Lebih dari 50 Tahun Cara Ini Ampuh Usir Nyamuk

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 13 September 2016 11:00
Lebih dari 50 Tahun Cara Ini Ampuh Usir Nyamuk
Bisa menyingkirkan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya dan fatal seperti demam berdarah dan Zika.

Dream - Obat rumahan sebenarnya dapat digunakan untuk menyingkirkan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya dan fatal seperti demam berdarah dan Zika. Bahkan, ada berbagai solusi alami yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk, terutama di daerah pemukiman.

Solusi alami tersebut di antaranya adalah serai dan citrosa, serta cengkeh dan jeruk nipis. Noraini Jamsit, 53 tahun, mengatakan keluarganya telah menggunakan kapur dengan cengkeh sebagai obat nyamuk selama lebih dari 50 tahun.

Dia mengatakan rumahnya di Palong 13, Negeri Sembilan, Malaysia bebas dari nyamuk dan lalat sejak dia menerapkan tips tersebut.

" Selain mudah didapat, tanaman ini juga murah dan aromanya menenangkan," katanya kepada Harian Bernama.

 

1 dari 1 halaman

Bakar Sabut Kelapa

Sementara bagi Rukiah Rahmat, 80 tahun, dia akan membakar sabut kelapa pada sore hari untuk mengusir nyamuk.

" Pukul 6 sore saya akan mulai mengumpulkan sabut kelapa dan membakar mereka di bawah rumah saya. Asap akan membantu mengusir nyamuk," kata dia kepada laman Newe Straits Times, Malaysia.

Malaysia melaporkan kasus pertama infeksi Zika ketika seorang wanita di Klang, Selangor, diuji positif mengidap penyakit tersebut seminggu setelah dia kembali dari Singapura pada 21 Agustus.

Sementara itu, Direktur Divisi Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Malaysia Dr Chong Chee Kheong mengatakan pasien virus Zika akan diperlakukan dengan menggunakan metode yang sama untuk mengobati demam berdarah. Zika dan demam berdarah memang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

" Sejauh ini tidak ada obat khusus untuk Zika tapi kami akan memperlakukan pasien sesuai dengan gejala demam berdarah seperti memastikan bahwa ia mendapat cukup air dan istirahat," kata dia.

(Sumber: nst.com.my)

Beri Komentar