Baju Hitam Bikin Tubuh Panas saat Terkena Sinar Matahari, Mitos atau Fakta?

Reporter : Wuri Anggarini
Sabtu, 20 Maret 2021 13:00
Baju Hitam Bikin Tubuh Panas saat Terkena Sinar Matahari, Mitos atau Fakta?
Yuk, intip penjelasan menariknya di sini.

Beraktivitas di luar ruangan jadi hal yang paling disukai anak-anak. Tapi, jangan sampai salah kostum dalam memilih pakaian yang tepat saat berada di bawah terik sinar matahari. Soalnya, ada yang bilang nih kalau baju hitam bikin tubuh panas saat terpapar sinar matahari. Banyak anak-anak yang belum paham, sebenarnya ini mitos atau fakta sih?

Saatnya memberikan penjelasan yang tepat tapi mudah ditangkap oleh anak. Ibu di rumah bisa memanfaatkan tayangan program Belajar Dari Rumah yang dihadirkan Kemendikbud untuk mendampingi kegiatan belajar mereka, lho. Yuk, intip penjelasan menariknya di sini.

1 dari 2 halaman

Baju Warna Hitam Ternyata Bisa Menyerap Panas

Baju Hitam Bikin Tubuh Panas saat Terkena Sinar Matahari, Mitos atau Fakta?© Kemendikbud

Bukan hanya mitos, faktanya baju hitam memang bisa bikin tubuh terasa lebih panas. Hal ini dijelaskan oleh Arka, Dida, dan Dio dalam tayangan video Belajar Dari Rumah untuk kelas 5 SD episode 43. Dalam video tersebut, Dio menjelaskan kepada Arka hubungan warna dan penyerapan panas.

Dio menjelaskan bahwa ternyata baju hitam atau gelap bisa menyerap panas sinar matahari dan membuatnya merambat ke tubuh. Panas ini tidak dipantulkan kembali sehingga tubuh terasa panas. Namun, jika kamu menggunakan baju hitam saat malam hari bisa bikin badan terasa kedinginan. Soalnya baju hitam menyerap panas dari tubuh. Siapa di sini yang baru tahu fakta tersebut?

Di tayangan ini juga teman-teman kelas 5 SD belajar kosa kata baru. Misalnya saja jerang yang berarti berada di tempat panas atau memanas. Ada juga gerah yang berarti badan terasa panas. Banyak pengetahuan baru yang ada di tayangan tersebut ya?

2 dari 2 halaman

Menghitung Taksiran Pecahan

Baju Hitam Bikin Tubuh Panas saat Terkena Sinar Matahari, Mitos atau Fakta?© Kemendikbud

Taksiran pecahan juga jadi hal yang dipelajari dalam materi Belajar Dari Rumah episode 43. Kali ini ada Dida yang membantu ibu membuat kue bolu. Ibu menyuruh Dida untuk menakar tepung terigu. Ternyata, seperempat kilogram tepung terigu sama dengan 250gram. Kalau tepungnya kemasan setengah kilogram, Dida bisa menggunakan separuhnya.

Setelah menghitung taksiran pecahan, Kak Yohana juga mengajak teman-teman memperkirakan berapa banyak air yang menguap jika dibiarkan mendidih hingga 15 menit. Anak-anak juga diajak untuk menghitung sisa gas yang ad ajika sudah digunakan memasak air. Wah, seru banget ya materi pembelajaran hari ini? Yuk, tonton program Belajar Dari Rumah dari Kemendikbud setiap Senin-Jumat jam 10.30-11.00 WIB! (*)

Beri Komentar