Muslimah Jawara MuayThai Dunia Buat Line Busana Olahraga

Reporter : Irma Suryani
Jumat, 1 April 2016 15:41
Muslimah Jawara MuayThai Dunia Buat Line Busana Olahraga
"Saya ingin mendorong generasi baru untuk terjun ke dunia olahraga tanpa rasa malu"

Dream - Ruksana Begum merupakan atlet tinju juara dunia muslim yang sedang mengampanyekan baju olahraga khusus untuk wanita berjilbab. Ia berharap busana olahraga rancangannya bisa melahirkan generasi muslim di bidang olahraga.

" Saya ingin mendorong generasi baru untuk terjun ke dunia olahraga tanpa rasa malu," kata Ruksana Begum seperti yang dilansir Vice.com.

Karir Ruksana di bidang tinju dimulai sejak usia 17 tahun di Sekolah Menengah Atas di London Timur. Namun pilihan karirnya ditentang keluarganya yang tak memberikan izin. Ada juga alasan kesamaan gender pada bidang olahraga.

Namun tekad Ruksana sudah bulat. Diam-diam dia berlatih tinju tanpa sepengetahuan keluarganya.

" Saya tahu bahwa jika saya mengatakan kepada mereka mengikuti seni bela diri, di gym didominasi laki-laki, mereka tidak akan memungkinkan saya untuk melakukannya. Jadi saya merahasiakannya," katanya.

Keberanian muncul saat Ruksana lulus kuliah. Dia memberitahu keluarganya jika dirinya tetap akan menjadi atlet namun tetap mengedepankan pendidikan.

Berbagai prestasi sudah ia torehkan. seperti, pada 2009 lalu ia terpilih untuk Tim GB, dan dia memenangkan gelar Inggris-nya pada tahun 2010. Setahun kemudian, dia membawa pulang emas di Klub Eropa Piala Amatir Muay Thai Championship. Pada tahun 2012, Ruksana juga meraih perunggu di International Federation of Muaythai Amatir (IFMA).

Kini, ia ingin menginspirasi dan mengajak wanita muslim untuk lebih semangat terjun ke dunia olahraga dengan membuat baju olahraga khusus hijabers yang akan dirilis bulan ini.

" Saya ingin menginspirasi perempuan muda dari latar belakang etnis yang telah menghadapi hambatan seperti saya agar tetap semangat mencapai tujuan," katanya.

Beri Komentar