yang mengalami satu kendala ini, yaitu motor berbunyi kasar, gredek-gredek, atau bunyi kopling mesin tidak pas.

Mayoritas bunyi tersebut terdengar ketika pengguna motor matic menekan gas dari posisi pelan ke kencang.

Memang ada kalanya seseorang akan membiarkan bunyi tersebut karena memang hanya akan terdengar di awal-awal saja dan seterusnya tidak lagi terdengar. Namun, ada pula yang merasa kurang nyaman karena terkesan seperti mesin ada yang rusak.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 23 Maret 2020, ada empat penyebab motor matic bersuara bising. Pertama, ada kotoran di continuously variable transmission (CVT) ada di dalam motor. Kotoran tersebut muncul karena beberapa hal, seperti debu, lumpur, dan kampas gandanya yang bermasalah.

 

© Dream

 

Kedua, rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang mengeras. Dengan mengerasnya karet tersebut, maka kampas ganda menjadi goyang karena tidak ada penyangganya. Kampas yang goyang akan menyebabkan benturan atau gesekan dengan mangkok tempat kopling berada.

Ketiga, grease atau gemuk pada pulley bocor, sudah mengeras atau sudah menipis. Dengan keadaan seperti itu, maka kampas ganda akan mudah bergoyang.

Keempat, ada kerusakan di roller weight atau roller CVT serta fan belt yang sudah mulai aus.

2 dari 4 halaman

Ini Solusinya

Lantas bagaimana solusinya? Jalan keluarnya, kamu bisa melakukan servis di tempat servis atau dealer motor matic terdekat.

Jika ingin memperbaiki sendiri, kamu harus membersihkan kotoran yang ada di fan belt serta di roller.

Selanjutnya, kamu harus memeriksa keras tidaknya per pengikat kampas kopling ganda. Jika setelah membersihkan bagian-bagian tersebut dan motor matic masih berbunyi gredek-gredek, tidak ada cara lain, kamu harus menggantinya dengan perangkat yang dijual di bengkel resminya.

3 dari 4 halaman

Sering Engkol Motor Matic, Begini Manfaatnya

Dream - Walaupun dilengkapi dengan starter elektrik, produsen motor tetap mempertahankan kick starter untuk motor matic. Fungsinya sebenarnya sama.

Namun, starter electrik lebih banyak digunakan daripada kick starter di motor matic. 

Lebih praktis, cepat dan mudah menjadi alasan banyak pemilik skutik untuk lebih memilik electric starter saat menghidupkan mesin. Padahal penggunaan kick starter atau engkol mempunyai manfaat yang lebih baik.

 

© Dream



Jika kick starter jarang digunakan, akan menyebabkan macet dan per stopper penghubung gir selah dan gir primer mulai berkarat. Bahkan, kondisinya sudah parah bisa merembet pada pergantian cover CVT baru.

" Mengapa demikian? Motor matic bagian pegas sama gigi engkol tidak terkena pelumas seperti pada motor sport dan bebek underbone," kata Asisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, Dadan Danil, dikutip dari Otosia, Selasa 10 Maret 2020.

4 dari 4 halaman

Irit Aki

Starter engkol di motor matik bisa menghemat aki dan membuat sirkulasi oli di bawah mesin dan komponen lain kembali berfungsi dan lancar. 

“Kalau kita lebih sering pakai engkol, justru lebih baik ke baterai karena tidak banyak mengeluarkan listrik pada start awal,” kata Dadan. 

Jika aki dalam kondisi baik, dia menyarankan kick starter digunakan seminggu sekali, terutama saat pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Di samping engkol menjadi enteng, pengeluaran listrik jadi hemat. 

Kalau aki sudah habis, menghidupkan mesin dengan menggunakan kick starter akan percuma.

“Motor-motor sekarang kan sudah injeksi. Jika aki soak atau lemah motor tidak bisa hidup karena butuh listrik untuk pompa bensin. Biar diengkol terus-tersuan motor tidak bakal menyala, terutama jika akinya sudah ngedrop banget atau habis. Tapi biar electrik starternya mati sementara aki masih ada setrumnya, motor masih bisa diengkol,” kata dia.

Lantas berapa lama umur kick starter? Jika sering digunakan, kick starter bisa awet hingga tahunan. Namun, jika jarang digunakan, engkol akan keras dan susah karena per dan giginya rusak berkarat. 

“Jadi, intinya sekiranya engkol sudah agak seret, segera diperbaiki,” kata dia.

Beri Komentar