Ilmuwan: Covid-19 Tidak Menyebar Lewat Permukaan Benda

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 7 Oktober 2020 07:43
Ilmuwan: Covid-19 Tidak Menyebar Lewat Permukaan Benda
Temuan ini mematahkan penelitian sebeelumnya yang menyebut virus corona bisa menular dari permukaan benda.

Dream – Penyebaran Covid-19 belum terbendung. Para ilmuwan masih berjibaku melakukan penelitian untuk menakhlukkan virus corona tersebut.

Salah satu yang menjadi perdebatan adalah terkait penularan virus Covid-19 dari permukaan benda, seperti gagang pintu atau sakelar lampu. Namun kini hal itu dipatahkan oleh temuan para ahli dari University of California. 

Para peneliti dari Universitas California itu mengklaim bahwa virus ini tidak mampu menyebar melalui sentuhan ke permukaan benda.

“ Covid-19 tidak menyebar melalui permukaan benda. Penyebaran virus paling cepat bermula dari hidung dan mulut para penderita,” ujar Monica Gandhi, profesor Kedokteran di University of California, San Francisco.

1 dari 2 halaman

Patahkan Penelitian Sebelumnya

Temuan Gandhi mematahkan studi sebelumnya yang dilakukan National Institute of Allergy and Infectious Diseases di Montana.

Saat itu, para peneliti mengklaim permukaan benda bisa menjadi tempat virus bertahan. Pada tembaga, virus dapat bertahan hingga 4 jam, pada karton selama 24 jam dan plastik, baja tahan karat mampu bertahan selama 3 hari.

" Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penularan Covid-19 bisa terjadi dari aerosol. Virus dapat tetap hidup di aerosol selama beberapa jam," kata Gandhi.

2 dari 2 halaman

Tetap Pakai Masker

Bingung Bedakan Masker Kain 3 Lapis dan Masker Scuba? Ingat Pesan dr. Reisa© MEN

Dokter Gandhi menambahkan bahwa salah satu cara termudah untuk menularkan virus Corona Covid-19 adalah dari cairan mulut dan hidung orang lain. Oleh karenanya, ia meminta masyarakat untuk tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah.

“ Seseorang bisa saja merasa sangat sehat jika dirinya tak mengalami gejala apapun. Namun mereka bisa dengan mudah menularkan virus dari hidung dan mulut mereka. Virus dapat menyebar saat seseorang berbicara, batuk, menyanyi, atau saat berjalan-jalan,” ungkap Gandhi.

Sumber Mirror

Beri Komentar