Manfaat Kamboja untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri saat Persalinan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 16 Agustus 2022 16:13
Manfaat Kamboja untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri saat Persalinan
Kamboja tak hanya cantik dan miliki aroma harum, tetapi juga menyimpan khasiat yang istimewa.

Dream – Bunga kamboja memiliki beragam warna, seperti putih, kuning, dan pink. Namun umumnya bunga kamboja banyak ditemukan di area permakaman. Sehingga tak sedikit orang yang mengatakan bahwa bunga ini memiliki unsur mistis.

Tapi sebenarnya bunga kamboja tidak semistis yang dibayangkan lho, Sahabat Dream. Lihatlah bentuk dan warnanya yang cantik bunga ini. Bahkan di Bali, bunga kamboja dijadikan sebagai hiasan di rambut. Tak hanya itu saja, manfaat kamboja untuk kesehatan juga tidak bisa dianggap sebelah mata.

Mungkin manfaat kamboja di dunia kesehatan belum banyak yang mengetahuinya. Bunga yang memiliki nama latin Plumeria ini bisa dimanfaatkan kelopak bunganya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kira-kira apa saja manfaat kamboja untuk kesehatan? Berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan© Freepik.com

Meredakan Stres

Manfaat kamboja untuk kesehatan yang pertama adalah bisa meredakan stres. Stres bisa dialami oleh siapa saja yang disebabkan oleh tekanan yang dihadapinya. Kondisi ini tentunya harus segera diatasi dengan baik agar tidak semakin serius. Salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk meredakan stres adalah dengan menggunakan bunga kamboja.

Bunga kamboja memiliki aroma yang harum saat kamu hirup. Bahkan ekstrak bunga kamboja banyak dijadikan sebagai minyak esensial. Dalam minyak kamboja tersebut terdapat senyawa berupa citronellol, geraniol, dan linalool yang berhubungan dengan reseptor hidung. Sinyal itulah yang kemudian diteruskan ke hipotalamus di otak untuk meredakan stres.

Menyehatkan Kulit

Siapa yang tak ingin memiliki kulit sehat dan cantik? Setiap orang tentu ingin memilikinya. Oleh karena itu, perawatan kulit secara rutin sangatlah penting. Selain menggunakan berbagai produk yang dijual di pasaran, sahabat Dream juga bisa merawat kulit secara alami, yakni dengan menggunakan kamboja.

Di mana minyak bunga kamboja memiliki kandungan astringen alami untuk kulit. Astringen sendiri adalah bahan yang bisa membersihkan serta melembapkan, mengencangkan pori-pori, meredakan peradangan, dan mengurangi minyak yang berlebih.

Namun, tentunya minyak kamboja alami ini bebas dari alkohol. Beda dengan produk-produk yang dijual biasanya menggunakan alkohol yang berisiko memberikan efek samping pada kulit. Namun kandungan astringen dalam minyak bunga kamboja tidak mengandung alkohol, sehingga aman untuk kulit sahabat Dream. Bisa dicoba di rumah ya, sahabat Dream.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan© Freepik.com

Meredakan Nyeri saat Persalinan

Manfaat kamboja berikutnya adalah bisa meredakan nyeri saat persalinan. Bagi seorang ibu yang akan melalui proses persalinan biasanya akan merasa nyeri di bagian perut. Nah, untuk meredakannya bisa dengan menggunakan minyak esensial kamboja.

Bahkan dalam sebuah penelitian di International Journal of Therappeutic Massage & Bodywork, para perempuan yang awalnya merasa nyeri dengan tingkat keparahan 7 – 9 akan merasa baik setelah dipijat dengan minyak bunga kamboja. Tak hanya itu saja, setelah dipijat dengan minyak kamboja juga mampu menenangkan saat persalinan.

Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi membuat seseorang tidak nafsu makan karena rasa nyeri yang dirasakan. Bahkan sakit gigi bisa sampai membuat samping mulut tampak bengkak. Oleh karena itu, kondisi ini harus segera diatasi. Sahabat Dream bisa menggunakan daun kamboja.

Di mana daun kamboja memiliki getah yang mengandung tannin, alkaloid, flavonoid, dan triterpenoid yang berperan sebagai antibiotik. Lalu jika sahabat Dream mengalami sakit gigi, maka bisa mengambil getah kamboja menggunakan kapas dan memasukkannya ke bagian gigi yang sakit. Untuk dosisnya adalah 1 hingga 2 kali per harinya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan© Freepik.com

Sumber Antioksidan

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa bunga kamboja adalah sumber antioksidan untuk tubuh. Karena dalam minyak bunga kamboja terdapat berbagai senyawa antioksidan, misalnya alkaloid, flavonoid, dan tannin. Ketiga senyawa itulah yang mampu menjaga sel tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, sel tubuh bisa terlindung dari risiko peradangan, kerusakan, hingga terjadinya penyakit kronis berupa tumor dan kanker.

Mengatasi Kaki Bengkak

Seseorang yang mengalami kaki bengkak biasanya memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya. Ada yang membalurnya dengan minyak, dikompres, dan sebagainya. Tetapi bisa juga menggunakan kamboja, terutama bagian akar, daun, batangnya.

Caranya cukup mudah, yakni dengan merebus akar dan daun kamboja hingga mendidih. Kemudian berikan garam dan biarkan sampai hangat. Air itulah yang bisa kamu gunakan untuk merendam kaki yang bengkak sebanyak dua kali sehari.

Mengatasi Bisul

Manfaat kamboja juga bisa untuk mengatasi bisul. Bisul bisa muncul di mana saja di bagian anggota tubuh. Keberadaannya menimbulkan rasa nyeri apabila tersentuh sedikit saja. Agar bisa cepat sembuh, sahabat Dream bisa memanfaatkan kamboja.

Caranya adalah dengan memanaskan daun kamboja di atas api sampai layu dan diolesi dengan minyak zaitun. Lalu tempelkan daun ke bagian bisul saat kondisinya masih panas.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More