Cara Berpakaian Bisa Bikin Lebih Produktif Saat WFH

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 7 April 2020 09:14
Cara Berpakaian Bisa Bikin Lebih Produktif Saat WFH
Bagaimana caranya?

Dream - Selama Work From Home (WFH), tentu kita tidak terlalu memikirkan pakaian yang akan dikenakan saat bekerja.

Tetapi, cara berpakaian saat WFH ternyata bikin kita fokus dalam bekerja. Berikut alasan kenapa cara berpakaian berpengaruh dalam produktivitas dalam bekerja.

Pakaian menentukan mood di hari itu.

ilustrasi wardrobe© Shutterstock

Secara umum, sebagian besar perusahaan tidak akan peduli apa yang kamu kenakan saat bekerja dari rumah.

Tapi nggak ada salahnya untuk dress up agar tetap nyaman baik untuk kesehatan mental, terutama selama masa-masa stres seperti ini.

" Yang lebih penting dari pakaian yang kita kenakan sebenarnya adalah bahwa pakaian itu membantu kita merasa baik," kata profesor Carolyn Mair, penulis The Psychology of Fashion.

1 dari 5 halaman

Berdandan Seperti Bekerja

Jadikan dandanan sebagai bagian dari rutinitas WFH kamu. Tampil menarik saat konferensi online atau video call dengan teman.

Hal itu menciptakan struktur dan membantu kita untuk menetapkan batas-batas dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti dilansir Female Network, berikut ini: 

ilustrasi work from home© Shutterstock

Pakaian yang bagus bantu tingkatkan mood

Tips gaya kuno mengatakan bahwa apapun yang dikenakan mencerminkan kinerja. Itu berlaku ketika kamu melakukan WFH. Sahabat Dream akan lebih fokus jika mengenakan pakaian kerja.

Apapun yang dipakai selama itu ditetapkan sebagai pakaian kerja, kamu akan bisa bekerja lebih berkualitas karena lebih fokus.

2 dari 5 halaman

Sesuaikan dengan Kenyamanan

ilustrasi work from home© Shutterstock

Secara umum, apa yang kamu kenakan ke kantor pasti memiliki dampak pada produktivitas. Tapi, gunakanlah pakaian yang menurut kamu terasa nyaman.

Tidak harus menggunakan blazer dan celana panjang, kecuali harus melakukannya.

(Laporan: Cindy Azari)

3 dari 5 halaman

Tips Work From Home Agar Tetap Produktif

Dream - Berkat teknologi yang terus berkembang seperti Skype, Facetime, Slack, Zoom, Google Hangouts, authenticator apps, dan cloud computing para pekerja tidak perlu lagi berada di kantor penuh waktu untuk menjadi produktif.  

Bahkan, banyak jenis pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif, tanpa harus datang ke kantor.

Bekerja dengan sistem jarak jauh memang lebih menarik bagi karyawan, namun tren ini tidak akan kuat dan lama jika pekerja belum memahami manfaatnya.

Perusahaan dengan kebijakan “  work from home” dapat meningkatkan produktivitas karyawan, mengurangi turnover, dan menurunkan biaya operasional.

Hal itu dikatakan dalam penelitian terbaru di Harvard Business School. Penelitian lain juga menunjukkan, pekerja jarak jauh dengan pekerjaan yang sangat kompleks dan tidak memerlukan banyak kolaborasi atau dukungan sosial, dapat memberikan kinerja lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang datang ke kantor.

Bahkan juga, jika terjadi bencana baik yang disebabkan oleh alam ataupun manusia, sistem kerja di rumah atau work from home tetap menjadi lebih baik untuk menjaga operasional bisnis tetap berjalan.

Bekerja dari rumah paruh waktu atau penuh waktu, atas pilihan anda ataupun karena masalah kesehatan, yang perlu diperhatikan adalah anda harus tetap produktif.

Hal Ini termasuk memiliki ruang kerja dengan teknologi yang tepat, mengatur waktu dengan anak-anak, hewan peliharaan, dan gangguan lainnya yang mungkin saja terjadi.

Berikut adalah strategi dan tips untuk bekerja di rumah agar tetap produktif dilansir dari investopedia.com.

4 dari 5 halaman

Paham Prosedur


Work from Home© Pexels.com

Bekerja secara jarak jauh bukan berarti kita harus mengabaikan prosedur dan persyaratan yang ada.

Jika anda seorang karyawan, perusahaan perlu merinci aturan dasar dan memastikan anda memiliki peralatan yang sesuai, seperti laptop, serta akses jaringan, kode sandi dan instruksi untuk log in jarak jauh.

Pastikan untuk melakukan uji coba dan menyelesaikan masalah yang mungkin menghambat pekerjaan anda. Hal yang sama juga perlu diperhatikan meskipun anda seorang freelance atau single entrepreneur.

Siapkan ruang kerja fungsional

Ruang Kerja© Pixabay.com

Tidak semua orang memiliki rumah dengan desain menarik seperti kantor ataupun working space. Tetapi sangat penting bagi anda yang berkerja di rumah untuk memiliki ruang pribadi yang tenang, khusus untuk menyelesaikan pekerjaan.

Akan lebih baik untuk memisahkan area kerja dengan ruang pribadi, gunakan hanya untuk pekerjaan, bukan untuk aktivitas lain.

 

 

5 dari 5 halaman

Perhatikan kecepatan internet


Internet© Pexels.com

Beberapa dari kita terkadang mengeluh pada jaringan internet yang lambat. Terlebih lagi beberapa anggota keluarga juga menggunakan jaringan itu untuk keperluan live video dan lainnya.

Oleh sebab itu, pastikan lagi bahwa internet yang anda gunakan mampu menunjang anda dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah.

Gunakan aplikasi telepon

Smartphone© Pixabay.com

Pada beberapa situasi pekerjaan anda diharuskan untuk melakukan panggilan jarak jauh. Meskipun komputer desktop juga mampu melakukan hal itu, namun untuk kualitas video dan mic pada smartphone jauh lebih baik.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Hangouts, Zoom, WhatsApp dan Skype yang juga memungkinkan anda menelepon melalui Internet dengan lebih mudah.

Beri Komentar