Fashion Hijab Kain Lurik Sarat Kesempurnaan Tuhan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 21 Februari 2020 16:45
Fashion Hijab Kain Lurik Sarat Kesempurnaan Tuhan
Terinspirasi dari sebuah taman cantik berpagar tinggi.

Dream - Busana muslim etnik memeriahkan gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020. Tak lagi monoton, banyak desainer mengolah kain Nusantara dengan gaya kontemporer. Seperti yang terlihat pada koleksi Ina Priyono.

Desainer asal Semarang itu menghadirkan koleksi ready to wear deluxe bertajuk 'The Guard Limit 2.0' untuk kategori Ethnic Modest Wear.

 Ina Priyono© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

Terinspirasi dari sebuah taman cantik yang tertutup oleh pagar tinggi, tercetus sebuah pemikiran bahwa keindahan itu ada batasnya dan untuk mengingatkan kita bahwa kesempurnaan adalah milik Tuhan.

Inspirasi tersebut dituangkan lewat detail kain lurik dan lis horizontal sebagai gambaran pagar. Ina Priyono memakai kain katun yarn dyed sebagai bahan utama yang sangat feminin dan elegan.

 Ina Priyono© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

1 dari 5 halaman

Sentuhan Playful dari Motif Stripes

Dengan cutting feminin, kombinasi long dress dan outer menghasilkan 8 koleksi yang dikemas apik oleh Ina Priyono.

 Ina Priyono© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Semarang itu juga memakai bahan tile polos, satin silk dan sifon elegan. Tak biasanya, kali ini ia bermain dengan motif stripes.

" Karena dapat kain dari Argo Apparel, bentuknya garis-garis besar. Saya belum pernah mengerjakan kain tersebut. Ini tampilan yang beda sekali dengan saya yang biasanya. Tapi dengan deadline seminggu alhamdulillah saya bisa," ujar Ina Priyono di MUFFEST, Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

 Ina Priyono© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

Koleksi terlihat lembut dengan warna broken white dan pink nude, tetapi juga dipertegas memakai warna hitam dan hijau.

2 dari 5 halaman

Melihat Tren Fashion Muslim di MUFFEST 2020

Dream - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 resmi dibuka di Jakarta Convention Center, Kamis 20 Februari 2020. Tarian 'Tambuah Ciek' dari Sumatera Barat dan parade busana menyambut para penonton di Plenary Hall.

Gelaran MUFFEST yang ke-5 ini diresmikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki. Ia mengungkapkan potensi fashion muslim yang kini berkiblat pada konsep sustainable.

" Indonesia memiliki para pelaku industri fashion kreatif yang berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Penghasil produk fashion harus mampu memanfaatkan peluang dengan memperbaiki kualitas dan memahami isu dunia, harus bertali dengan kelestarian lingkungan yag menjadi concern kita bersama," kata Teten di arena MUFFEST, Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

 Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

MUFFEST 2020 mengajak para pelaku industri fashion untuk lebih peduli atas kelestarian lingkungan melalui proses pengolahan busana berbasis ethical fashion. Produk upcycling, recycling, redesign dan zero waste menjadi highlight di acara tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan untum mengusung produk sustainable fashion adalah dengan menggandeng Asia Pacific Rayon yang merupakan produsen serat kain berbahan dasar viscose rayon dari hutan yang dapat diperbaharui.

 Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

" Kami para pelaku industri fashion merasa sangat bertanggung jawab karena menjadi pencemar bumi terbesar nomor dua. Perhelatan ini kami jalankan secara ethical, dengan kain tradisional Indonesia yang sangat kaya dlandasi dengan sustainable fashion yang sedang hangat diperbincangkan," tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC).

3 dari 5 halaman

Hadirkan Tren Fashion Muslim 2020

MUFFEST 2020 tak hanya mengusung produk sustainable fashion, namun juga yang berkaitan dengan Indonesia Trend Forecasting 2020-2021. Lebih dari 100 desainer akan menggelar 17 fashion show mulai 20-24 Febriari 2020.

Tujuh desainer yang membuka gelaran MUFFEST 2020 diantaranya Olivia Soesanto, Anggiasari Mawardi, Aji Suropati, Aninda Nazmi, Ray Anjas, Lania Rakhmawati, Ayu Dyah dan Cut Eriva. Mereka menampilkan fashion muslim pria dan wanita dengan berbagai jenis gaya.

 Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020© Deki Prayoga/Dream.co.id

Selain fashion show, gelaran ini juga diramaikan dengan kegiatan talkshow dan seminar. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah bintang tamu Summer Albarcha, seorang fashion influencer dari New York.

Sahabat Dream juga dapat berburu produk fashion lokal dari berbagai brand dan desainer di area exhibition. Ada berbagai jenis hijab, busana muslim, kosmetik dan berbagai produk halal lainnya.

4 dari 5 halaman

Wayang Cantik di Koleksi Hijab Etnik Syar'i

Dream - Parade hijab syar'i turut meramaikan gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020. Koleksi tersebut tak kalah memukau dari busana muslim kontemporer.

Salah satunya Vitria, desainer sekaligus pemilik label Hoooriya. Vitria mempersentasikan identitas para muslimah lewat koleksi busana syar'i premium.

" Berbusana merupakan identitas tiap individu yang mencerminkan perilaku, keyakinan dan sifat. Di dunia fashion, berbusana bukan hanya sebagai penutup tubuh dan hiasan semata, melainkan sebuah alat komunikasi untuk menyampaikan identitas tersebut," ujar Vitria di arena MUFFEST, Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

 Hooriya© Foto: Deki Prayoga/Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Hooriya dalam bahasa Arab berarti malaikat atau gadis yang baru lahir. Selain itu, kata 'Riya' juga menyimbolkan nama sang pemilik yaitu Ria dari kepanjangan Vitria.

Vitria mengusung tema 'Re-Identity Series' yang menghadirkan tokoh-tokoh wayang perempuan yang dikenal atas kecantikannya.

 Hooriya© Foto: Deki Prayoga/Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Karakter wayang tersebut diperagakan lewat motif di kain batik printing nan eksklusif. Warna cokelat dan hitam serta aneka headpiece cantik semakin menambah kesan elegan pada koleksi ini.

[crosslink_1]

5 dari 5 halaman

Fashion Muslimah Bercorak Geometris untuk Meriahkan Idul Fitri

Dream - Menyambut Idul Fitri, Anggiasari Mawardi meluncurkan koleksi terbaru di perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020. Ia membawa koleksi dari brand Anggia Handmade.

Desainer asal Bandung ini hadir kembali dengan outfit bernuansa lembut. Warna pastel nan feminin dikemas secara romantis dalam koleksi bertajuk 'Unaloma'.

Karya fashion terlahir dari kegundahan sang desainer dalam mencari arah untuk menemukan jati diri.

 Koleksi Anggiasari Mawardi© Deki Prayoga/Dream.co.id

" Koleksi kali ini juga sangat berbeda dari sebelumnya. Jika biasanya memakai detail bordir bunga, nah kali ini saya menerapkan motif geometris," kata Anggia di arena MUFFEST, Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

 Koleksi Anggiasari Mawardi© Deki Prayoga/Dream.co.id

Lebih sedikit memakai bordir, Anggia tak kehabisan ide. Motif geometris dibubuhkan di berbagai sudut busana hingga memberi kesan minimalis. Ia turut memadukan aksen list berwarna putih dan baby pink.

 Koleksi Anggiasari Mawardi© Deki Prayoga/Dream.co.id

Outfit yang terdiri dari H-line dress terlihat segar dengan sentuhan outer panjang dan hijab segi empat beraksen headpiece. Kombinasi warna peach, putih dan baby pink membuat busana muslim semakin cantik.

Di perhelatan busana ini, Anggiasari Asia Pacific Rayon yang mengusung bahan baku sustainable. " Saya pakai bahan organza dan tulle dengan detail bordir," jelasnya.

[crosslink_1]

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin