Megahnya Detail Baju Adat Bangka Belitung yang Dikenakan Presiden Jokowi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 16 Agustus 2022 10:34
Megahnya Detail Baju Adat Bangka Belitung yang Dikenakan Presiden Jokowi
Pada Sidang Tahunan MPr RI kali ini, Presiden Jokowi memilih untuk mengenakan baju adat Paksian khas Bangka Belitung.

Dream - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kerap menggunakan pakaian daerah menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia. Tak hanya sendiri, sang ibu Negara Iriana pun kerap mendampingi Jokowi memakai baju adat daerah.

Hari ini, Selasa 16 Agustus 2022, Jokowi tampak menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI di gedung DPR untuk menyampaikan pidato kenegaraan.

Kali ini, Presiden Jokowi menggunakan baju adat dari Bangka Belitung. Pakaian adat khas Bangka Belitung ini memadukan dua budaya yakni Arab dan Tionghoa yang terinspirasi dari saudagar kaya arab yang menikahi perempuan Tionghoa pada masa itu.

Tampak iamemakai jubah berwarna hijau yang panjang hingga ke lutut. Jubah ini dihiasi dengan motif pucuk rebung berwarna emas.

Baju adat Bangka Belitung Jokowi© Youtube Sekretariat Presiden

Tampak Jokowi memadukan jubah ini dengan kain cual merah khas Bangka Belitung dengan motif emas yang begitu elegan. Tak lupa ikat pinggang besar juga bernuansa emas tersemat pada pinggangnya.

1 dari 2 halaman

Filosofi

Selempang dari kain hijau yang berfilososfi kesejukan ini juga dihiasi motof pucuk rebung. Menyempurnakan penampilannya, Jokowi menggunakan  topi mahkota emas khas masyarakat Bangka Belitung.

Jokowi© Instagram Jokowi

 

Topi ini berbentuk bulat dengan sentuhan hiasan emas berbentuk segitiga yang berpadu dengan 6 buah batu permata putih.

" Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian dari provinsi Bangka Belitung dengan motif Pucuk Rebung yang melambangkan kerukunan dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan harapan dan pertumbuhan," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya.

2 dari 2 halaman

Lihat Videonya

      View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Beri Komentar