Cara Sederhana Merawat Payudara Tetap Sehat

Reporter : Kusmiyati
Senin, 18 Mei 2015 11:32
Cara Sederhana Merawat Payudara Tetap Sehat
Merawat payudara secara teratur dapat mengurangi risiko kanker, kendur dan infeksi. Dalam merawat payudara sebetulnya tidak terlalu sulit, ada cara sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari.

Dream - Payudara yang sehat tidak hanya menambah nilai positif penampilan para wanita namun juga meningkatkan kepercayaan diri. Merawat payudara secara teratur dapat mengurangi risiko kanker, kendur dan infeksi.

Dalam merawat payudara sebetulnya tidak terlalu sulit, ada cara sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari.

Berikut ini cara sederhana menjaga dan merawat payudara agar tetap sehat, dikutip Idiva, Senin 18 Mei 2015, yaitu:

1. Gunakan Ukuran Bra yang Tepat

Studi menunjukan, delapan dari sepuluh wanita mengenakan ukuran bra yang salah dan mereka tidak menyadarinya. Mengenakan bra dengan ukuran yang tidak pas akan menimbulkan rasa tidak nyaman, masalah di bahu, lengan dan punggung.

Tubuh terus mengalami perubahan, ketika mengalami kenaikan berat badan ada kemungkinan ukuran bra akan berubah. Sebaiknya rutin untuk memeriksa ukuran bra agar tidak salah memilihnya.

2. Rutin Konsultasi Dokter

Cara terbaik memeriksakan kondisi payudara memang dnegan berkonsultasi dengan dokter. Lakukan pemeriksaan secara rutin setidaknya enam bulan sekali. Melakukan pemeriksakan sendiri di rumah dapat dilakukan dengan meraba dan merasakan ada benjolan atau tidak.

Ketika ada benjolan maka kemungkinan ada masalah. Pemeriksaan dokter mungkin yang lebih dapat memastikan masalah atau tidak payudara Anda.

3. Gunakan Sun Protection Factor (SPF)

Menggunakan SPF tidak hanya pada bagian kulit yang terpapar matahari saja, payudara juga ternyata membutuhkannya. Penggunaan SPF dapat mengurangi risiko kanker kulit, sehingga tidak hanya kulit yang terlihat yang di dalam juga memerlukan SPF.

4. Jangan Mencukur Rambut di Sekitar Puting

Di sekitaran puting mungkin tumbuh beberapa helai rambut, namun jangan mencukurnya. Menggunakan pisau cukur di atas kulit areola yang sensitif dapat menimbulkan infeksi.

5. Sebaiknya Berhenti Diet

Diet yang tidak dilakukan dengan benar dapat membuat payudara berubah ukuran. Ketika diet berhasil maka ukuran payudara cenderung ikut menyusut, namun ketika ukuran tubuh kembali lagi maka payudara juga akan kembali seperti semula. Ketika kebiasaan ini terus dilakukan maka kesehatan payudara akan menurun.

Sebaiknya jika memang ingin melakukan diet, laukanlah dengan benar dan rutin sehingga tidak ada tekanan yang mempengaruhi kesehatan payudara. (Ism)

Beri Komentar
Summer Style 2019