Dilema yang Dirasain Saat Pertama Kali Nyemplung Dapur, Bisa Sukses Masak?

Reporter : Ayu Miranti
Jumat, 12 Juli 2019 10:01
Dilema yang Dirasain Saat Pertama Kali Nyemplung Dapur, Bisa Sukses Masak?
Kamu pernah merasakan deretan dilema ini juga nggak saat pertama kali masak?

Setelah selama ini terbiasa dimanjakan oleh masakan mama, sekarang waktunya hidup mandiri dan belajar masak sendiri. Tapi, momen pertama kali nyemplung dapur ternyata menimbulkan banyak dilema. Apakah kamu ngerasain juga?

Nggak Bisa Bedain Bumbu

Jangankan membedakan jahe dan kencur, kamu pun kesulitan mengetahui mana yang merica atau ketumbar karena memiliki bentuk yang hampir sama. Salah memasukkannya bisa bikin citarasa masakanmu berubah tak karuan. Persiapan itu penting, biar nggak keliru siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Manfaatkan internet jika perlu untuk menambah informasimu tentang berbagai macam jenis bumbu. Jika perlu beri catatan untuk mengingatkanmu.

Bingung Baca Resep Masakan

Bagi yang pertama kali mau memasak sendiri, resep masakan yang kini dengan mudah ditemukan lewat browsing, buku, atau majalah jadi pemandu. Namun, membaca step by step ternyata butuh proses tersendiri, lho. Jangan sampai rasa hidangan buatanmu jadi aneh karena melewatkan proses penting.

Baca perlahan dan jika perlu tonton dulu video memasak agar lebih mudah memahami proses memasaknya. Tak perlu sungkan menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti pada yang lebih berpengalaman. Ingat, malu bertanya bikin hidangan tak jadi nikmat.

Takut Kecipratan Minyak Goreng

Berani memutuskan turun ke dapur artinya harus siap menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi. Mulai dari warna jari tangan yang tak lagi cantik setelah mengupas kunir hingga kecipratan minyak goreng saat akan mengolah makanan dengan kandungan air yang tinggi. Sebaiknya, usahakan untuk mengatur suhu kompor agar tidak terlalu panas dan jauhkan minyak dari tetesan air. Kamu juga bisa memakai baju lengan panjang untuk melindungi kulit dan mencegah luka bakar akibat terciprat minyak goreng.

Susah Banget Bikin Rasa Masakan Jadi Pas

Dahi berkerut dan mulut terus mengecap, sepertinya ada rasa yang kurang pas walau sudah mengikuti resep masakan. Wajar saja buat pemula yang masih menakar kadar bumbu yang dimasukkan ke dalam masakan. Seiring tingginya jam terbang di dapur, kamu akan semakin lihai membumbui racikanmu. Semuanya juga butuh proses kok.

Masak ternyata ribet dan butuh perjuangan, ya? Eits, jangan jadikan sebagai alasan untuk menyerah. Pada dasarnya, everyone can cook, baik cowok atau cewek, tua maupun muda. Apalagi sekarang perkembangan teknologi sudah canggih banget dan melahirkan peralatan masak masa depan yang pastinya kamu butuhkan, yaitu Tiarapot dari Polytron.

©instagram/polytronindo


Nggak harus punya peralatan masak sekelas chef karena Tiarapot merupakan smart multicooker yang bisa mengolah masakan. Mulai dari menumis, menggoreng, bikin olahan, nasi, sup, bahkan membuat pudding dan kue. Keistimewaan dari Tiarapot adalah adanya fitur Diagram Cooking yang dapat memudahkan kamu untuk memantau proses memasak. Bagi yang punya jam terbang tinggi, Tiarapot juga sudah memiliki fitur Preset Timer, sehingga kamu bisa set jadwal masak sesuai kebutuhan.

Bagi yang tinggal di apartemen, rumah kos atau rumah sendiri dengan ukuran nggak terlalu besar tidak perlu cemas. Tiarapot sudah memiliki sistem evaporasi yang sangat baik, sehingga saat proses memasak tidak memerlukan sistem ventilasi yang rumit sehingga minim banget dengan uap. Dipakai berulang kali untuk membuat sajian yang berbeda pun aman karena pot di dalamnya anti lengket dan nggak gampang terkelupas.

©instagram/polytronindo


Sistem pemanasan Tiarapot sendiri bersifat Multi-Dimensional Heating sehingga proses memasak akan lebih cepat dibandingkan pot lain yang hanya panas di bagian dasar. Selain itu, Tiarapot juga hemat daya, hanya perlu 400 Watt saja untuk membantumu mempersiapkan makanan lezat. Tinggal pilih warna Red Maroon dan Dim Grey yang sama-sama cantik dan bikin memasak kian semangat. Sudah siap #MasakGakRepot dengan Tiarapot? Jangan lupa untuk follow @tiarapot.official dan juga temukan banyak resep menarik di sini.

 

Beri Komentar