Kupas Fitur Keren dan Canggih Almaz RS

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 30 Maret 2021 13:55
Kupas Fitur Keren dan Canggih Almaz RS
Rangkaian teknologi tersebut memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya.

Dream – Wuling Motors merilis Almaz RS di Tanah Air. Kendaraan digital cerdas ini dilengkapi dengan serangkaian teknologi.

Misalnya, Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), serta didukung perintah suara canggih berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Rangkaian teknologi tersebut memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya: Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

“ Kehadiran inovasi IoV pada Almaz RS memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kendali serta mengetahui lokasi kendaraannya melalui MyWuling+ sehingga rasa aman dapat selalu terjaga,” kata Product Planning Wuling Motors, Suhendri Laiman, Senin kemarin 29 Maret 2021.

Salah satu bagian dari WISE adalah Internet of Vehicle (IoV). Inovasi ini menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ serta head unit. Berbagai fitur yang bisa dikendalikan dengan aplikasi MyWuling+ terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key. Para pengguna dapat mengakses Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App melalui head unit yang didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

“ Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Berkendara Pun Semakin Aman

Beralih ke Advanced Driver Assistance System (ADAS), fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Wuling Almaz RS© Istimewa

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, menambahkan fitur WISE di Almaz RS harus digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna sebaiknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya.

“ Teknologi ini disajikan untuk memberikan kemudahan lebih dalam berkendara, namun pengemudi tetap harus mengawasi dan mengontrol kendaraannya setiap saat demi menjaga keselamatan,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Mesin 1500 CC dan Trasmisi Otomatis

Wuling juga memberikan pembaharuan pada tampilan head unit 10.4” touchscreen Almaz RS serta menambahkan beberapa fitur lainnya yang dapat dikendalikan melalui perintah suara WIND. Fitur ini berupa pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

Wuling Almaz RS© Istimewa

Almaz RS didukung oleh mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.500cc turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Mesin tersebut bertugas menghantarkan performa ke roda depan. SUV ini mengandalkan transmisi CVT yang menjadikan perpindahan gigi halus dan responsif.

Perihal fitur modern lainnya, Almaz RS diakomodasi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360o Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Immobilizer, Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS).

3 dari 5 halaman

Berapa Harganya?

Wuling Motors resmi mengumumkan harga Wuling Almaz RS merupakan tipe tertinggi dari SUV asal China tersebut. Almaz RS tipe EX 5-seats Rp355,8 juta, kemudian tipe EX 7-seats dibanderol Rp365,8 juta, dan Rp370,8 juta untuk Almaz RS Pro 7-seats.

Harga berstatus on the road Jakarta itu berlaku mulai 29 Maret hingga 30 April. Namun asyiknya, mulai 1 Mei 2021, konsumen bisa memperoleh Wuling Almaz RS dengan harga miring karena mendapat diskon pajak dari pemerintah.

Dengan insentif PPnBM dari pemerintah banderol Almaz RS tipe EX 5-seats Rp340,8 juta, tipe EX 7-seats menjadi Rp350,3 juta dan Almaz RS Pro 7-seats dipatok Rp354,8 juta.

Wuling Almaz RS© Istimewa

" Harga ini khusus untuk periode 29 Maret sampai 30 April 2021, 1 Mei 2021 harga naik," kata CFO of Wuling Motors Indonesia, James Wu dalam perluncuran virtual, Senin, 29 Maret 2021.

4 dari 5 halaman

Pakai Logo Baru

Dream - Bersamaan dengan peluncuran model SUV flagship terbarunya, Wuling Motors (Wuling) mengumumkan identitas logo barunya kepada masyarakat.

Pada kegiatan hybrid (online dan offline) yang diselenggarakan di Hall 5 ICE BSD, dua tampilan logo berwarna merah dan silver dengan desain baru resmi diperkenalkan menggantikan identitas brand yang sebelumnya telah digunakan sejak awal masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Hal ini merepresentasikan kehadiran Wuling semakin dekat dengan konsumen Tanah Air serta menguatkan posisi Wuling sebagai Global Brand yang terus berinovasi. Wuling Almaz RS merupakan produk pertama yang mengaplikasikan logo ini.

“ Perkenalan logo baru ini tonggak bagi kami untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, ujar ujar Han Dehong, Assistant President of Wuling Motors.

Serta selalu mengembangkan teknologi dan inovasi terdepan untuk mobilitas canggih sesuai standar global.

" Hal ini kami lakukan dengan tetap mengusung semangat Drive For A Better Life,” imbuh Han.

Wuling memperkenalkan desain logo baru dengan warna Classic Red dan Global Silver yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Logo Classic Red didesain dengan sentuhan warna merah dan tampilan yang modern.

Hal ini melambangkan komitmen Wuling untuk terus menghadirkan produk kendaraan penumpang berkualitas yang memiliki value for money dan menjawab kebutuhan konsumen.

Selain itu, Wuling juga memiliki logo Global Silver yang tahun lalu telah diperkenalkan di Tiongkok sebagai lambang baru Wuling secara global. Memiliki bentuk yang sama dengan logo classic red, namun dengan warna silver.

Melalui desain dan warna baru ini, Wuling menggambarkan sebagi brand otomotif global yang selalu menghadirkan produk dan layanan yang mencakup teknologi dan inovasi yang terus mengikuti perkembangan zaman.

5 dari 5 halaman

Wuling Almaz RS© Istimewa

Dengan peluncuran dan penggunaan logo baru ini, Wuling memantapkan langkahnya di Indonesia dengan tiga pilar pendukung.

Pertama, diversifikasi lini produk dengan menghadirkan beragam jenis kebutuhan mobilitas. Kedua, memperluas layanan dan produk serta beradaptasi menjadi trendsetter.

Terakhir, Wuling menjadikan Indonesia sebagai benchmark serta basis produksi kendaraan untuk menjangkau berbagai negara.

Perjalanan evolusi lambang Wuling Motors diawali sejak diperkenalkannya logo pertama pada tahun 1985. Logo pertama tersebut terdiri dari lima berlian dua dimensi berkelir merah.
Pembaharuan aksen dan tone warna merah telah dilakukan beberapa kali yaitu pada tahun 1990, 2003, dan 2005 dengan tetap mempertahankan bentuk desain, namun terdapat aksen dimensi berbeda.

Tepat pada Mei 2020 lalu, logo baru berwarna silver diperkenalkan secara resmi di Tiongkok dan menjadi tanda Wuling Motors semakin bergerak secara global dalam inovasi dan teknologi mobilitas modern.

Tahun ini, logo tersebut diperkenalkan secara resmi di industri otomotif Indonesia tepat pada peluncuran SUV flagship Wuling, Almaz RS yang dilengkapi inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Beri Komentar